Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENCEMARAN LINGKUNGAN

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Ratings: (0)|Views: 2,333|Likes:
Published by nunik eka diana

More info:

Published by: nunik eka diana on May 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
PENCEMARAN LINGKUNGANAKIBAT BENCANA ALAM
 
Tugas Mata KuliahKesuburan dan Kesehatan TanahOleh :
EBNU ROFI (09710029)NUNIK EKA DIANA (09710036)
JURUSAN AGRONOMIFAKULTAS PERTANIAN PETERNAKANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG2011
 
I.
 
PENDAHULUAN
1.1
 
Latar belakang
 
Kerusakan lingkungan diakibatkan oleh berbagai faktor, antara lain oleh pencemaran. Pencemaran ada yang diakibatkan oleh alam, dan ada pula yangdiakibatkan oleh perbuatan manusia. Pencemaran akibat alam antara lain letusangunung berapi. Bahan-bahan yang dikeluarkan oleh gunung berapi seperti asap danawan panas dapat mematikan tumbuhan, hewan bahkan manusia. Lahar dan batu-batu besar dapat merubah bentuk muka bumi. Pencemaran akibat manusia adalah akibat dariaktivitas yang dilakukannya. Lingkungan dapat dikatakan tercemar jika dimasuki ataukemasukan bahan pencemar yang dapat mengakibatkan gangguan pada mahluk hidupyang ada didalamnya. Gangguan itu ada yang segera nampak akibatnya, dan ada pulayang baru dapat dirasakan oleh keturunan berikutnya. Kerusakan lingkungan akibataktivitas manusia di mulai dari meningkatnya jumlah penduduk dari abad ke abad.Akibat selanjutnya lingkungan semakin rusak dan mengalami pencemaran.Pencemaran lingkungan terbagi atas tiga jenis, berdasarkan tempat terjadinya, yaitu pencemaran udara, pencemaran air dan pencemaran tanah. Di Indonesia, kerusakanlingkungan akibat pencemaran udara, air dan tanah sudah sangat kritis. Bencana alamsering mengakibatkan polusi udara yang luas di kota-kota besar. kebakaran hutan yangtidak terkontrol, menyebabkan pencemaran luas atas hamparan yang luas di dunia.
1.2
 
Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah :1.
 
Untuk memenuhi tugas mata kuliah kesuburan dan kesehatan tanah2.
 
Untuk mengetahui penyebab pencemaran lingkungan terutama yang disebabkanoleh bencana alam.
 
II.
 
PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT BENCANA ALAM2.1
 
Pengertian Lingkungan
Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruangdengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia sertamakhluk hidup lainnya.Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:1.
 
Unsur Hayati (Biotik)Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik. Jika kalian berada di kebun sekolah, maka lingkungan hayatinya didominasi oleh tumbuhan.Tetapi jika berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang dominan adalahteman-teman atau sesama manusia.2.
 
Unsur Sosial BudayaUnsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yangmerupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistemnilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.3.
 
Unsur Fisik (Abiotik)Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-bendatidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkunganfisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.Bayangkan, apa yang terjadi jika air tak ada lagi di muka bumi atau udara yangdipenuhi asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secarawajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan mati, perubahan musim yang tidak teratur, munculnya berbagai penyakit, dan lain-lain.(Soemarwoto, 1991)
2.2
 
Pengertian Bencana Alam
Bencana alam adalah konsekuensi dari kombinasi aktivitas alami (suatu peristiwa fisik, seperti letusan gunung, gempa bumi, tanah longsor) dan aktivitas

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->