Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Guru Dalam an Kurikulum PAI

Peranan Guru Dalam an Kurikulum PAI

Ratings: (0)|Views: 1,018|Likes:
Published by O-Men's Abramovich

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: O-Men's Abramovich on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2014

pdf

text

original

 
 1
PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PAIBAB IPENDAHULUAN
Kurikulum merupakan alat/ kunci dalam prosess pendidikan formal.Tidak mengherankan apabila alat ini selalu dirombak atau ditinjau kembalii untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Oleh sebab itu kurikulum juga harus selalu berkembang.Istilah pengembangan menunjuk pada suatu kegiatan menghasilkan suatualat atau cara baru, dimana selama kegiatan tersebut penilaian dan penyempurnaanterhadap alat atau cara tersebut terus dilakukan. Bila setelah mengalami penyempurnaan-penyempurnaan akhirnya alat atau cara tersebut dipandang cukupmantap untuk digunakan seterusnya, maka berakhirlah kegiatan pengembangantersebut. Kegiatan pengembangan kurikulum mencakup penyusunan kurikulumitu sendiri, pelaksanaan di sekolah-sekolah yang disertai dengan penilaian intensif.Di dalam makalah ini yang berhubungan dengan perkembangankurikulum, maka peran guru di dalam pengembangannya sangat berpengaruhterhadap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan secara kurikulum yang bersifat sentral maupun desentral, keduanya memerlukan penerapan dan perkembangan dari peran guru tersebut. Begitu juga dengan perkembangankurikulum PAI, maka dari itu makalah ini akan membahas tentang peran guruterhadap perkembangan kurikulum yang akan membuka wawasan kita dalam hal peranan guru dalam pengembangan kurikulum PAI.
 
 2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Pengembangan Kurikulum
C
entre for Educational Research and Innovation (
C
ERI) cobamendefinisikannya sebagai berikut curriculum development is the process of analiting and refining goals, aims and objektives, together with thetranslation of these into the content of courses by formal or informalmethods. (
C
ERI, handbook on curriculum development, P.12)Pada pengembangan kurikulum ialah mengarahkan kurikulumketujuan pendidikan yang diharapkan karena adanya berbagai pengaruh yangsifatnya positif yang datangnya dari luar atau dalam, dengan harapan agar  peserta didik dapat menghadapi masa depannya dengan baik. Oleh karena itu pengembangan kurikulum hendaknya bersifat antisipatif, adaptif danaplikatif.Pada dasarnya pengembangan kurikulum adalah mengarahkankurikulum sekarang ketujuan pendidikan yang diharapkan karana adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar atau daridalam sendiri dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masadepannya dengan baik.
B.
 
Peranan Guru dalam Pengembangan Kurikulum
G
uru memegang peranan yang cukup penting baik didalam perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum. Dia adalah perencana, pelaksana dan pengembang kurikulum bagi kelasnya. Sekalipun ia tidak mencetuskan sendiri, konsep-konsep tentang kurikulum, guru merupakan penerjemah kurikulum yang datang. Dialah yang mengolah, meramu kembalikurikulum dari pusat untuk disajikan di kelasnya. Karena guru jugamerupakan barisan pengembangan kurikulum yang terdepan maka guru pulalah yang selalu melakukan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum,sebagai pelaksana kurikulum maka guru pulalah yang menciptakan kegiatan belajar mengajar bagi murid-muridnya. Berkat keahlian keterampilan dan
 
 3kemampuan seninya dalam mengajar, guru mampu menciptakan situasi belajar yang aktif yang menggairahkan yang penuh kesungguhan dan mampumendorong kreatifitasnya anak.Dilihat dari segi pengelolaannya, pengembangan kurikulum dapatdibedakan antara yang bersifat sentralisasi, desentralisasi, sentral desentral :
1
.
 
Peranan Guru dalam Pengembangan Kurikulum yang BersifatSentralisasi
Dalam kurikulum yang bersifat guru tidak mempunyai peranan danevaluasi kurikulum yang bersifat makro, mereka lebih berperan dalamkurikulum mikro. Kurikulum makro disusun oleh tim khusus yang terdiri atas para ahli. Penyusunan kurikulum mikro dijabarkan dari kurikulum makro.
G
uru menyusun kurikulum dalam bidangnya untuk jangka waktu satu tahun,satu semester, beberapa minggu, atau beberapa hari saja. Kurikulum untuk satu tahun, satu semester disebut juga program tahunan. Sedangkan kurikulumuntuk beberapa minggu, beberapa hari disebut satuan pelajaran. Programtahunan, atupun satuan pelajaran memiliki komponen-komponen yang samayaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media pembelajaran dan evaluasihanya keluasan dan kedalamannya berbeda-beda. Menjadi tugas gurulahmenyusun dan merumuskan tujuan yang tepat memilih dan menyusun bahan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan minat dan tahap pengembangan anak memiliki metode dan media mengajar yang bervariasi serta menyusun metodedan alat yang tepat. Suatu kurikulum yang tersusun secara sistematis dan rinciakan sangat memudahkan guru dalam emplimentasinya. Walaupun kurikulumsudah tersusun dengan berstruktur, tapi guru masih mempunyai tugas untuk mengadakan penyempurnaan dan penyesuaian-penyesuaian.Implementasi kurikulum hampir seluruhnya bergantung padakreatifitas, kecakapan, kesungguhan dan ketekunan guru.
G
uru juga berkewajiban untuk menjelaskan kepada para siswanya tentang apa yang akandicapai dengan pengajarannya, membangkitkan motivasi belajar, menciptakansituasi kompetitif dan kooperatif dan memberikan pengarahan juga bimbingan.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->