Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Eksistensi Hukum Adat

Makalah Eksistensi Hukum Adat

Ratings: (0)|Views: 2,772 |Likes:
Published by anon_722043128

More info:

Published by: anon_722043128 on May 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
1 |
Page
 BAB IPENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan negara yang menganut pluralitas di bidang hukum, dimana diakuikeberadaan hukum barat, hukum agama dan hukum adat. Dalam prakteknya sebagian masyarakatmasih menggunakan hukum adat untuk mengelola ketertiban di lingkungannya. Secara resmi, hukumadat diakui keberadaaanya namun dibatasi dalam peranannya.
Berkaitan dengan keberadaan sistem hukum adat, dimana merupakan seperangkat normadan aturan adat/kebiasaan yng berlaku di suatu wilayah yang sebagian besar dalam bentuk aturantidak tertulis dan tersebar di berbagi masyarakat indonesia, sebenarnya merupakan suatu kekhasandan kekayaan dari kemajemukan bangsa Indonesia yang seharusnya kita jaga. Upaya untukmelestarikan budaya dan tradisi dengan sendirinya tidak akan terlepas dari upaya mempertahankannorma dan aturan adat atau kebiasaan tersebut.Keberadaan hukum adat dan hukum pidana sebagai hukum positif akan memunculkanpersmasalahan mengenai bagaimana penegakan hukum harus dilakukan terhadap pelanggarannorma dan aturan adat atau kebiasaan dalam kaitannya dengan berlakunya hukum pidana. Terlebihlagi jika dikaitkan dengan asas legalitas yang menentukan bahwa hukum pidana harus didasarkanpada hukum yang tertulis agar dapat dicapai suatu kepastian hukum, sedangkan hukum (pidana) adatsebagian besar tidak tertulis.B. RUMUSAN MASALAHPermasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :1.
 
Apa yang dimaksud dengan hukum adat dan masyarakat hukum adat?2.
 
Bagaimana hukum adat ditinjau dari asas legalitas?3.
 
Apa peraturan yang mengatur masyarakat hukum adat?4.
 
Bagaimana dampak penerapan peraturan-peraturan terhadap eksistensi masyarakat hukumadat?
 
2
|
Page
 
C. TUJUANTujuan dari makalah ini adalah :1.
 
Menjelaskan pengertian hukum adat dan masyarakat hukum adat2.
 
Menjelaskan hukum adat ditinjau dari asas legalitas3.
 
Menjelaskan peraturan yang mengatur tentang masyarakat hukum adat di Indonesia
4.
 
Menjelaskan dampak penerapan peraturan-peraturan terhadap eksistensi masyarakathukum adat di Indonesia
 
3
|
Page
 BAB IIPEMBAHASANA
.
PENGERTIAN HUKUM ADAT
Hukum Adat adalah sistem hukum yang dikenal dalam lingkungan kehidupan sosial diIndonesia dan negara-negara Asia lainnya seperti Jepang, India, dan Tiongkok. Sumbernya adalahperaturan-peraturan hukum tidak tertulis yang tumbuh dan berkembang dan dipertahankan dengankesadaran hukum masyarakatnya. Karena peraturan-peraturan ini tidak tertulis dan tumbuhkembang, maka hukum adat memiliki kemampuan menyesuaikan diri dan elastis.Istilah Hukum Adat pertama kali diperkenalkan secara ilmiah oleh Prof. Dr. C SnouckHurgronje, Kemudian pada tahun 1893, Prof. Dr. C. Snouck Hurgronje dalam bukunya yang berjudul"De Atjehers" menyebutkan istilah hukum adat sebagai "adat recht" (bahasa Belanda) yaitu untukmemberi nama pada satu sistem pengendalian sosial (social control) yang hidup dalam MasyarakatIndonesia.Istilah ini kemudian dikembangkan secara ilmiah oleh Cornelis van Vollenhoven yang dikenalsebagai pakar Hukum Adat di Hindia Belanda (sebelum menjadi Indonesia).Pendapat lain terkait bentuk dari hukum adat, selain hukum tidak tertulis, ada juga hukumtertulis. Hukum tertulis ini secara lebih detil terdiri dari hukum ada yang tercatat (beschreven),seperti yang dituliskan oleh para penulis sarjana hukum yang cukup terkenal di Indonesia, dan hukumadat yang didokumentasikan (gedocumenteerch) seperti dokumentasi awig-awig di Bali.
B
.
PENGERTIAN MASYARAKAT HUKUM ADAT
Jika kita menelusuri seluruh dokumen peraturan negara, maka kita tidak akan menemukanpengertian masyarakat hukum adat, baik dalam bab ketentuan umum maupun pasal-pasal dan ayat-ayat. Dimulai dari UUD 1945 hasil amandemen I-IV sampai Peraturan Daerah, kita hanya akanmenemukan bahwa masyarakat hukum adat akan diakui sepanjang masih hidup dan sesuai denganperkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalamundang-undang. Sementara unsur-unsur untuk adanya pengakuan adalah :1.
 
masyarakatnya masih dalam bentuk paguyuban (rechtsgemeenschap);2.
 
ada kelembagaan dalam bentuk perangkat penguasa adatnya;3.
 
ada wilayah hukum adat yang jelas;4.
 
ada pranata dan perangkat hukum, khususnya peradilan adat, yang masih ditaati; dan5.
 
masih mengadakan pemungutan hasil hutan di wilayah hutan sekitarnya untuk pemenuhankebutuhan hidup sehari-hari.Membaca pengaturan tersebut di atas, kita tidak akan mendapatkan siapa yang dimaksudsebagai masyarakat hukum adat. Sementara unsur-unsur yang akumulatif, masih diragukankebenaran unsurnya. Sebagai contoh, terdapat kesalahan fatal dalam membuat persamaan antarapaguyuban dengan rechtsgemeenschap. Paguyuban tidak bisa disamakan denganrechtsgemeenschap, yang secara harafiyah berarti persekutuan hukum. karena sifat dari unsurtersebut akumulatif, maka, jika salah satu unsur diragukan kebenarannya, ia akan menggugurkanpengakuan meski telah memenuhi ke empat unsur lainnya.

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dedi Lagunturu liked this
Rizky Aditya added this note
suwun bos makalahe
Sri Oktaviani liked this
M Ridha Ulhaq liked this
Made Faris liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->