Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KONSEP MASYARAKAT MADANI

KONSEP MASYARAKAT MADANI

Ratings: (0)|Views: 465 |Likes:

More info:

Published by: Uum Umyati Karyapernata on May 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
KONSEP MASYARAKAT MADANI
Ide pembentukan masyarakat madani telah mulaidiberkembangkan sejak jaman Yunani klasik seperti oleh ahli pikir Cicero. Makna utama dari masyakat madani adalah masyarakat yangmenjadikan nilai-nilai peradaban sebagai ciri utama. Karena itudalam sejarah pemikiran filsafat, sejak filsafat Yunani sampai masafilsafat islam juga dikenal dengan istilah madinah atau polis, yang berarti kota, yaitu masyarakat yang maju dan berperadaban.Masyarakat madani menjadi simbol idealisme yang diharapkan olehsetiap masyarakat. Di dalam al qur’an Allah memberikan ilustrasimasyarakat ideal, sebagai gambaran dari Masyarakat madani denganfirmanNya dalam al qur’an yang artinya :
(Negerimu) adalahnegeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun (Qs.Saba:15)
Masyarakat madani sebagai masyarakat yang ideal itu memilikikarakteristik sebagai berikut : (1) bertuhan, (2) damai, (3) tolong-menolong, (4) toleran, (5) keseimbangan antara hak dan kewajibansosial. Konsep zakat, infak, shadaqah dan hibah bagi umat islamserta ijazah dan kharaj bagi non islam, merupakan salah satu wujudkeseimbangan yang adil dalam masalah tersebut, (6) berperadabantinggi, (7) berakhlak mulia.
1
 
KARAKTERISTIK MASYARAKATMADANI
Masyarakat madani sebagai masyarakat yang ideal itumemiliki karakteristik sebagai berikut :
(1) bertuhan, (2) damai, (3)tolong-menolong, (4) toleran, (5) keseimbangan antara hak dankewajiban sosial. Konsep zakat, infak, shadaqah dan hibah bagiumat islam serta ijazah dan kharaj bagi non islam, merupakansalah satu wujud keseimbangan yang adil dalam masalahtersebut, (6) berperadaban tinggi, (7) berakhlak mulia.
Terdapat empat ciri utama dari masyarakat madani yaitu :
a. Kesukarelaan.
Artinya suatu masyarakat madani bukanlah merupakan suatumasyarakat paksanan atau karena indokrinasi. Keanggotaanmasyarakat madani adalah keanggotaan dari pribadi yang bebas,yang secara sukarela membentuk suatu kehidupan bersama dan olehsebab itu mempunyai komitmen bersama yang sangat besar untuk mewujudkan sita-cita bersama. Dengan sendirinya tanggungjawab pribadi sangat kuat karena diikat oleh keinginan bersama untuk mewujudkan keinginan tersebut.
2
 
b. Keswasembadaan.
Seperti kita lihat keanggotaan yang suka rela untuk hidup bersama tentunya tidak akan menggantungkan kehidupanya kepadaorang lain. Dia tidak tergantung kepada negara, juga tidatergantung kepada lembaga-lembaga atau organisasi. Setiap anggotamempunyai harga diri yang tinggi, yang percaya akan kemampuansendiri untuk berdiri sendiri bahkan untuk dapat membantu yang berkekurangan. Keanggotaan yang penuh percaya diri tersebutadalah anggota yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri danterhadap masyarakatnya.
c. Kemandirian tinggi terhadap negara
Berkaitan dengan ciri yang kedua tadi, para anggotamasyarakat madani adalah manusia-manusia yang percaya dirisehingga tidak tergantung kepada perintah orang lain termasuk negara. Bagi mereka, negara adalah kesepakatan bersama sehinggatanggung jawab yang lahir dari kesepakatan tersebut adalah jugatuntutan dan tanggung jawab dari masing-masing anggota. Inillahnegara yang berkedaulatan rakyat
d. Keterkaitan pada nilai-nilai hukum yang disepakati bersama.
Hal ini berarti suatu masyarakat madani adalah suatumasyarakat yang berdasarkan hukum dan bukan negara kekuasaan.Istilah “Civil Society” bisa disepadankan dengan istilah“masyarakat madani”, acuannya adalah masyarakat demokratis di
3

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sri Hartatik liked this
Indah Yuliriana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->