Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
50Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
granulasi

granulasi

Ratings: (0)|Views: 5,532|Likes:
Published by deena_choeties9019

More info:

Published by: deena_choeties9019 on May 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
2.9 Granulasi
Granulasi adalah pembentukan partikel-partikel besar dengan mekanisme pengikatantertentu. Dapat juga diartikan, granulasi adalah proses pembuatan ikatan partikel-partikelkecil membentuk padatan yang lebih besar atau agregat permanen melalui penggumpalanmassa, sehingga dapat dibuat granul yang lebih homogen dari segi kadar, massa jenis,ukuran serta bentuk partikel. Adapun fungsi granulasi adalah untuk memperbaiki sifat alirandan kompressibilitas dari massa cetak tablet, memadatkan bahan-bahan, menyediakancampuran seragam yang tidak memisah, mengendalikan kecepatan pelepasan zat aktif,mengurangi debu, dan memperbaiki penampakan tablet.Untuk beberapa zat aktif tertentu, proses granulasi dapat dilewati jika zat aktif memenuhi syarat untuk langsung dikempa. Metode ini disebut kempa langsung.Metode ini mengurangi lamanya proses pembuatan tablet melalui proses granulasi,tapi sering timbul beberapa kendala yang disebabkan sifat aktif itu sendiri atau eksipien.Macam-macam granulasi :
2.9.1 Granulasi Basah
Granulasi basah adalah metode yang dilakukan dengan cara membasahi massa tabletmenggunakan larutan pengikat sampai terdapat tingkat kebasahan tertentu, lalu digranulasi.Metode ini dapat digunakan untuk zat aktif yang sukar larut dalam air atau pelarut yangdigunakan tahan terhadap pemanasan dan kelembaban. Umumnya digunakan untuk zataktif yang sulit dicetak karena mempunyai sifat aliran dan kompressibilitas yang jelek. Olehkarena itu, pada metode ini diperlukan zat, pengikat, penghancur, pengisi, lubrikan daneksipien lain.
 
Keuntungan dan kerugian granulasi basah:Keuntungan pembuatan tablet dengan metode granulasi basah adalah :1. Dapat meningkatkan kohesifitas dan kempressibilitas serbuk dengan penambahanbahan pengikat.2. Dapat digunakan untuk zat aktif dosis besar yang sulit mengalir dan sulit dikompresi.
 
3
. Distribusi dan keseragaman kandungan baik bagi zat aktif yang mudah larut dandosis kecil.4. Zat warna dapat lebih homogen karena terlebih dahulu dilarutkan dalam cairanpengikat.5. Serbuk dapat ditangani tanpa menghasilkan kontaminasi udara (debu dari serbuk).6. Mampu mencegah pemisahan komponen campuran selama proses.7. Dapat memperbaiki kecepatan disolusi zat aktif yang sukar larut serta dapatmenghasilkan kecepatan pelepasan yang termodifikasi dengan pemilihan bahanpengikat dan bahan pembawa yang cocok.Kerugian pembuatan tablet dengan metode granulasi basah adalah :1. Membutuhkan tempat yang luas, biaya yang tinggi, alat dan waktu yang banyak.2. Memungkinkan terjadinya kehilangan bahan selama pemindahan ke unit proseslainnya.
3
. Kemungkinan terjadinya kontaminasi silang lebih besar.4. Tidak dapat digunakan untuk zat aktif yang tidak tahan panas dan lembab.Mekanisme pembentukan ikatan yang terjadi pada partikel-partikel pembentuk granuladalah :1. Timbulnya Gaya Antar Permukaan atau Gaya Kapiler Selama PemisahanMenurut Conway, ada empat keadaan dalam pembentukan granul, yaitu :a. Pendular Pada keadaan ini, ruangan antar partikel diisi sebagian oleh zat pengikat danmembentuk jembatan cair antara partikel.b. Funikular 
 
Pada keadaan ini, terjadi kenaikan tegangan permukaan kurang lebih tiga kali tahappendular.c. Kapiler Pada keadaan ini semua ruangan antar partikel diisi oleh zat pengikat. Karena adanyagaya kapiler pada permukaan konkaf antara cairan-cairan di permukaan granul, maka akanterjadi pembentukan granul.d. DropletPada tahap ini terjadi penutupan partikel oleh tetesan cairan. Kekuatan ikatandipengaruhi oleh gaya permukaan cairan yang digunakan.2. Pembentukan Jembatan PadatSelama pengeringan terbentuk jembatan padat antara partikel-partikel. Jembatan padatterjadi karena salah satu dari dua mekanisme yaitu jembatan padat merupakan zat pengikatyang mengeras atau terdiri dari hablur yang terlarut dalam larutan pengikat.
3
. Adanya Gaya Adhesi dan Kohesi Antar PartikelProses terbentuknya granular adalah :a) PenghalusanTujuan dari penghalusan adalah untuk memperkecil ukuran partikel zat aktif daneksipien. Semakin besar ukuran partikel maka sifat kohesifitas dan adhesifitas antar partikelsemakin besar yang dapat menyebabkan terjadinya pemisahan pada granul. Tahap inidapat dilakukan dengan menggunakan bowl hammer, hammer mill, dan grinder.b) PencampuranTujuan pencampuran ini adalah untuk mendapatkan distribusi bahan aktif yang meratadan homogen. Tahap ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat planetary mixer, twin-shell, dan blender.

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ha Nan liked this
Ayndri Nico liked this
Ulin Nuha liked this
Mra Falda liked this
Yustisi Windy S liked this
Idzun Riadiani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->