Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyakit Dan Kecacatan Akibat Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Penyakit Dan Kecacatan Akibat Kekurangan Vitamin Dan Mineral

Ratings: (0)|Views: 953|Likes:
Published by Rozy

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Rozy on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/20/2012

pdf

text

original

 
Penyakit dan Kecacatan AkibatKekurangan Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral dikenal sebagai mikronutrients, merupakan salah satukomponen yang penting dari nutrisi. Berikut beberapa diantaranya: asamfolat (vitamin B9), iodium, zat besi, vitamin A, zinc, dan vitamin B laintermasuk tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (B3), cobalamin(vitamin B12), dan pyridoxine (vitamin B6 ). Tanpa komponen tersebut, akan banyak anak-anak yang mengalami cacatlahir, kebutaan, dan mengalami ketidakmampuan untuk belajar dengan baik.Setiap tahun lebih dari satu juta anak di bawah lima tahun meninggal karenakekurangan vitamin A dan zinc. Kekurangan vitamin dan mineralmemengaruhi sekitar dua miliar penduduk dunia.
Kekurangan Asam Folat
Asam folat (vitamin B9) memainkan peran kunci dalam pembelahan sel danpertumbuhan jaringan.Defisiensi asam folat meningkatkan resiko melahirkan bayi dengan tabungsaraf (
neural tube
) yang cacat dan kecacatan lain.
Spina bifida
dan
anencephaly 
, merupakan dua jenis kecacatan pada tabungsaraf yang paling sering terjadi.Kelainan ini terjadi ketika tabung saraf tidak menutup dengan sempurna,sehingga otak atau spinal cord bayi akan terpapar cairan ketuban.Kecacatan pada tabung saraf diperkirakan memengaruhi 300.000 atau lebihbayi baru lahir setiap tahunnya.Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan gangguan fungsi kognitif pada orang dewasa. Hal ini cenderung lebih sering terjadi pada masyarakatyang lebih banyak mengonsumsi sereal (rendah folat) dan sedikitsayuran hijaudan buah-buahan (tinggi folat).
Kekurangan Iodium
Delapan belas juta anak per tahun lahir dengangangguan mentalkarenadefisiensi iodium. Hampir dua milyar orang tidak tercukupi kebutuhan iodiumdari makanan yang mereka konsumsi, sepertiganya merupakan anak usiasekolah.
 
Orang dengan defisiensi iodium kronis menunjukkan penurunan kecerdasan(IQ) mereka hingga 12,5-13,5 points.Iodium merupakan mineral penting bagi perkembangan dan pertumbuhantubuh. Tubuh memerlukan iodium untuk menghasilkan hormon yangmengaturkelenjar tiroid. Tanda yang paling umum dikenal akibat kekurangan iodium adalah gondok,atau pembengkakan kelenjar tiroid di leher. Kekurangan iodium terutamamempengaruhi perkembangan otak.Hal ini juga dapat menyebabkan kretinisme, kondisi paling parah dariketerbelakangan mental dan cacat fisik.
Kekurangan Zat Besi
Zat besi dalam darah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Olehkarena itu zat besi sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Tubuh menyimpan zat besi di beberapa tempat. Perempuan memerlukan zatbesi lebih banyak daripada laki-laki. Selama kehamilan, untuk pertumbuhan,bayi juga membutuhkan zat besi yang diambil dari darah ibu.Pada tahap yang lebih parah, kekurangan zat besi bisa menyebabkananemia. Anemia didefinisikan sebagai konsentrasi hemoglobin darah yangrendah. Diperkirakan 40 persen penduduk dunia (yaitu lebih dari 2 milyarorang) mengalami anemia.Kekurangan zat besi juga dapat merusak perkembangan otak sertameningkatkankematian ibu dan anak. Lebih dari 130.000 wanita dan anak-anak meninggal setiap tahun karena kekurangan zat besi (anemia).
Kekurangan Vitamin A
Sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin A dalam jumlah kecil untukmembantu melawan infeksi. Vitamin A juga penting bagi pertumbuhan danreproduksi.Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kerusakan penglihatan.Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan pada anak.Diperkirakan 250.000-500.000 anak-anak yang kekurangan vitamin Amenjadi buta setiap tahunnya. Setiap tahunnya seetengah dari anak-anaktersebut meninggal.
 
Kekurangan vitamin A juga menyebabkan rabun senja dan meningkatkanresiko kematian anak, terutama karena diare dan campak, sertameningkatkan angka kematian ibu.
Defisiensi Zinc (Seng)
 Tubuh manusia bergantung pada zinc untuk melakukan banyak fungsitermasuk penyembuhan luka, pertumbuhan dan perbaikan jaringan,pembekuan darah, metabolisme protein, karbohidrat, lemak dan alkohol,perkembangan janin, serta produksi sperma.Gejala kekurangan yang cukup parah diantaranya adalah gangguanpertumbuhan, diare, gangguan mental, dan terjadinya infeksi yang berulang.Sekitar 20 persen dari populasi dunia memiliki resiko defisiensi zinc. Daerah-daerah yang paling terpengaruh meliputi Asia Selatan (khususnya,Bangladesh dan India), Afrika, dan Pasifik barat.Percobaan pemberian suplemen zinc dilakukan selama beberapa dekadeterakhir pada anak-anak dari negara-negara berkembang, telahmenunjukkan tingkat pertumbuhan yang lebih baik dan penurunan insidendiare, pneumonia, dan berbagai penyakit menular.
Defisiensi Vitamin B12
Kekurangan Vitamin B12 (cobalamin) menyebabkan kerusakan saraf, anemiamegaloblastik, dan gangguan fungsi kekebalan tubuh sehingga padaakhirnya akan mengalami gangguan kesehatan lainnya. Jika terjadi padabayi dan anak-anak maka akan sangat menghambat perkembangan mereka.
Defisiensi Vitamin B lain ( Tiamin (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3),Piridoksin (B6))
Kekurangan vitamin B banyak terjadi di beberapa negara berkembang,terutama dimana konsumsi daging, buah-buahan, dan sayuran sangatrendah serta lebih banyak mengonsumsi sereal yang telah digiling.Ibu hamil dan menyusui, bayi serta anak-anak adalah kelompok yang palingberesiko mengalami kekurangan vitamin B. Kekurangan tiamin yang beratdapat menyebabkan gagal jantung fatal atau
neuropathy perifer 
.Gejala awal kekurangan riboflavin diantaranya kelemahan, kelelahan, sakitpada mulut, mata terasa terbakar dan gatal. Kekurangan lebih lanjut dapatmenyebabkan disfungsi pada otak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->