Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Implementasi Jaringan Komputer Pada Salah Satu Warnet

Implementasi Jaringan Komputer Pada Salah Satu Warnet

Ratings: (0)|Views: 363 |Likes:
Published by Andri Afrianto

More info:

Published by: Andri Afrianto on May 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2013

pdf

text

original

 
IMPLEMENTASI JARINGAN KOMPUTERPADA SALAH SATU WARNET
Implementasi jaringan pada salah satu warnet inimenggunakan 4 tahap awal yaitu :a)planning (perencanaan)b)design (perancangan)c)implementation (implementasi)
a.Perencanaan
 Tahap awal ini bertujuan untuk mendapatkan needs(kebutuhan), keinginan (desirability) dan kepentingan (interest).Untuk mendapatkan ketiga hal ini harus dilakukan surveyataupun wawancara terhadap user. Selain itu harus ditentukanpendekatan yang paling feasible untuk tahapan selanjutnya.Satu langkah yang paling penting dalam perencanaan jaringan ini adalah pencarian/investigasi dalam konteks sebelum jaringan terbentuk. Investigasi ini ditujukan untuk mencari polakerja, alur, trafik dan kemungkinan bottleneck di dalam jaringan,selain itu investigasi ini bisa membantu dalam kemungkinankebutuhan di masa selanjutnya. Berbicara dengan user langsungakan mendapatkan input yang lebih signifikan tentang kebutuhanmereka, keinginan dan mungkin juga ketakutan user. Sebagaiadmin anda harus bekerjasama dengan user.
1
 
Keputusan terhadap sistem jaringan bisa dilakukan dengandua hal, memenuhi kebutuhan secara langsung atau memenuhikebutuhan melalui hal yang bersifat alternatif. Dalam beberapakondisi investasi di awal mungkin lebih besar dibandingkandengan operasional yang ada, tapi di masa mendatang investasimaupun operasional selanjutnya bisa jauh lebih kecil. Selainkebutuhan di atas juga harus didefinisikan batasan yang adaseperti perangkat yang ada, kemampuan user, kondisi lingkunganseperti suhu dan kelembaban dll.Langkah selanjutnya adalah merancang biaya dengan batasanfaktor-faktor kebutuhan dan keinginan di atas. Elemen-elemenyang menyangkut pembiayaan antara lain:
Kabel, biaya kabel itu sendiri dan proses instalasinya, bisaterjadi biaya instalasi lebih tinggi dari biaya kabel itusendir.Perangkat Keras, seperti komputer, NIC, terminator, hub dll.Perangkat Lunak, NOS, client dan berbagai aplikasinya.Pelindung Jaringan, seperti Uninterruptible Power System(UPS), anti petir, spark arrester.Biaya habis, biaya konsultan, arsitek maupun operator padasaat instalasi.Biaya berjalan, seperti biaya bulanan bandwidth, listrik, AC,gaji admin dan operator.
2
 
Biaya pelatihan untuk administrator dan user.Selain elemen-elemen di atas ada satu yang sering dilupakanyaitu biaya downtime. Downtime terjadi pada saat pemindahandari sistem lama ke sistem baru, pada saat downtime ini terjadipengurangan produktifitas karena user harus menunggu sistemyang baru berjalan dan pada saat sistem baru ini mendapatkankegagalan, sementara sistem harus dikembalikan ke keadaansemula.
b.Perancangan
 Tahap ini merupakan detail perencanaan di atas. Dalam tahapini faktor-faktor yang ada dalam perencanaan dijabarkan secaradetail untuk kebutuhan tahap selanjutnya pada saatimplementasi. Perancangan jaringan adalah proses yang mystic-mixture art, science, keberuntungan (luck) dan accident (terjadibegitu saja). Meskipun penuh dengan proses yang misterius adabanyak jalan dan strategi untuk melaluinya. Jumlah node dan pendelegasian tugas. Isu yang banyak dikenaldalam perancangan jaringan adalah jumlah node/titik yang ada.Dari jumlah node yang ada bisa kita definisikan tugas yang harusdikerjakan oleh setiap node, misalnya karena jumlah node sedikitprint-server cukup satu disambungkan di server atau di salah satuworkstation. Jika jumlah node lebih banyak ada kemungkinan
3

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Siipussye 'lia' liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->