Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Artikel Konseptual Beta

Artikel Konseptual Beta

Ratings: (0)|Views: 2,716 |Likes:
Published by sazuke73
mau contoh artikel konseptual tentang pendidikan?
silahkan lihat di sini
mau contoh artikel konseptual tentang pendidikan?
silahkan lihat di sini

More info:

Published by: sazuke73 on May 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
 ARTIKEL KONSEPTUAL
 
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR MEMBACA SISWA GUNAMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
 
Disusun Oleh:Beta Urip Budi Kahono821 445 695K e d a w u n g
 UNIT BELAJAR JARAK JAUH (UBJJ)UNIVERSITAS TERBUKA2 0 1 1
 
ABSTRAK
Peningkatan prestasi belajar dipengaruhi oleh minat baca dan motivasi belajar. Minatbaca adalah ketertarikan kepada kegiatan membaca. Sedangkan motivasi belajar merupakansuatu dorongan untuk melakukan suatu kegiatan belajar. Salah satu faktor yang menentukankesuksesan akademik anak adalah kelancaran membaca. Membaca merupakan kegiatan yangdalam pelaksanaannya tidak menguras banyak tenaga, namun sangat bermanfaat.Ketidaklancaran dalam membaca baru dianggap masalah ketika anak duduk di kelas 3 atau 4.Kemampuan membaca harus dimiliki oleh semua anak, agar mereka bisa belajarberbagai bidang ilmu. Motivasi yang baik akan melahirkan proses dan hasil belajar yang baik.Motivasi belajar pada anak memiliki fungsi: (1) mendorong manusia untuk berbuat, (2)menentukan arah perbuatan, dan (3) menyeleksi perbuatan. Motivasi berprestasi seseorangdibagi menjadi 2 tipe, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan harapan dalam diri seseorang (internal) untuk berhasil sedangkan motivasiekstrinsik yang dipengaruhi oleh hukuman atau penghargaan dari luar (eksternal). Berbagaiupaya dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar membaca siswa. Seperti: (1)membangun atau memperbaiki perpustakaan sekolah. (2) menggerakkan penulisan buku-bukuoleh penulis daerah sendiri. (3) memberikan penghargaan dan celaan. (4) memberi tugas. Dan(5) membuat suasana hati anak senang dan nyaman menerima materi pelajaran.Peserta didik sebagai bagian dari manusia pada umumnya harus memiliki motivasiyang tinggi dalam belajar guna mencapai hasil belajar yang baik. Motivasi intrinsik yangmerupakan motivasi internal perlu dipupuk pada diri anak, sedangkan faktor eksternalsebaiknya dikurangi.
Kata kunci:
motivasi, belajar membaca, prestasi belajar
 
 PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber dayamanusia. Untuk mencapai keberhasilan dalam dunia pendidikan, maka keterpaduan antarakegiatan guru dengan siswa sangat diperlukan. Oleh karena itu guru diharapkan mampumengatur, mengarahkan, dan menciptakan suasana yang mampu mendorong motivasi siswauntuk belajar. Tercapainya tujuan pendidikan yang dicita-citakan khususnya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.Peningkatan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalahminat baca dan motivasi belajar. Minat baca adalah suatu rasa ketertarikan atau kesukaanterhadap kegiatan membaca. Dengan memiliki minat baca dalam diri, maka siswa akanbergerak hatinya untuk terus membaca. Sedangkan motivasi belajar merupakan suatudorongan untuk melakukan suatu kegiatan belajar. Dimana dengan keinginan untuk berprestasi mendorong siswa untuk berusaha agar tercapai hasil belajar yang optimal.
Belajar
merupakan komponen ilmu pendidikan yang berkenaan dengan tujuan danbahan interaksi, baik yang bersifat eksplisit maupun implisit (tersembunyi). Belajar menurutpandangan B. F. Skiner (1958) adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah lakuyang berlangsung secara
 progresif 
.
Membaca
adalah salah satu kegiatan yang dalam pelaksanaannya tidak mengurasbanyak tenaga, namun sangat bermanfaat. Dengan membaca kita dapat mengetahui segalayang selama ini belum kita ketahui. Membaca sebagai keterampilan yang harus diajarkansejak anak masuk sekolah dasar (SD) dan kesulitan membaca harus secepatnya diatasi, karenamembaca merupakan usaha untuk belajar (Abdurahman,1999: 200). Kebiasaan membaca,terutama pada jenjang pendidikan rendah masih memprihatinkan. Hal itu tampak pada surveitradisi membaca siswa SD di dunia Indonesia menempati peringkat 30 dan negara Firlandiarangking teratas (Kurniawan,2000: 237).Keterampilan membaca sebagai dasar untuk menguasai berbagai bidang ilmu. Jikaanak pada massa usia sekolah permulaan tidak segera memiliki keterampilan membaca makaia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang ilmu pada kelas-kelas berikutnya. Oleh karena itu anak harus belajar membaca agar ia dapat membaca untuk belajar (Lerner, 1988, dalam Abdurahman, 1999: 2000).Kelancaran membaca menjadi dasar kesuksesan akademik anak. Anak-anak yangterampil membaca sejak usia dini dan selalu dipaparkan dengan bahan cetakan akan memilikirasa ingin lebih besar, dan selalu ingin memperluas pengetahuannya. Sebaliknya anak-anak yang lambat dalam penguasaan keterampilan membaca, lebih jarang mendapat latihanmembaca dibandingkan teman sebaya sehingga akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan membaca dengan lancar (Prof. Dr. Amitya Kumara, M.S.)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->