Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tindakan Pemasangan Nasogastrik Tube-ngt

Tindakan Pemasangan Nasogastrik Tube-ngt

Ratings: (0)|Views: 802 |Likes:
Published by Sagita Mbc

More info:

Published by: Sagita Mbc on May 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
TINDAKAN PEMASANGAN NASOGASTRIK TUBE ( NGT )
 
BAB I : PENDAHULUAN
 
A. Later belakang
Nasogastric Tubes (NGT) sering digunakan untuk menghisap isi lambung, juga digunakan untukmemasukan obat-obatan dan makananan. NGT ini digunakan hanya dalam waktu yang singkat.(Metheny & Titler, 2001).Untuk memenuhi kebutuhan pasien, pengetahuan dan kemampuan perawat dalam memasukan danmelakukan perawatan NGT adalah sangat dibutuhkan.Bagi anak-anak,kebutuhan akan NGT disebabkan oleh beberapa kondisi seperti anomali anatomi jalan makanan; oesophagus atau alat eliminasi, kelemahan reflek menelan, distress pernafasan atautidak sadarkan diri. Keselamatan adalah selalu menjadi perhatian,dimana kerjasama perawat pasiendan keluarga sangat dibutuhkan dan pada sebagian anak terkadang agak sedikit dipaksakan.Sebagai perawat profesional,harus berhati-hati dalam melaksanakan tindakan serta memperhatikankeunikan variasi di dalam melaksanakan tindakan secara aman dan nyaman. (WALLEY & WONG,2000).
BAB II. TINJAUAN PUSTAKAA.Teori
 Nasogastric Tubes (NGT) sering digunakan untuk menghisap isi lambung, juga digunakan untukmemasukan obat-obatan dan makananan. NGT ini digunakan hanya dalam waktu yang singkat.(Metheny & Titler, 2001).Tindakan pemasangan Selang Nasogastrik adalah proses medis yaitu memasukkan sebuah selangplastik ( selang nasogastrik, NG tube) melalui hidung, melewatI tenggorokan dan terus sampai kedalam lambung.http://en.wikipedia.org/wiki/Nasogastric_intubation)Nasogastrik: Menunjuk kepada jalan dari hidung sampai ke lambung.Selang Nasogastrik adalah suatu selang yang dimasukkan melalui hidung ( melewati nasopharynxdan esophagus ) menuju ke lambung.Singkatan untuk Nasogastrik adalah NG. Selangnya disebut selang Nasogastrik."Nasogastric" terdiri dari dua kata, dari bahasa Latin dan dari bahasa Yunani, Naso adalah suatu katayang berhubungan dengan hidung dan berasal dari Latin ³nasus´untuk hidung atau moncong hidung.Gastik berasal dari bahasa Yunani ³gaster´ yang artinya the paunch ( perut gendut ) atau yangberhubungan dengan perut. Istilah ³nasogastric´ bukanlah istilah kuno melainkan sudah disebut padatahun 1942.( http://www.medterms.com/script/main/art.asp?articlekey=9348)
 
