Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Algoritma

Algoritma

Ratings: (0)|Views: 185 |Likes:
Published by Sakina Mawardah
Mata kuliah Teknik Informatika
Mata kuliah Teknik Informatika

More info:

Published by: Sakina Mawardah on May 14, 2011
Copyright:Traditional Copyright: All rights reserved

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2014

pdf

 
ALGORITMA
TUGAS 1RESUME ALGORITMABESERTA CONTOHNYA
Disusun Oleh :
Sakina MawardahTeknik Informatika
Dosen :Asep M. Yusuf, S.T
UNIVERSITAS NASIONAL PASIM
 
1.Definisi Algoritma
Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musaal-Khowarizmi,ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restorationand reduction)sekitar tahun 825 M.Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah.Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yangberarti algoritma harus mengikutisuatuurutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.Kata logis (logika) merupakan kata kuncidalamalgoritma.Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan bernilai benaratau salah.Selain itu Algoritma jugamerupakanAlur pemikiran dalam menyelesaikan suatupekerjaan yang dituangkan secara tertulis.Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran,sehingga algoritma seseorang dapatjuga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkanpenekanan kedua adalah tertulis,yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabeltertentu.Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmukomputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun algoritma juga digunakan dalamkehidupan sehari-hari, contohnya resep makanan. Di dalam resep makanan terdapatlangkah-langkah yang merupakan algoritma. Selain itu masih banyak contoh algoritma yanglain.
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusunsecara sistematis dan logis”.
Cara-cara membuat kue atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep jugadapat disebut sebagai algoritma. Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-lankahmembuat masakan. Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidak dapat dihasilkan masakan
 
yang diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakan akan membaca satu per satulangkah-langkah pembuatannya lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca.Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses(processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alatalatelektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau“mengeksekusi” algoritma yang menjabarkan proses tersebut. Melaksanakan Algoritmaberarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritma tersebut. Pemroses mengerjakanproses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya. Juru masak membuat kueberdasarkan resep yang diberikan kepadanya, pianis memainkan lagu berdasarkan papannot balok.Karena itu suatu Algoritma harus dinyatakandalam bentuk yang dapat dimengerti olehpemroses.Jadi suatu pemroses harus :1.Mengerti setiap langkah dalam Algoritma2.Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
2.Mekanisme Pelaksanan Algoritma
Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agardapat dilaksanakan oleh komputer,algoritma hasrus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalambahasa pemrogaman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.Untuk melaksanakan suatu algoritma diperlukan suatu bahasa pemrograman, contohbahasa pemrograman adalah : Pascal, C++, Basic, dll. Notasi algoritma dapat diterjemahkankedalam bahasa pemrograman apapun, dengan kata lain notasi algoritmabersifatindependen.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Sakina Mawardah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->