Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pengantar bisnis

makalah pengantar bisnis

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 1,652 |Likes:
Published by stwan1088

More info:

Published by: stwan1088 on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
 BAB IPENDAHULUAN1.1.
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh kaum muda hingga kaumtua. Pada era globalisasi saat ini, masyarakat indonesia khususnya para mahasiswa masih bingung denganmanfaat dan tujuan dari bisnis tersebut. Padahal, kalau kita memahami apa bisnis tersebut, kita akanmendapatkan keuntungan yang kita inginkan dalam aktivitas bisnis tersebut. Bangsa Indonesia,merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah jika kita tidak pandai mengatur itusemua, maka bangsa kita akan jatuh ke dalam keterpurukan dalam hal perekonomian, kemiskinan danmenjadikan negeri kita gagal atau miskin. Pasti sebagai rakyat indonesia kita mau jika hal tersebut terjadidi negara yang kita cintai.Dilihat dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angkayang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka, masyarakat berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri yang impikan, tetapi pekerjaan kita tidak hanya pegawai negeri saja masih banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan misalnya pewirausaha atau pengusaha.Maka dari itu, penulis ingin membahas makalah ini yang berjudul ³ Menganalisa Mengapa generasimuda harus belajar berbisnis dalam kehidupan kita saat ini ¶¶ yang menjadi salah satu topik pembahasan penulis. Penulis berusaha untuk menyusun makalah ini semenarik mungkin agar para masyarakatkhusunya mahasiswa dan pelajar lainnya dapat menyukai makalah ini. Sehingga, mahasiswa dapatmengenal dan mengerti serta dapat menambah wawasan dalam berbisnis tentunya.
1.2.
 
PERMASALAHAN
Penulis ingin menjabarkan atau membahas mengenai dunia bisnis dalam kehidupan kita yang merupakan bagian dari pembahasan. Oleh sebab itu, penulis ingin membahas mengenai :1. Apa yang dimaksud dengan bisnis ?2. Apa tujuan bisnis?3. Apa fungsi menurut tokoh dan fungsi mikro dan makro dalam bisnis ?4. Apa elemen elemen dalam bisnis?5. Apa bentuk dasar kepemilikan bisnis?6. Apa aspek-aspek dan karakteristik sistem bisnis ?7. Apa faktor-faktor yang menentukan iklim bisnis?8. Apa saja problema bisnis yang dihadapi saat ini ?9. Apa saja kegiatan bisnis ?
 
 
1.3.
 
TUJUAN PENULISAN
T
ujuan penulisan dalam membuat makalah ini adalah :1. Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan softskill, dan2. Mengajak para mahasiswa dalam menjalankan bisnis yang baik dan benar.
1.4.
 
METODOLOGI PENULISAN
Untuk mempermudah dan membantu kelancaran penulisan yang dilaksanakan, maka penulismenggunakan metode kepustakaan, yakni:a. Penulis mencari berbagai referensi buku sebagai sumber penulis untuk membuat makalah ini. b. Penulis juga mencari sumber lainnya melalui situs-situ internet.
1.5.
 
SISTEMATIKA PENULISAN
1. Halaman judul2. Kata pengantar 3. Daftar isi4. Bab I : PENDAHULUAN1.1.Latar belakang masalah1.2.Permasalahan1.3.
T
ujuan penulisan1.4.Metodologi penulisan1.5.Sistematika penulisan5. Bab II : KAJIAN
T
EORI2.1.Pengertian bisnis2.2.
T
ujuan bisnis2.3.Fungsi umum dan fungsi mikro makro2.4.Elemen-elemen bisnis2.5.Bentuk dasar kepemilikan2.6.Aspek -aspek dan karakteristik bisnis2.7.Faktor-faktor yang menentukan bisnis2.8.Problema bisnis yang dihadapi saat ini2.9.Jenis kegiatan dalam bisnis6. Bab III : Pembahasan3.1. Bisnis warnet7. Bab IV : Penutup4.1. Kesimpulan4.2. Saran dan Kritik 8. Daftar Pustaka
 
 
BAB IIKAJIAN TEORI2.1. Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya,untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasaldari kata dasar 
busy
yang berarti ³sibuk´. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yangmendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan olehindividu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasauntuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi. Ada beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh diantaranya :a.
 
Menurut Brown dan Petrello : ³ Business is an institution which produces goods and servicesdemanded by people´, yang berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. ( 1976) b.
 
Menurut Steinford : ³ Business is all those activities involved in providing the goods and servicesneeded or desired by people´,yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)c.
 
Menurut Griffin dan Ebert : ³ Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit´, yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasadan bertujuan untuk menghasilkan profit ( laba). (1996)d.
 
Menurut Hughes dan Kapoor : ³ Business is the organized effort of individuals to produce and sellfor a provit, the goods and services that satisfy societies needs.
T
he general term business refer toall such efforts within a society or within an industry´, yang berarti bisnis adalah suatu kegiatanusaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa gunamendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.e.
 
Menurut Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakandengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barangatau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)f.
 
Menurut Glos, Steade dan Lowry: Bisnis merupakan jumlah seluruh kegiatan yan diorganisir olehorang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidupmereka.g.
 
Menurut Musselman dan Jackson: Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhandan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untukterlibat dalamaktivitas tersebut.
2.2.Tujuan bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yangdiperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalahmendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mas Barong liked this
Rita Ristiya liked this
Lifa Mawadh liked this
Patris Nage liked this
Lifa Mawadh liked this
Ache Ebrey Khan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->