Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Central Ilmu Tajwid

Central Ilmu Tajwid

Ratings: (0)|Views: 222 |Likes:

More info:

Published by: Laode Alislami Fathun on May 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2014

pdf

text

original

 
Tempat eluar Huru (Mahra j) 
Tiap-tiap huruf hijaiyah mempunyai tempat keluarnya masing-masing dari bagian-bagianmulut tertentu. Tempat keluar huruf ini dinamakan Makhraj. Makhraj huruf ini dapatdikelompokkan atas:1.Kelompok huruf-huruf Halqiah (Tenggorokan)2.Kelompok huruf-huruf Lahawiyah (Tekak)3.Kelompok huruf-huruf Syajariah (Tengah Lidah)4.Kelompok huruf-huruf Asaliyah (Ujung Lidah)5.Kelompok huruf-huruf Dzalaqiyah (Pinggir Lidah)6.Kelompok huruf-huruf Nith'iyah (Langit-langit Mulut)7.Kelompok huruf-huruf Litsawiyah (Gusi)8.Kelompok huruf-huruf Syafawiyah (Bibir)
Huum Bacaan: Waa 
Wakaf:
Dari sudut bahasa berarti berhenti/menahan.Menurut istilah tajwid, memutuskan suara di akhir kata untuk bernafas sejenak denganniat meneruskan kembali bacaan.
Petunjuk:
 Pilih & Klik Diagram dengan Latar Belakang Warna Kuning ! 
Huum Bacaan: Hamzah 
 
Hamzah:
Dalam Al Qur’an, hamzah terbagi dua macam, yaitu hamzah qath’i (putus) dan hamzahwashal (sambung)
Petunjuk:
 Pilih & Klik Diagram dengan Latar Belakang Warna Kuning ! 
 
Huum Bacaan: Qalqalah 
Qalqalah:
Qalqalah menurut bahasa, berarti getaran.Menurut istilah tajwid, getaran suara terjadi ketika mengucapkan huruf yang sukunsehingga menimbulkan semacam aspirasi suara yang kuat, baik sukun asli ataupun tidak.Huruf qalqalah ada 5, yaitu yang tergabung dalam
 
 yaitu: huruf , , ,danSyarat qalqalah: Hurufnya harus sukun, baik sukun asli atau yang terjadi karena berhentipada huruf qalqalah.
Petunjuk:
 Pilih & Klik Diagram dengan Latar Belakang Warna Kuning ! 
Huum Bacaan: Nun & Tanwin 
 
Nun dan Tanwin.
Nun Sukun, yaitu:Nun yang tidak berbaris, bacaannya tergantung dengan huruf yang datang berikutnya.Nun Tanwin (baris dua), yaitu:Nun sukun tambahan yang terdapat di akhir kata jika kata tersebut dilafalkan ataudisambung dan hilang jika kata tersebut ditulis atau dijadikan tempat berhenti.Tandanya: dua dhammah atau dua fathah atau dua kasrahNun sukun yang terjadi dari tanwin ini diperlakukan sama seperti nun sukun dalam caramembacanya.Catatan: Apabila ada nun sukun atau tanwin dan sesudahnya terdapat hamzah washal,maka kedua-duanya tidak boleh dibaca dengan izhar, idgham, iqlab atau ikhfa, akan tetapiharus dibaca kasrah untuk menghindari bertemunya dua huruf yang sukun, kecuali hurufnun pada
 
–anggota huruf jar (huruf bahasa Arab)-, maka huruf nun tersebutharus dibaca fathah untuk menghindari bertemunya dua huruf yang sukun, karenaberatnya pindah dari baris kasrah ke baris fathah.Catatan lain: Ketentuan-ketentuan yang terdapat pada nun sukun atau tanwin hanyaterjadi pada waktu washal (bersambung) saja, bukan pada waktu wakaf (berhenti).
Nun dan Mim Tasydid, yaitu:
Setiap nun atau mim yang bertsydid.Huruf yang bertasydid pada dasarnya berasal dari 2 huruf, yang pertama sukun dan yang
 
kedua berharakat.
Mim Sukun, yaitu:
Mim yang tidak berharakat.Mim semacam ini bisa terdapat sebelum semua huruf hijaiyah kecuali 3 huruf mad[ , , ] untuk menghindari bertemunya 2 huruf yang sukun.
Lam Sukun, yaitu:
Huruf Lam yang sukun dalam Al Qur’an terbagi dalam 3 macam: Lam Ta'rif, Lam Fi'il dan LamHuruf.
Mad
Mad, menurut bahasa, berarti tambahan.Menurut istilah tajwid, memanjangkan suara sewaktu membaca huruf mad atau huruf layin jikabertemu dengan hamzah atau sukun.Huruf mad ada 3, yaitu: alif, wau dan ya.Syarat mad: Huruf sebelum wau berbaris dhammah, sebelum ya berbaris kasrah dan sebelumalif berbaris fathah.Jika huruf yang sebelum ya atau wau sukun itu berbaris fathah, tidak disebut huruf mad, akantetapi disebut huruf layin.
Pertemuan Dua Sukun
Sesuai dengan aturan bahasa Arab, jika 2 huruf yang sukun bertemu, harus dilakukan salahsatu dari 2 cara, yaitu: membuang huruf yang pertama atau memberinya harakat, dengancatatan pemberian harakat tersebut hanya dapat dilakukan ketika washal saja.
Tafkhim & Tarqiq
Dilihat dari segi tafkhim (tebal) dan tarqiq (tipis)-nya huruf hijaiyah terbagi 3: Pertama:Huruf-huruf yang selalu dibaca tebal, yaitu huruf-huruf isti’la (huruf-huruf yang terjadidengan menaikkan sebagian besar lidah sewaktu menuturkannya). Kedua: Huruf yang terkadangdibaca tebal, terkadang dibaca tipis, sesuai posisi huruf dalam ayat, yaitu (alif-lam pada lafalAllah, ra).Ketiga: Huruf-huruf yang selalu dibaca tipis, yaitu huruf-huruf istifal (huruf-huruf yangterjadi dengan menurunkan sebagian besar lidah sewaktu menuturkannya), selain dari huruflam dan ra.
Pertemuan Dua Huruf
Pertemuan 2 huruf, baik secara lafal ataupun tulisan dapat terbagi ke dalam 4 kasus, yaitu:Mitslain (identik), Mutaqaribain (mirip-berdekatan), Mutajanisain (sejenis) dan Mutaba’idain(berbeda-berjauhan).Dalam konteks ini tidak dibahas hukum tmutaba’idain, karena target yang ingin dicapai disiniadalah dapat mengetahui huruf-huruf yang wajib di-idgham-kan dan yang tidak. Hal ini tidakdidapati dalam mutaba’idain. Catatan: Hukum izhar dan idgham pada mitslain, mutaqaribain danmutajanisain hanya terjadi pada huruf pertama saja, bukan pada huruf yang kedua.
Datar u juan 

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Maso'ok liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->