Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 48 |Likes:
Published by Iwank Rico

More info:

Published by: Iwank Rico on May 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2012

pdf

text

original

 
BAB IDEFINISI PENDIDIKAN
1.1.Definisi Pendidikan Secara Umum
Definisi pendidikan menurut para ahli, diantaranya adalah :

Menurut Juhn Dewey, pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman,hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasadengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.(A. Yunus, 1999 : 7)

Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaianyang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental,yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitaintelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.(A. Yunus, 1999 : 7)

Menurut Frederick J. Mc Donald, pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan yangdiarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Yang dimaksud dengan behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang, sesuatu yang dilakukan oleh sesorang.(A. Yunus, 1999 : 7-8)

Menurut M.J. Langeveld, pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atausuatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.(A. Yunus, 1999 :
1.2.Definisi Pendidikan Menurut Islam
 

Pendidikan Islam itu sendiri adalah pendidikan yang berdasarkan Islam. Isi ilmu adalahteori. Isi ilmu bumi adalah teori tentang bumi. Maka isi Ilmu pendidikan adalah teori-teori tentang pendidikan, Ilmu pendidikan Islam secara lengkap isi suatu ilmu bukanlahhanya teori.(Nur Uhbiyati, 1998)Pengertian pendidikan bahkan lebih diperluas cakupannya sebagai aktivitas danfenomena. Pendidikan sebagai aktivitas berarti upaya yang secara sadar dirancang untuk membantu seseorang atau sekelompok orang dalam mengembangkan pandangan hidup,sikap hidup, dan keterampilan hidup, baik yang bersifat manual (petunjuk praktis)maupun mental, dan sosial sedangkan pendidikan sebagai fenomena adalah peristiwa perjumpaan antara dua orang atau lebih yang dampaknya ialah berkembangnya suatu pandangan hidup, sikap hidup, atau keterampilan hidup pada salah satu atau beberapa pihak, yang kedua pengertian ini harus bernafaskan atau dijiwai oleh ajaran dan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al Qur’an dan Sunnah (Hadist).

Ruang Lingkup Pendidikan Islam1. Pendidikan Keimanan
 Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya diwaktu ia memberikan pelajarankepadanya:”hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesengguhnyamempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang nyat 
a.” (Q.S 31:13)Bagaimana cara mengenalkan Allah SWT dalam kehidupan anak?
 
Menciptakan hubungan yang hangat dan harmonis
(bukan memanjakan)Jalin hubungan komunikasi yang baik dengan anak, bertutur kata lembut, bertingkah laku positif.Hadits Rasulullah : “
cintailah anak-anak kecil dan sayangilah mereka…
:” (H.R Bukhari)
 Barang siapa mempunyai anak kecil, hendaklah ia turut berlaku kekanak-kanakkan kepadanya
.” (H.R Ibnu Babawaih dan Ibnu Asakir)
Menghadirkan sosok Allah melalui aktivitas rutin
 
Seperti ketika kita bersin katakan alhamdulillah. Ketika kita memberikan uang jajan katakan bahwa uang itu titipan Allah jadi harus dibelanjakan dengan baik seperti beli roti.
Memanfaatkan momen religious
Seperti Sholat bersama, tarawih bersama di bulan ramadhan, tadarus, buka shaum bareng.
Memberi kesan positif tentang Allah
dan kenalkan sifat-sifat baik AllahJangan mengatakan “ nanti Allah marah kalau kamu berbohong” tapi katakanlah “anak yang jujur disayang Allah”.
Beri teladan
Anak akan bersikap baik jika orang tuanya bersikap baik karena anak menjadikanorang tua model atau contoh bagi kehidupannya.
hai orang-orang yang beriman mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan
”.(Q.S 61:2-3)
Kreatif dan terus belajar
Sejalan dengan perkembangan anak. Anak akan terus banyak memberikan pertanyaan. Sebagai orang tua tidak boleh merasa bosan dengan pertanyaan anak malah kita harus dengan bijaksana menjawab segala pertanyaannya denganmengikuti perkembangan anak.
2. Pendidikan Akhlak 
Hadits dari Ibnu Abas Rasulullah bersabda:“…
 Akrabilah anak-anakmu dan didiklah akhlak mereka
.”Rasulullah saw bersabda:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->