Definisi NGT :
Selang Nasogastrik atau NG tube adalah suatu selang yang dimasukkan melalui hidung sampai kelambung. Sering digunakan untuk memberikan nutrisi dan obat-obatan kepada seseorang yang tidakmampu untuk mengkonsumsi makanan, cairan, dan obat-obatan secara oral. Juga dapat digunakanuntuk mengeluarkan isi dari lambung dengan cara disedot.(http://dying.about.com/od/glossary/g/NG_tube.htm )
Tujuan dan Manfaat Tindakan
 Naso Gastric Tube digunakan untuk:1. Mengeluarkan isi perut dengan cara menghisap apa yang ada dalamlambung(cairan,udara,darah,racun)2. Untuk memasukan cairan( memenuhi kebutuhan cairan atau nutrisi)3. Untuk membantu memudahkan diagnosa klinik melalui analisa subtansi isi lambung4. Persiapan sebelum operasi dengan general anaesthesia5. Menghisap dan mengalirkan untuk pasien yang sedang melaksanakan operasi pneumonectomyuntuk mencegah muntah dan kemungkinan aspirasi isi lambung sewaktu recovery (pemulihan darigeneral anaesthesia)
NUTRISI ENTERAL
 Nutrisi Enteral merupakan pemberian nutrient melalui saluran cerna dengan menggunakan sonde(tube feeding).Nutrisi enteral direkomendasikan bagi pasien-pasien yang tidak dapat memenuhi kebutuhannutrisinya secara volunter melalui asupan oral.Pemberian nutrisi enteral dini (yang dimulai dalam 12 jam sampai 48 jam setelah pasien masuk kedalam perawatan intensif [ICU]) lebih baik dibandingkan pemberian nutrisi parenteral.Manfaat dari pemberian nutrisi enteral antara lain:‡ Mempertahankan fungsi pertahanan dari usus‡ Mempertahankan integritas mukosa saluran cerna‡ Mempertahankan fungsi-fungsi imunologik mukosa saluran cerna‡ Mengurangi proses katabolic‡ Menurunkan resiko komplikasi infeksi secara bermakna‡ Mempercepat penyembuhan luka‡ Lebih murah dibandingkan nutrisi parenteral‡ Lama perawatan di rumah sakit menjadi lebih pendek dibandingkan dengan Nutrisi Parenteral‡ Pasien-pasien yang dapat diberikan nutrisi enteral adalah mereka yang tidak bisa makan, tidakdapat makan, dan tidak cukup makan (ASPEN, 1998)³Bila usus bekerja, gunakanlah.´ Kalimat yang sudah sering diucapkan berulang-ulang kali itu,merupakan panduan untuk pemberian dukungan nutrisi.Biasanya, adanya bunyi usus dan flatus merupakan indikator bahwa saluran cerna berfungsi,khususnya pada pasien-pasien paska pembedahan.Namun, penelitian menunjukkan bahwa motilitas saluran cerna yang menurun pada periode paskaoperasi ini, hanya mempengaruhi lambung dan usus besar (kolon), dan tidak mempengaruhi fungsiusus halus.
 
Berkurangnya ataupun hilangnya bunyi usus tidak perlu sampai menghambat pemberian nutrisienteral (Lewis et al 2001).Sebaliknya, adanya bunyi usus juga tidak menjamin bahwa pemberian nutrisi enteral bisa sukses,misalnya pada pasien-pasien dengan Intractable diarrhea.
DOKUMENTASI
 Catat hal-hal berikut pada lembar dokumentasi:Tanggal dan waktu insersi slang
¾
 Warna dan jumlah drainase
¾
 ukuran dan tipe slang
¾
 Toleransi klien terhadap prosedur 
¾
 
KOMPLIKASI YANG DISEBABKAN OLEH NGT
 
1. Komplikasi mekanis
 -Sondenya tersumbat.-Dislokasi dari sonde, misalnya karena ketidaksempurnaan melekatkatnya sonde dengan plester disayap hidung.
2.Komplikasi pulmonal: misalnya aspirasi.
 Dikarenakan pemberian NGT feeding yang terlalu cepat
3.Komplikasi yang disebabkan oleh tidak sempurnanya kedudukan sonde
 -Yang menyerupai jerat-Yang menyerupai simpul-Apabila sonde terus meluncur ke duodenum atau jejunum.Hal ini dapat langsung menyebabkan diare.
4.Komplikasi yang disebabkan oleh zat nutrisi
 
B.PENGKAJIAN
Pengkajian pada pasien yang akan dilakukan pemasangan NGT meliputi: 1. Biodata klien: Nama, jenis kelamin, usia, pekerjaan,tingkat pendidikan, Diagnosa medis,Tanggaladmission.2.Riwayat kesehatan: Riwayat Masa lalu klien, Riwayat kesehatan keluarga dan Riwayat kesehatanklien saat ini.3.Kondisi kesehatan saat iniPemeriksaan fisik:*Kesadaran umum: Allert/letargic, (regular/irregular),Pulse rate,Blood pressure.*Tanda-tanda Vital: Respiration(regular/irregular),Respiration rate,Pulse rate,Blood pressure.*Head to too; Apakah terdapat trauma di bagian kepala; nasophageal trauma,skull fracture,maxilofracture,cervical fracture,disphagia,atresia oesophagus,naso-oro-pharyngeal burn.apakah terdapat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->