Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KONSEP DASAR TEORI AKUNTANSI

KONSEP DASAR TEORI AKUNTANSI

Ratings: (0)|Views: 2,022 |Likes:
Published by As'ari Oramahi
Untuk Mendownload Silahkan kunjungi alamat
URL ini : http://www.ziddu.com/download/15070574/KONSEPDASAR.doc.html
Untuk Mendownload Silahkan kunjungi alamat
URL ini : http://www.ziddu.com/download/15070574/KONSEPDASAR.doc.html

More info:

Published by: As'ari Oramahi on May 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2013

pdf

text

original

 
BAB V : KONSEP DASAR TEORI AKUNTANSISumber Konsep Dasar
Konsep dasar pada umumnya merupakan abstraksi atau konseptualisasikarakteristik lingkungsn tempat atau wilayah diterapkannya pelaporan keuangan.Daftar konsep dasar dari beberapa sumber:
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
 
IAI mengadopsi kerangka konseptual IASC sehinggga konsep dasar yangadipilih juga mengikuti IASC. Ada dua konsep dasar (dinamakan asumsi pelandasatau
underlying assumption) 
 yang disebut secara spesifik dalam kerangkakonseptual IASC. Konsep dasar tersebut adalah :1. basis Akrual (
Accrual basis) 
2. Usaha berlanjut (
Going concern) 
Grady
Grady mendiskripsikan konsep dasar sebagai konsep yang mendasari kualitaskebermanfaatan dan keterandalan informasi akuntansi atau sebagaiketerbatasan yang melekat pada statemen keuangan.
Accounting Principles Board
Accounting Principles Board (APB) menyebut konsep dasar sebagai cirri-ciridasar dan memuatnya dalam APB statement No.4. APB mengidentifikasitigabelas konsep dasar yang merupakan karakteristik lingkungan diterapkannyaakuntansi
Wolk, Tearney, dan Dodd
Wolk dan Teraney mendaftar empat konsep yang dianggap sebagai postulatdan beberapa konsep lain sebagai prinsip berorientasi masukan (
input-oriented principles) 
yaitu
recognition, matching, conservatism, disclosure, materiality,dan objectivity dan prinsip berorientasi 
keluaran (
output oriented principles) 
 yaitu
comparability,consistency, dan uniformity 
. Keempat konsep yang dikategorisebagai postulat adalah;1. Usaha berlanjut (
 going concern 
)2. Periode waktu (
Time period) 
3. Entitas akuntansi (
Accounting entity) 
4. Unit moneter (
Monetary unit) 
Anthony, Hawkins, dan Merchant
Konsep dasar 1 sampai 5 dikategori sebagai pelandas statement posisikeuangan (neraca) sedangkan konsep dasar 6 sampai 11 dikategori sebagaipelandas statement laba rugi.
 
(1) pengukuran dengan unit uang),(2) entitas,(3) usaha berlanjut,(4)cost,(5)aspekganda,(6)perioda akuntansi,(7)konservatisme,(8)realisasi,(9)penandingan,(10)konsistensi,(11)materialitas.
Paton dan Littleton
Konsep-konsep dasar yang dikemukakan P&L:Entitas bisnis atau kesatuan usaha,kontinuitas kegiatan,penghargaan sepakatan,kos melekat, upaya dan capaiaan hasil, bukti terverifikasi dan objektif, asumsi.
Kesatuan usaha
Konsep ini menyatakan bahwa perusahaan dianggap sebagai suatu kesatuanatau badan usaha ekonomik yang berdiri sendiri, bertindak atas namanya sendiri,dan kedudukannya terpisah dari pemilik atau pihak lain yang menanamkan danadalam perusahaan dan kesatuan ekonomik tersebut menjadi pusat perhatian atausudut pandang akuntansi. Jadi kesatuan usaha merupakan pusat pertanggung jelasan.
Batas kesatuan
Batas kesatuan usaha dari segi akuntansi bukanlah kesatuan yuridis atauhokum melainkan kesatuan ekonomik. Batas kesatuan ekonomik adalah kendali(
control) 
oleh satu manajemen.
Pengertian ekuitas
Ekuitas adalah
hak residual pemilik
terhadap asset bersih sebagaimanadidefinisi dalam rerangka konseptual FASB. Sudut pandang FASB adalah pemilik.
Pengertian pendapatan
Konsep kesatuan usaha dapat menjelaskan mengapa pendapatan (dan utang)didefinisi sebagai kenaikan atau aliran masuk asset. Dengan konsep kesatuanusaha, semua sumber ekonomik yang dimiliki atau dikuasai oleh perusahaanmerupakan asset perusahaan bukan asset pemilik. Dengan demikian dapatdikatakan bahwa pendapatan menambah ekuitas (utang kesatuan usaha kepadapemilik).
Pengertian Biaya
Definisi biaya sebagai penurunan asset atau timbulnya kewajiban dapatdijelaskan dengan konsep kesatuan usaha. Penyerahan produk dalam rangkamenciptakan penedapatan, menyebabkan asset(persediaan barang) berkurang.Berkurangnya asset (sebesar kos barang terjual) inilah yang disebut biaya. Jadi,dapat dikatakan bahwa biaya mengurangi ekuitas. Definisi biaya oleh FASBkonsistensi dengan konsep kesatuan usaha.
System berpasangan
 
