Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisa Lap. Keuangan

Analisa Lap. Keuangan

Ratings: (0)|Views: 187 |Likes:
Published by Benedicts

More info:

Published by: Benedicts on May 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2014

pdf

text

original

 
PERTEMUAN KE-2
KERANGKA KERJA ANALISA LAPORANKEUANGAN
LAPORAN KEUANGANAdalah
: hasil dari proses akuntansi yang dapat dugunakan sebagai alat untukberkomunikasi antara data keungan atau aktivitas suatu perusahaan denganpihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaantersebut..
Menurut Zaki Bariwan
Adalah : ringkasan dari suatu proses pencatatn, merupakan suatu ringkasan daritransaksi-trnsaksi keuangan yang terjadi selam tahun buku yangbersangkutan.
Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap posisi keuangan maupunperkembangan perusahaan adalah
:
Para pemilik perusahaan
Manager Perusahaan
Kreditur 
Bankers
Investor 
Pemerintah
Karyawan
Pihak-pihak lain.
Akuntansi adalah
: seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan daripadaperistiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang setidak-tidknyaPusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
ABDUL ROSID,SE,MM ANALISA LAPORAN KEUANGAN
 
sebagian bersifat keuangan dengan cara yang setepat-tepatnyadandengan petunjuk atau dinyatakan dalam uang, serta penafsiranterhadap hal-hal yang ditimbulkan daripadanya. (Munawir)
Menurut Myers dalam Financial Statment analysisLaporan keuanngan adalah
:”Dua daftar yang disusun oleh akuntan pada akhir periode untuk suatauperusahaan. Kedua daftar itu adalah : daftar Neraca atau daftar posisi keuangandan daftar pendapatan (Rugi laba). Pada waktu akhir-akhir ini sudah menjadikebiasaan bagi perseroan-perseroan untuk menambah daftar ketiga yaitu daftar surplus atau daftar laba yang tidak dibagikan (laba ditahan)Dalam Prinsip-prinsip Akuntansi (IAI) dikatakan bahwa:Laporan Keuangan adalah :Neraca dan perhitungan rugi laba serta segala keterangan-keterangan yang dimuat dalam lampiran-lampirannnya antara lain laporansumber dan penggunaan dana-dana.Keterangan-keterangan tersebut adalah :
Kondisi dan faktor ekonomi yang mempengaruhi
Usaha-usaha yang lalu, sekarang maupu yang akan datang.
Luasnya produksi
Kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan
Penelitian dan pengembangan
Marketing dan advertising
Rencana-rencana dalam belanja modal dan pembelanjaan dimasa yang akandatang
Kebijaksanan mengenai deviden dan sebagainya.Tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah :Untuk memberikan gambaran atau laporan kemajuan (progress report) secaraperiodik yang dilakukan pihak manajemen yang bersangkutan.Jadi laporan keuangn bersifat historis serta menyeluruhPusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
ABDUL ROSID,SE,MM ANALISA LAPORAN KEUANGAN
 
sebagi suatu progresss report laporan keuangan terdiri dari data-data yang merupakanhasil dari suatu kkombinasi anatar :1.Fakta yang dicatat (record fact)2.Prinsip-prinsip dan kebiasaaan di dalam akuntnsi (accounting convention andpostulate)3.Pendapat pribadi (personal judgment)Laporan keuanga terdiri atas :
Neraca
Laporan rugi laba
Laporan Perubahan ModalYaitu : laporan yng menunjukan sebab-sebab perubahan modal dari jumlah padaawal periode menjadi jumlah modal pada akhir periode.
Laporan perubahan posisi keuanga (Statement of Change in FinancialPositioan)Menunjukan arus dana dan perubahan-perubahan dalam posisi keuanganselama tahun buku yang bersangkutan.
TUJUAN LAPORAN KEUANGAN
a.Berguna bagi investor dan kreditur b.Dapat membantu investor dan kreditur yang ada dan yang potensial danpemakai lainnya untuk menaksir jumlah, wktu dan ketidak pastian daripenerimaan uang dimasa yng kan datngc.Menunjukan sumber-sumber ekonomi dari suatu perusahaan, kalim atassumber-sumber tersebut dan pengaruh dari transaksi-transaksi, kejadian-kejadian dan kedaan-keadan yang mempengaruhi sumber-sumber dankalim atas sumber-sumber tersebut.Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
ABDUL ROSID,SE,MM ANALISA LAPORAN KEUANGAN

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Chichi Setyawati liked this
Mutiara Islami liked this
anwarlh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->