Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Powder Production

Powder Production

Ratings: (0)|Views: 549 |Likes:
Published by Ahmad Rofiq Nurhadi

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Ahmad Rofiq Nurhadi on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
POWDER PRODUCTION
DISUSUN OLEH :AHMAD ROFIQ NURHADI (08/265426/TK/33654)JURUSAN TEKNIK KIMIAFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS GADJAH MADA2011
 
 
Powder Production
 
Pada umumnya, pembuatan bubuk menggunakan sistem kerja pengeringan. Sehingga bahan yang dikeringkan relative lebih mudah untuk dihancurkan. Oleh karena itu, sebagian besar  proses pembuatan bubuk melibatkan system kerja pengeringan dan system kerja kominusi.Pengeringan adalah suatu cara untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air suatu bahan pangan dengan atau tanpa bantuan energi panas. Pengeringan adalah proses pemindahan panas dan uap air secara simultan, yang memerlukan energi panas untuk menguapkan kandungan air yang dipindahkan dari permukaan bahan, yang dikeringkan olehmedia pengering yang biasanya berupa panas. Tujuan pengeringan
itu sendiri
adalah
untuk
mengurangi kadar air bahan sampai batas dimana perkembangan mikroorganisme dan kegiatanenzim yang dapat menyebabkan pembusukan terhambat atau terhenti. Dengan demikian bahanyang dikeringkan dapat mempunyai waktu simpan yang lebih lama. Biasanya kandungan air  bahan pangan dikurangi sampai batas tertentu dimana mikroorganisme tidak dapat tumbuh lagi pada bahan pangan tersbut. Keuntungan pengeringan adalah bahan pangan menjadi lebih awetdan volume bahan pangan menjadi lebih kecil, sehingga mempermudah dan menghemat ruang pengangkutan dan pengepakan, berat bahan menjadi kurang dan mempermudah tranport.Dasar pengeringan adalah terjadinya penguapan air ke udara karena perbedaankandungan air antara udara dengan bahan yang dikeringkan. Dalam hal ini kandungan uap air udara lebih kecil atau udara mempunyai kelembaban nisbi yang relatif rendah sehingga terjadi penguapan.Faktor-faktor yang mempengaruhi pengeringan ada 2 golongan, yaitu:(1) Faktor yang berhubungan dengan udara pengering, seperti: suhu, kecepatan volumetrik aliranudara pengering, dan kelembaban udara(2) Faktor yang berhubungan dengan sifat bahan, seperti: ukuran bahan, kadar air awal, dantekanan parsial dalam bahan.Bahan pangan yang dihasilkan dari produk-produk pertanian pada umumnyamengandung kadar air. Kadar air tersebut apabila masih tersimpan dan tidak dihilangkan, makaakan dapat mempengaruhi kondisi fisik bahan pangan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukanadanya suatu proses penghilangan atau pengurangan kadar air yang terdapat dalam bahan pangansehingga terhindar dari pembusukan ataupun penurunan kualitas bahan pangan. Dan perlunyadilakukan perubahan bentuk agar lebih mudah dikendalikan dan disimpan.Hal-hal yang mempengaruhi pengeringan adalah luas permukaan bahan pangan, suhu pengeringan, aliran udara, tekanan uap air di udara dan lama pengeringan. Suhu pengeringansangat penting karena apabila terlalu rendah maka pengeringan akan makan waktu yang sangatlama dan dapat menurunkan mutu bahan pangan serta memberikan bau yang tidak normal. Jika proses pengeringan dilakukan pada suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya casehardening dan reaksi browning.
 
A
da beberapa mekanisme yang dapat terjadi pada saat bahan basah dikeringkan sampaimempunyai kandungan air tertentu yang cukup rendah. Hal itu dapat diketahui dari kurva pengeringan. Kurva pengeringan menunjukkan hubungan antara kandungan air di dalam padatansebagai fungsi waktu. Selain itu dapat pula dinyatakan dalam hubungan antara laju pengeringandan kandungan air. Secara umum kurva pengeringan terdiri atas dua bagian, yaitu periode laju pengeringan konstan dan periode laju pengeringan menurun.Pada umumnya pemilihan tipe pengering ditentukan oleh :
y
 
 jenis komoditas yang akan dikeringkan,
y
 
 bentuk akhir produk yang dikehendaki,
y
 
faktor ekonomis dan
y
 
kondisi jenis alat.Tipe dan jenis pengering yang digunakan untuk pengeringan bahan pangan bermacam-macam. Dan tidak semua dapat membuat bubuk kering yang kita inginkan. Dari table berikutakan lebih jelas mana yang dapat membuat bubuk dan tidak :Dapat kita lihat, dari sekian berbagai jenis alat dan tipe pengering yang dapat membuat bubuk adalah :1.
 
Spray dryer 2.
 
Drum dryer 3.
 
Belt conveyor dryer 4.
 
Fluidized bed dryer Berikut akan dijelaskan masing-masing alat tersebut :

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
gpujasari liked this
VhieEyha JoKam liked this
akekuran liked this
nitawidyananda liked this
Zulfia Risma liked this
Addiena Hidayati liked this
ayu_novrizqa liked this
Chan Ka Yan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->