Sistem berpasangan atau aspek ganda yang dikemukakakn Anthony, Hawkins, danMerchant sebenarnya merupakan konsekuensi logis atau turunan dari konsepkesatuan usaha. Hubungan bisnis antara manajemen dan pemilik mengakibatkanmanajemen harus selalu memepertanggungjawabkan asset yang dikelolanya dansumber aseet tersebut. Ini berarti bahwa pengaruh transaksi terhadaphubungan bisnis dan posisi keuangan (termasuk utang-piutang dengan pemilikserta pihak lainnya) harus selalu ditunjukkan. Untuk melaksanakan hal ini denganmudah dan nyaman, digunakan system berpasangan.
Persamaan Akuntansi
Konsep kesatuan usaha memisahkan managemen dengan penyedia danadanmanajemen bertanggung jawab kepada mereka. Pertanggungjelasan menuntutagar asset yang dipercayakan kepada manajemen selalu ditunjukkan sumber atauasalnya. Pelaporan keuangan harus menunjukkan hubungan ini. Hubunganfungsional inilah yg disebut Persamaan Akuntansi.Agar penyususnan statemen keuangan dapat dilakukan dengan cepat, systemakuntansi buku besar harus di organisasi atas dasar persamaan akuntansi. Olehkarena itu, persamaan akuntansi dapat dikatakan sebagai hubungan fungsionalbuku besar yang mempresentasikan elemen statemen keuangan. Hubunganfungsional antar buku besar ini dapat dinyatakan sebagai berikut.A = K + E + P – B + I – D atau A = K + E + P – B
Artikulasi
Sebagai konsep dasar yang dikemukakan APB yaitu bahwa statemen keuanganberkaitan secara mendasar ( Fundamentally Related Financial Statemens ),artikulasi sebenarnya turunan atau konsekuensi dari konsep kesatuan usaha.Dengan artikulasi, akan slalu dapat ditunjukkan bahwa laba dalam statemen labarugi akan sama dengan laba dalam statemen perubahan ekuitas dan jumlah rupiahekuitas dalam neraca.
Kontinuitas Usaha.
Konsep kontinuitas usaha atau usaha berlanjut menyatakan bahwa kalau tidakada tanda-tanda, gejala-gejala, atau rencana pasti dimasa dating bahwa kesatuanusaha akan dibubarkan atau dilikuidasi maka akuntansi menganggap bahwakesatuan usaha tersebut akan berlangsungsung terus sampai waktu yang tidakterbatas.Konsep ini akan menjadi pertimbangan pada saat penyusunan statemenkeuangan atau pada saat akuntansi menghadapi berbagai pilihan dalam prosesperekayasaan atau penyususnan standar karena kenyataan bahwa kelangsunganhidup perusahaan dimasa dating tidak pasti.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
_simbolon_ liked this
Felicia Evelyne liked this
Opiey Rofiah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->