Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Wirausaha Dan Kewirausahaan

Wirausaha Dan Kewirausahaan

Ratings: (0)|Views: 2,154 |Likes:
Published by Faizal

More info:

Published by: Faizal on May 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
1
Sebenarnya
definisi kewirausahaan
itu cukup bervariasi, tapi di sini kita coba buat definisikewirausahaan ini secara umum dan bahasa sehari-hari.Seperti kita tahu kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha dan wirausaha terdiri dari 2kata yaitu, wira yang berarti kesatria, pahlawan, pejuang, unggul, gagah berani, sedangkan satulagi adalah kata usaha yang berarti bekerja, melakukan sesuatu.Dengan demikian pengertian dari wirausaha ditinjau dari segi arti kata adalah orang tangguhyang melakukan sesuatu. Tetapi kalau
definisi kewirausahaan
yang lebih detail disini akan kitaambil dari beberapa sumber.Mengacu dari Keputusan Menteri Koperasi dan PembinaanPengusahan KecilNomor 961/KEP/M/XI/1995, disebutkan bahwa:1.
 
W
irausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dankemampuankewirausahaan. 2.
 
Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalammenangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan sertamenerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalamrangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yanglebih besar.Kewirausahaan atau dalam bahasa perancis disebut entrepreneurship dan kalau diterjemahkansecara harfiah punya pengertian sebagai perantara, diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiriyang mampu memadukan unsur cipta, rasa dan karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal .Stoner, James: kewirausahaan adalah kemampuan mengambil faktor-faktor produksi-lahan kerja,tenaga kerja dan modal-menggunakannya untuk memproduksi barang atau jasa baru.
W
irausahawan menyadari peluang yang tidak dilihat atau tidak dipedulikan oleheksekutif bisnis lain.Demikianlah beberapa
definisi kewirausahaan
yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk teman-teman semua, semoga teman-teman bisa mengambil suatu kesimpulan baru
Dulu
kita mengena
l
isti
l
ah wiraswasta (entreprene
u
r)
u
nt
u
k menyeb
u
tkan orang yang bergerak dibidang
u
saha/bisnis ata
u
sebagai pengganti seb
u
tan peng
u
saha, sehingga kegiatan-kegiatan da
l
ambidang
u
saha yang di
l
ak
u
kan o
l
eh para wiraswasta diseb
u
t sebagai kewiraswastaan(entreprene
u
rship).Nam
u
n dewasa ini isti
l
ah wiraswasta s
u
dah jarang dig
u
nakan dan tersisih o
l
eh isti
l
ahwira
u
saha (entreprene
u
r) dan kewira
u
sahaan (entreprene
u
rship).
D
a
l
am Kam
u
s Besar Bahasa Indonesia, kata wiraswasta dan wira
u
saha diartikan sebagai orang yangpandai ata
u
berbakat mengena
l
i prod
u
k bar
u
, menent
u
kan cara prod
u
ksi bar
u
, meny
u
s
u
n operasi
u
nt
u
kpengadaan prod
u
k bar
u
, memasarkannya, serta mengat
u
r permoda
l
an operasinya.
D
a
l
am prakteknya, ada yang berpendapat bahwa arti wiraswasta berbeda dengan wira
u
saha. Ha
l
inidikaitkan dengan arti kata asa
l
nya, wira (
u
tama,penj
u
ang,gagah,berani,kete
l
e
l
adanan, j
u
 j
u
r) dan swasta(swa=sendiri, sta=berdiri).Berdasarkan arti masing-masing s
u
k
u
katanya maka wiraswasta diartikansebagai orang yang memi
l
iki sifat ke
u
tamaan, kete
l
adanan, kej
u
 j
u
ran, dan keberanian da
l
am mengambi
l
 risiko berdasarkan kemamp
u
an sendiri...........(Bab. 1 ha
l
.1,Kewira
u
sahaan,M
u
die Kha
l
ia dan M
u
tieKhania, Wahana Bina Prestasi)
 
2
 
PENGERTIAN WIRAUSAHA MENURUT PARA AHLI
B
ekerja merupakan salah aktifitas yang kita lakukan untuk memperoleh penghasialan, selain bekerja kita dapat berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan lebih. sebelum kita memulaisebuah usaha sebaiknya kita harus tau yang dimaksud dengan wirausaha.
wirausaha
adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber  peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mentaldan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.
Peter F Drucker 
Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the newand different) .
1. Thomas W Zimmerer 
Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
2. Andrew J Dubrin
Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).
3. Robbin & Coulter 
Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individumenggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untukmenciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhanmelalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat inidikendalikan
 
4.
(Soeharto Prawiro, 1997).
Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).
5
.
(Acmad Sanusi, 1994)
 
Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yangdijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, danhasil bisnis.
6
.
 
J
ean Baptista Say (181
6)
 
Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi danmenemukan nilai dari produksinya.
7. Frank Knight (1921)
W
irausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi inimenekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian padadinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsimanajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.
8
.
 
Jo
seph Schumpeter (193
4
)
 
W
irausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan- perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk:(1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,(2) memperkenalkan metoda produksi baru,
 
3
 
(3) membuka pasar yang baru (new market),(4) Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau(5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter mengkaitkan wirausahadengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannyadengan kombinasi sumber daya.
9
.
Penr
o
se (19
6
3
)
 
Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalamsistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengankapasitas kewirausahaan.
 
11
.
Harvey Leibenstein (19
6
8, 1979
)
 Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan ataumelaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasidengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
12
.
Israel Kirzner (1979
)
 
W
irausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. EntrepreneurshipCenter at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi,mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupaide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.
 
13. Raymond, (1995)
W
irausaha adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untukmeningkatkan kesejahteraan diri masyarakat dan lingkungan.
14. Kasmir (2006)
W
irausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usahadalam berbagai kesempatan.
 
demikianlah tulisan yang saya buat mengenai pengertian dan definisi-definisinyamenurut para ahli, mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat. terutama bagi saya,karena tulisan ini merupakan tugas softskill dari matakuliah Kewirausahaan.
 
Referensi :
 
http://putracenter.net/2008/12/23/definisi-kewirausahaan-entrepreneurship-menurut-para-ahli/
 
http://whandi.net/pengertian-dan-teori-kewirausahaan.html
 
http://arina.host22.com/Pengertian_ 
W
ira_Usaha.html
 
kewirausahaanKewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan suatu yang baru dan berbedaKewirausahaan adalah suatu proses penegak kreatifitas dan inovasi dalam memecahkanpersoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. Kewirausahaan adalahusaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasi kan sumber-sumber melaluicara-cara baru untuk memenangkan persaingan.
M
anfaat wirausaha adalah :
 a. menambah lapangan kerjab. mempunyai peluang untuk mengoptimalkan diri, karena dengan berwirausaha diri kitaakan terpacu untuk menjadi lebih baik dari yang sekarang ini.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Harry Dharmawan liked this
Epsya Syukriadi liked this
Naya Raiĥanah liked this
Dwi DsTeam liked this
Dwi Novitasari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->