Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ringkasan Buku Komitmen Muslim Sejati

Ringkasan Buku Komitmen Muslim Sejati

Ratings: (0)|Views: 1,233|Likes:
Published by Dani_Afandi_5973

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Dani_Afandi_5973 on May 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2013

pdf

text

original

 
Ringkasan Buku Komitmen Muslim Sejati (Ust. Fathi Yakan) Bagian Pertama
komitmen muslim sejati
BAB PERTAMA
APA ARTINYA SAYA MENGAKU MUSLIM?Bagian pertama buku ini memaparkan karakteristik terpenting yang harusada pada diri seseorang agar ia menjadi muslim sejati. Berikut akan di bahassecara ringkas karakteristik paling menonjol yang harus ada pada diriseorang muslim agar pengakuannya sebagai penganut agama ini merupakanpengakuan yang benar dan jujur.Dalil: Qs. Al-Hajj:78Karakteristik yang harus dimiliki agar menjadi seorang muslim sejati adalahsebagai berikut:
Pertama :
SAYA HARUS MENGISLAMKAN AKIDAH SAYASyarat pertama pengakuan sebagai muslim dan sebagai pemeluk agama iniadalah hendaklah akidah seorang muslim adalah akidah yang benar dansahih, selaras dengan apa yang terdapat dalam Al-Quran dan sunahRasulullah Saw.Konsekuensi dari mengislamkan akidah saya:1.
 
Saya harus meyakini bahwa pencipta alam ini adalah Allah Yang Hakim(Mahabijaksana), Qadir (Mahakuasa), ‘Alim (Mahatahu), Qayum (SelaluMengurus Makhluknya), dan Al-‘Aliy (Yang Maha Tinggi).Dalil: Qs. Al-Anbiya:222.
 
Saya harus mengimani bahwa Al-Khaliq (Sang Maha Pencipta) tidakmenciptakan alam semesta ini secara sia-sia, karena tidak mungkin terjadi
 
Dzat yang memiliki sifat kesempurnaan itu berbuat sia – sia dalam apa yangdiciptakan-Nya.Dalil : Qs. Al-Mukminun:115-1163.
 
Saya harus meyakini bahwa Allah Swt. telah mengutus para rasul danmenurunkan kitab – kitab untuk mengenalkan pengetahuan tentang Allah,tujuan penciptaan manusia, awal kejadian manusia, dan tempat kembalimanusia. Rasul yang terakhir adalah Muhammad Saw. yang telah dikuatkanAllah Swt. dengan Alquranul Karim yang merupakan “mukjizat abadi”.Dalil : Qs. An-Nahl : 364.
 
Saya harus meyakini bahwa tujuan Allah Swt., menaati-Nya, dan beribadahkepada-Nya.Dalil : Qs. Adz-Dzariyat : 56-585.
 
Saya harus meyakini bahwa balasan bagi orang mukmin yang taat adalahsurga, sedangkan balasan bagi orang kafir yang bermaksiat adalah neraka.Dalil : Qs. Asy-Syura: 76.
 
Saya harus meyakini bahwa manusia harus meyakini bahwa manusiamelaksanakan kebajikan dan kejahatan dengan ikhtiar dan kehendaknya,akan tetapi ia tidak bisa melaksakanan kebaikan kecuali dengan taufik danpertolongan Allah. Ia tidak melaksanakan kejahatan semata –mata karenapaksaan dari Allah, akan tetapi dalam kerangka izin dan kehendak-Nya.Dalil : Qs. Asy-Syams : 7-107.
 
Saya Harus meyakini bahwa menetapkan syariat merupakan hak Allah yangtidak boleh dilanggar.Dalil : Qs. Asy-Syura : 108.
 
Saya harus mengetahui nama – nama dan sifat – sifat Allah yang selarasdengan keagungan-Nya.Dalil : “Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama-seratus kurang satu- tidakseorang pun menghafalnya kecuali ia masuk surga. Dia witir dan mencintaiapa yang witir (ganjil).(HR. Bukhari Muslim)9.
 
Saya harus bertafakur (merenungkan) mengenai ciptaan Allah, bukanmengenai Dzat-Nya.Dalil : “Berpikirlah tentang ciptaan Allah, tetapi jangan berpikir tentang Allah,karena kalian tidak mungkin mengenal dengan sebenar benarpengetahuan mengenai-Nya”(HR. Abu Nu’aim)10.
 
