Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penilaian Hasil Belajar

Penilaian Hasil Belajar

Ratings: (0)|Views: 245 |Likes:
Published by Yudi Kustiana

More info:

Published by: Yudi Kustiana on May 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2014

pdf

text

original

 
 
1
BAB I PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Penyempurnaan kurikulum adalah salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan.Upaya itu berhasil jika ada perubahan pola kegiatan pembelajaran, dari yang berpusatpada guru kepada yang berpusat pada siswa, serta orientasi penilaian dari yangberorientasi diskriminasi siswa kepada yang berorientasi diferensiasi siswa.Keseluruhan perubahan itu akan menentukan hasil pendidikan. Ketepatan penilaianyang dilakukan sekolah, terutama yang berkaitan dengan penilaian kelas,memperlihatkan pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian tersebut mempengaruhipendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang diterapkan guru dalam prosespembelajaran.Penilaian dan kegiatan pembelajaran bermuara pada penguasaan kompetensi yangdiharapkan. Selama ini pelaksanaan penilaian di kelas kurang mampu menggambarkankemampuan siswa yang beragam karena cara dan alat yang digunakan kurang sesuaidan kurang bervariasi. Karena keterbatasan kemampuan dan waktu, penilaiancenderung dilakukan dengan menggunakan cara dan alat yang lebihmenyederhanakan tuntutan perolehan siswa. Hasil evaluasi pelaksanaan Kurikulum1994 menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan di kelas kurang mampumemperlihatkan tuntutan hasil belajar siswa, yaitu:1.
 
mengungkapkan pemahamannya dengan kalimat sendiri secara lisan dan tertulis;2.
 
mengekspresi gagasan, khususnya dalam bentuk gambar, grafik, diagram, atausimbol lainnya;3.
 
mengembangkan keterampilan fungsional sebagai hasil interaksi denganlingkungan fisik, sosial, dan budaya;4.
 
menggunakan lingkungan (fisik, sosial, dan budaya) sebagai sumberdan mediabelajar5.
 
membuat laporan penelitian dan membuat sinopsis; dan6.
 
mengembangkan kemampuan bereksporasi dan mengaktualisasi diri.
 
 
2
 
Di samping itu, penilaian dilakukan tidak hanya untuk mengungkapkan hasil belajarranah kognitif, tetapi juga diharapkan mampu mengungkapkan hasil belajar siswadalam lingkup ranah afektif dan psikomotor. Diharapkan penilaian kelas mampumengatasi permasalahan penilaian yang ada sehingga hasil belajar siswa dapat dinilaisesuai dengan tuntutan kompetensi.Melihat dasar permasalahan di atas, maka penulis mencoba membuat makalahdengan mengakaji tentang penilaian.
B.
 
Rumus
an Ma
s
alah
Untuk membatasi makalah ini, pembahasan yaitu meliputi antara lain :1.
 
Pengertian Evaluasi, Peniliaian, Pengukuran, dan Tes2.
 
Hakikat dan Prinsip Penilaian3.
 
Tujuan dan Pendekatan Penilaian4.
 
Ruang Lingkup Penilaian5.
 
Teknik dan Prosedur Penilaian
C
.
 
T
uju
an Pen
u
li
s
an
Tujuan dari penulisan makalah ini antara lain sebagai berikut :1.
 
Mengkaji lebih mendalam tentang pengertian evaluasi, penilaian, pengukurandan tes.2.
 
Memberikan informasi seputar penilaian kelas
D.
 
Si
s
te
m
atika Pen
u
li
s
an
Pembuatan makalah ini dengan sistematika, sebagai berikut :BAB I. PENDAHULUAN, meliputi Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisandan Sistematika PenulisanBAB II. ISI, meliputi Pengertian Evaluasi, Penilaian, Pengukuran, dan Tes, Hakikat danPrinsip Penilaian, Tujuan Penilaian, Pendekatan Penilaian, Ruang Lingkup Penilaian,Teknik Penilaian, Prosedur PenilaianBAB III. PENUTUP, meliputi Kesimpulan dan Saran
 
 
3
 
BAB II ISIA.
 
Pengertian Eval
u
a
s
i, Penilaian, Peng
u
k
u
ran, dan Te
s
 
Banyak dikalangan kita yang masih secara sepintas menganggap sama pengertianantara evaluasi, pengukuran (measurement), tes, dan penilaian (assessment), tetapikalau kita menggkaji semuanya terdapat pengertian yang berbeda
. Evaluasi 
adalahkegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakantelah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkatefisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement). Stufflebeam (Abin Syamsuddin Makmun, 1996) memengemukakanbahwa :
educational evaluation is the process of delineating, obtaining,and providinguseful, information for judging decision alternatif 
. Dari pandangan Stufflebeam, kitadapat melihat bahwa esensi dari evaluasi yakni memberikan informasi bagikepentingan pengambilan keputusan. Di bidang pendidikan, kita dapat melakukanevaluasi terhadap kurikulum baru, suatu kebijakan pendidikan, sumber belajartertentu, atau etos kerja guru.
Peng
ukura
n
(measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperolehdeskripsi numerik dari suatu tingkatan di mana seorang peserta didik telah mencapaikarakteristik tertentu.
Pen
ilaia
n
(assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragamalat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar pesertadidik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik. Penilaianmenjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang pesertadidik.Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata)dan nilai kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan dengan prosespencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.
Te
s
adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada peserta didik padawaktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarattertentu yang jelas.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ramli Salasa liked this
Nanang Setiawaan liked this
Liann Nurlaili liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->