Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Makalah Pertumbuhan Ekonomi

Ratings: (0)|Views: 3,598|Likes:
Published by Windy Fatma Susmala

More info:

Published by: Windy Fatma Susmala on May 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
PERTUMBUHAN PENDUDUK 1. Laju Pertumbuhan Penduduk Indonesia
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan  populasisewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit"untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalumengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografinilai  pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.Rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia per tahun contohnya selama periode1990-2000 adalah sebesar 1,49 persen. Angka ini jauh lebih rendah bila dibandingkan denganrata-rata laju pertumbuhan penduduk pada dekade sebelumnya, 1980-1990 yang mencapai 1,97 persen per tahun. Jika dihitung rata-rata laju pertumbuhan penduduk tersebut menurun sebesar 0,5 persen. Faktor yang berpengaruh dalam penurunan laju pertumbuhan penduduk selama periode 1990-2000 adalah menurunnya tingkat kelahiran dan juga tingkat kematian. Sedangkanfaktor perpindahan boleh dianggap tidak berpengaruh terhadap perkembangan penduduIndonesia secara keseluruhan karena orang yang keluar dan masuk Indonesia jumlahnya kecildan berimbang.Untuk pertumbuhan penduduk bagian propinsi-propinsi di Pulau Jawa sangat bervariasi.Selama kurun waktu 1990-2000 laju pertumbuhan per tahun penduduk DKI Jakarta hanya 0,17 persen. Laju pertumbuhan penduduk propinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta serta Jawa Timur angkanya sudah dibawah 1 persen. Namun demikian, Yogyakarta mengalami sedikit kenaikan dibanding periode 1980-1990,dari 0,57 persen per tahun menjadi 0,72 persen per tahun. Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk tersebut bukan semata-mata karena telah tercapainya tingkat kelahiran yang rendah,tetapi dimungkinkan juga karena adanya peningkatan migrasi keluar propinsi tersebut.Secara umum, laju pertumbuhan penduduk di setiap propinsi mengalami penurunan. Ada3 propinsi yaitu Riau, D.I. Yogyakarta dan Sulawesi Selatan yang mengalami peningkatan laju
 
 pertumbuhan penduduk dari periode 1980-1990 ke 1990-2000. Propinsi Banten merupakan propinsi di Jawa dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sebesar 3,21 persen per tahun
2. Tingkat Pertumbuhan penduduk 
Tingkat pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahanmaupun penurunannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk yaitukelahiran (natalitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan penduduk (migrasi). Kelahiran dankematian dinamakan faktor alami, sedangkan perpindahan penduduk dinamakan faktor nonalami. Migrasi ada dua yaitu migrasi yang dapat menambah jumlah penduduk disebut migrasimasuk (imigrasi), dan yang dapat mengurangi penduduk disebut migrasi keluar (emigrasi).
a.
 
Kelahiran (Natalitas)
Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang menghambatkelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas)Faktor-faktor penunjang kelahiran (pro natalitas) antara lain:
1.
Kawin pada usia muda, karena ada anggapan bila terlambat kawin keluarga akan malu.
2.
Anak dianggap sebagai sumber tenaga keluarga untuk membantu orang tua.
3.
Anggapan bahwa banyak anak banyak rejeki.
4.
Anak menjadi kebanggaan bagi orang tua.
5.
Anggapan bahwa penerus keturunan adalah anak laki-laki, sehingga bila belum ada anak laki-laki, orang akan ingin mempunyai anak lagi.Faktor pro natalitas mengakibatkan pertambahan jumlah penduduk menjadi besar. Sedangkanfaktor-faktor penghambat kelahiran (anti natalitas), antara lain:
1.
Adanya program keluarga berencana yang mengupayakan pembatasan jumlah anak.
2.
Adanya ketentuan batas usia menikah, untuk wanita minimal berusia 16 tahun dan bagilaki-laki minimal berusia 19 tahun.
3.
Anggapan anak menjadi beban keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
4.
Adanya pembatasan tunjangan anak untuk pegawai negeri yaitu tunjangan anak diberikanhanya sampai anak ke –2.
 
5.
Penundaaan kawin sampai selesai pendidikan akan memperoleh pekerjaan.Untuk faktor-faktor penunjang tingginya angka natalitas (kelahiran) dalam suatu negara antaralain
1)Kepercayaan dan agama
Faktor kepercayaan mempengaruhi orang dalam penerimaan KB. Ada agama ataukepercayaan tertentu yang tidak membolehkan penganutnya mengikuti KB. Dengansedikitnya peserta KB berarti kelahiran lebih banyak dibanding bila peserta KB banyak.
2)Tingkat pendidikan
Semakin tinggi orang sekolah berarti terjadi penundaan pernikahan yang berarti pula penundaan kelahiran. Selain itu pendidikan mengakibatkan orang merencanakan jumlah anak secara rasional.
3)Kondisi perekonomian
Penduduk yang perekonomiannya baik tidak memikirkan perencanaan jumlah anak, karenamerasa mampu mencukupi kebutuhannya. Jika suatu negara berlaku seperti itu maka penduduknya menjadi banyak.
4)Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah mempengaruhi apakah ada pembatasan kelahiran atau penambahan jumlah kelahiran. Selain itu kondisi pemerintah yang tidak stabil misalnya kondisi perangakan mengurangi angka kelahiran.
5)Adat istiadat di masyarakat
Kebiasaan dan cara pandang masyarakat mempengaruhi jumlah penduduk. Misalnya nilaianak, ada yang menginginkan anak sebanyak-banyaknya, ada yang menilai anak laki-lakilebih tinggi dibanding perempuan atau sebaliknya, sehingga mengejar untuk mendapatkananak laki-laki atau sebaliknya.
6)Kematian dan kesehatan
Kematian dan kesehatan berkaitan dengan jumlah kelahiran bayi. Kesehatan yang baik 

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Kujang Ujang liked this
Febri Santoso liked this
Alfian Nuh liked this
Dhewi Novitasary liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->