Sifat – sifat Allah Swt. telah banyak disyariatkan oleh Alquranul Karim danmerupakan sifat sifat yang dituntut oleh kesempurnaan Uluhiyah(ketuhanan).11.
 
Saya harus meyakini bahwa pendapat para salaf lebih utama untuk diikuti,khususnya dalam persoalan takwil dan ta’thil, serta menyerahkanpengetahuan mengenai makna – makna ini kepada Allah Swt. Tanpa harusmenyebabkan dijatuhkannya vonis kafir atau fasik bagi takwil yangdikemukakan oleh orang – orang belakangan (khlaf).12.
 
Saya harus beribadah kepada Allah tanpa mempersekutukan-Nya dengansesuatu apapun.Dalil : Qs. An-Nahl : 36
 
13.
 
Saya takut kepada-Nya dan tidak takut kepada selain-Nya. Rasa takutkukepada-Nya harus mendorongku untuk menjauhi apa yang dimurkai sertadiharamkan-Nya.Dalil : Qs. An-Nur : 52 dan Qs. Al-Mulk : 1214.
 
Saya harus mengingat-Nya dan senantiasa mengingat-Nya. Diamku harusmerupakan kegiatan berpikir dan bicaraku merupakan dzikir.Dalil : Qs. Ar-Ra’d :28 dan Qs. Az-Zukhruf : 36 -3715.
 
Saya harus mencintai Allah dengan kecintaan yang menjadikan hatikusenantiasa merindukan keagungan-Nya, tertambat kepada-Nya, sehinggamendorongku untuk senantiasa menambah kebaikan, berkorkan, danberjihad di jalan-Nya selama – lamanya.Dalil : Qs. At- Taubah : 24 dan“Ada tiga hal, siapa yang pada dirinya ada ketiga hal itu maka ia pastimendapatkan kemanisan iman: Hendaklah Allah dan Rasul-Nya lebihdicintainya daripada orang lain; hendaklah ia mencintai seseorang, ia tidakmencintai-Nya kecuali karena Allah; dan hendaklah ia membenci untukkembali kembali kepada kekafiran sebagaimana ia tidak suka untukdilemparkan ke dalam neraka”(HR. Bukhari)16.
 
Saya harus bertawakal kepada Allah dalam segala keadaan danmenggantungkan diri kepada-Nya dalam segala urusan.Dalil : Qs. Ath – Thalaq : 3 dan“Jagalah Allah, niscaya Ia menjagamu; jagalah Allah, niscaya kamu mendapati-Nya dihadapanmu....”(HR.Tirmidzi)17.
 
Saya harus bersyukur kepada Allah Swt. atas segala nikmat-Nya yang takterhingga serta segala karunia dan rahmat-Nya yang tak terhitung.Dalil : Qs. An-Nahl : 78, Qs. Yasin : 33 -35, dan Qs. Ibrahim : 718.
 
Saya harus beristighfar memohon ampunan Allah dan senantiasaberistighfar.Dalil : Qs. An-Nisa : 110 dan Qs. Ali ‘Imran : 135 -13619.
 
Saya harus menyadari muraqabah (pengawasan) Allah Swt. baik dalamkeadaan sendiri maupun ditengah - tengah manusia.Dalil : Qs. Al – Mujadilah : 7
Kedua :
SAYA HARUS MENGISLAMKAN IBADAH SAYADalam islam, ibadah adalah puncak ketundukan dan puncaka kesadaranmengenai keagungan ma’bud(Tuhan yang di sembah), tangga yangmenghubungkan makhluk dengan Khaliq, Ibadah juga memiliki pengaruh –pengaruh yang mendalam dalam interaksi antar sesama hamba Allah. LogikaIslam menetapkan agar kehidupan ini seutuhnya merupakan ibadah danketaatan.Dalil: Qs. Adz- Dzariyat : 56 – 58 dan Qs. Al- An’am :163Konsekuensi dari mengislamkan ibadah adalah :1.
 
Ibadahku harus “hidup” dan “tersambung” kepada Ma’bud ( Tuhan yangdiibadahi).Inilah derajat ihsan dalam ibadah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->