Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENDOKUMENTASIAN ASKEP

PENDOKUMENTASIAN ASKEP

Ratings: (0)|Views: 447 |Likes:
Published by Ahmad Abi
www.ahmadabi.com, pendokumentasian askep, dokumen keperawatan, managemen keperawatan, askep managemen keperawatan.
www.ahmadabi.com, pendokumentasian askep, dokumen keperawatan, managemen keperawatan, askep managemen keperawatan.

More info:

Published by: Ahmad Abi on May 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
Pendokumentasian Asuhan Keperawatan
1.1.KONSEP DASAR PENDOKUMENTASIAN 
Sebagai suatu informasi yang tertulis, dokumentasi keperawatan merupakanmedia komunikasi yang efektif antar profesi dalam suatu tim pelayanankesehatan pasien. Disamping itu dokumentasi keperawatan bertujuan untuk  perencanaan perawatan pasien sebagai indikator kualitas pelayanankesehatan, sumber data untuk penelitian bagi pengembangan ilmukeperawatan, sebagai bahan bukti pertanggung jawaban dan pertanggunggugatan pelaksanaan asuhan keperawatan serta sebagai sarana pendidikan bagi para mahasiswa.Dokumentasi dan pelaporan merupakan suatu metode untumengkomunikasikan suatu informasi yang berhubungan dengan manajemen pemeliharaan kesehatan. Dalam beberapa hal kesuksesan dari pelaksanaan proses keperawatan tergantung dari keakuratan dan komplitnya pelaporandan ketepatan dalam penulisan pendokumentasian.Beberapa jenis catatan digunakan sebagai alat komunikasi untumenginformasikan keadaan klien. Meskipun setiap perusahaanmenggunakan format yang berbeda, seluruh catatan mengandung informasiyang mendasar, yaitu :1.Identifikasi klien dan data demografis2.Informed Consent untuk tindakan3.Riwayat keperawatan4.Diagnosa atau masalah keperawatan5.Rencana keperawatan (Nursing Care Plan)6.Catatan tindakan keperawatan dan evaluasi7.Riwayat medis
 
8.Diagnosa medis9.Pesanan terapi10.Catatan perkembangan medis dan kesehatan11.Laporan pengkajian fisik 12.Laporan diagnostik studi13.Rangkuman prosedur operasi14.Rencana pulang dan rangkumanDalam penulisan dokumentasi keperawatan ada beberapa hal yang perludiperhatikan, yaitu :1.
 Isi,
Informasi yang ditulis harus lengkap , akurat, jelas, mengandungfakta (obyektif) dan tidak menggunakan istilah atau singkatan yang tidak umum.
 Benar 
, dimana informasi mengenai klien dan tindakan yangdiberikan haruslah faktual. Catatan harus berisi deskripsi, informasi yangobjektif dari apa-apa yang perawat lihat, dengar, rasa dan cium(Begerson, 1988)2.
Waktu,
Dokumentasikan waktu setiap melakukan intervensikeperawatan.
Up to Date,
laporan yang terlambat merupakan suatukelalaian yang serius dan menyebab kelambatan untuk memberikansuatu tindakan. Misalnya kesalahan dalam melaporkan penurunantekanan darah dapat memperlambat pemberian obat yang diperlukan.Secara legal, kelambatan dari pelaporan dapat diinterpretasikan sebagaikelalaian.kegiatan untuk mengkomunikasikan hal ini mencakup :a.vital sign b.penatalaksanaan medisc.persiapan dilakukan diagnostic test dan pembedahand.perubahan statuse.waktu masuk, pindah, pulang atau kematian klienf.penatalaksanaan untuk perubahan status yang tiba-tiba.3.
 Format ,
Gunakan format yang telah adasesuai dengan kebijaksanaan
 
institusi pelayanan kesehatan4.
 Kerahasiaan,
komunikasi yang rahasia adalah informasi yang diberikanoleh seseorang kepada orang lain yang dipercaya dan merahasiakan bahwa beberapa informasi itu tidak akan diungkapkan. Pasienmempunyai hak moral dan legal untuk memastikan bahwa informasiyang ada dalam catatan kesehatannya terjaga kerahasiaannya.5.
 Akontabilitas,
Berikan nama dan tanda tangan setiap melakukanintervensi keperawatan. jangan menggunakan penghapus atau tip-ex bilamelakukan kesalahan dalam penulisan.Catatan adalah sumber data yang bernilai dan digunakan oleh seluruhanggota tim kesehatan. Maksud dari catatan ini termasuk komunikasi,kemampuan finansial, pendidikan, pengkajian, riset, auditing dan aspek legal dokumentasi.
1.2.FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAPENDOKUMENTASIAN 
Banyak faktor yang merupakan hambatan dalam melaksanakan dokumentasikeperawatan, meskipun pada dasarnya proses keperawatan telah diterapkan.Berbagai hambatan tersebut meliputi :a.Kurangnya pemahaman dasar-dasar dokumentasi keperawatan. hal ini bisa terjadi karena latar belakang pendidikan yang berbeda-beda,sehingga tidak adanya keseragaman pelaksanaan dokumentasikeperawatan. b.Kurangnya kesadaran akan pentingnya dokumentasi keperawatan.Penulisan dokumentasi keperawatan tidak mengacu pada standar yangsudah ditetapkan, sehingga terkadang tidak lengkap dan akurat.c.Dokumentasi keperawatan dianggap beban. Banyaknya lembar format

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ViCky PuetRi liked this
Fery Andriawan liked this
nersidha6993 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->