Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
REPRODUKSI MANUSIA

REPRODUKSI MANUSIA

Ratings: (0)|Views: 3,664|Likes:
Published by adnan_unm3177

More info:

Published by: adnan_unm3177 on May 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
 
SISTEM REPRODUKSIUNIT IALAT REPRODUKSIMANUSIA
Standar Kompetensi Standar Kompetensi Standar Kompetensi Standar Kompetensi ::Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar :: Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan serta penyakit tumbuhan serta penyakit tumbuhan serta penyakit tumbuhan serta penyakit- --penyakit yang berhubungan  penyakit yang berhubungan  penyakit yang berhubungan  penyakit yang berhubungan dengan dengan dengan dengan sistem reproduksi pada manusia.sistem reproduksi pada manusia.sistem reproduksi pada manusia.sistem reproduksi pada manusia.
A.
 
Indikator
1.1.1.1.
 
Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia.2.2.2.2.
 
Mendeskripsikan fungsi Mendeskripsikan fungsi Mendeskripsikan fungsi Mendeskripsikan fungsi alat reproduksi manusia alat reproduksi manusia alat reproduksi manusia alat reproduksi manusia 3.3.3.3.
 
Mengidentifikasi Mengidentifikasi Mengidentifikasi Mengidentifikasi cara pengendalian reproduksi pada cara pengendalian reproduksi pada cara pengendalian reproduksi pada cara pengendalian reproduksi pada ....manusia manusia manusia manusia 4.4.4.4.
 
Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan Mendeskripsikan macam macam macam macam penyakit kelamin pada manusia  penyakit kelamin pada manusia  penyakit kelamin pada manusia  penyakit kelamin pada manusia....
B.
 
Tujuan
1. Siswa dapat mengidentifikasi alat 1. Siswa dapat mengidentifikasi alat 1. Siswa dapat mengidentifikasi alat 1. Siswa dapat mengidentifikasi alat- --alat reproduksi pada manusia alat reproduksi pada manusia alat reproduksi pada manusia alat reproduksi pada manusia 2. Siswa dapat mengkomunikasikan cara pembentukan sel kelamin pada manusia 2. Siswa dapat mengkomunikasikan cara pembentukan sel kelamin pada manusia 2. Siswa dapat mengkomunikasikan cara pembentukan sel kelamin pada manusia 2. Siswa dapat mengkomunikasikan cara pembentukan sel kelamin pada manusia 3. Siswa dapat menjelaskan cara mengendalikan kelahiran dengan alat 3. Siswa dapat menjelaskan cara mengendalikan kelahiran dengan alat 3. Siswa dapat menjelaskan cara mengendalikan kelahiran dengan alat 3. Siswa dapat menjelaskan cara mengendalikan kelahiran dengan alat kontrasepsi kontrasepsi kontrasepsi kontrasepsi 4. Siswa dapat menyebutkan macam kelainan sistem reproduksi pada manusia 4. Siswa dapat menyebutkan macam kelainan sistem reproduksi pada manusia 4. Siswa dapat menyebutkan macam kelainan sistem reproduksi pada manusia 4. Siswa dapat menyebutkan macam kelainan sistem reproduksi pada manusia 
C.
 
Cara Reproduksi
Pada berbagai jenis hewan, dan manusia, cara reproduksi dikelompokkan menjadidua yaitu reproduksi secara
a seksual
atau
vegetatif 
(secara tidak kawin) dan reproduksisecara
seksual
atau
generatif 
(secara kawin).Pada reproduksi secara a seksual, organisme baru yang dihasilkan merupakanhasil pembentukan yang berasal dari individu induk atau sebagian tubuh individu induk.
 
 
Cara seperti ini meliputi
pembelahan sel
,
fragmentasi, pembentukan zooid, strobilasi
,dan
pembentukan tunas
.Reproduksi secara seksual adalah perkembangbiakan yang melibatkan duaindividu yang berbeda jenis kelamin atau melibatkan persatuan dua buah gamet yaitu selsperma dan sel telur. Beberapa ciri-ciri umum reproduksi yang berlangsung secaraseksual yaitu:a.
 
Individu baru yang dihasilkan melibatkan persatuan dua sel kelamin yangberbeda.b.
 
Individu baru yang dihasilkan bervariasi sebagai akibat adanya
rekombinasigenetik
pada pembentukan gamet pada fase profase miosis pertama., danadanya fertilisasi yang melibatkan persilangan antara materi genetik darikedua parental.c.
 
Pada organisme
dimorfik
, kedua parental yang berbeda jenis kelaminnyamutlak dibutuhkan, sedangkan pada organisme
hermaprodit
adalah relatif.d.
 
Umumnya berlangsung pada organisme yang telah dewasa secara seksual.e.
 
Vertebrata tinggi pada umumnya membutuhkan alat-alat reproduksi khususyang sangat terspesialisasi, yaitu alat reproduksi utama berupa gonad dan alatreproduksi tambahan berupa saluran-saluran reproduksi dan kelenjar-kelenjartambahan lainnya.Bila sel telur bertemu dengan sel sperma, maka terjadilah fertilisasi ataupembuahan. Pembuahan menghasilkan
zygot.
Dengan demikian untuk terbentuknyasuatu zygot, diperlukan penggabungan dua gamet (sel sperma dan sel telur) pada saatpembuahan atau
fertilisasi
. Dikenal ada tiga tipe penggabungan gamet yaitu:1.
 
Isogami
, yaitu persatuan dua buah gamet yang secara morfologis sama, tetapisecara fisiologis dan genetik berbeda, misalnya pada beberapa jenis protozoa.2.
 
Heterogami
atau
anisogami,
yaitu persatuan dua gamet yang secaramorfologis berbeda, yaitu
mikrogamet
yang bersifat motil (dapat bergerak)dan
makrogamet
yang bersifat non motil (tidak dapat bergerak).3.
 
Oogami
, yaitu persatuan antara dua gamet berupa sperma dan sel telur.
 
 
D.
 
Alat Reproduksi Manusia
Organ-organ reproduksi secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua yaitualat reproduksi utama atau
gonad
dan alat reproduksi tambahan. Gonad terdiri atas testisdan ovarium, sedangkan alat reproduksi tambahan terdiri atas saluran-saluran reproduksibeserta kelenjar-kelenjar assesoris atau kelenjar-kelanjar tambahan.
1.
 
Organ Reproduksi Jantan
Secara umum organ reproduksi pada manusia dan mamalia jantan terdiri atas (i)testis, (ii) epididimis, (iii) vas deferens, (iv) kelenjar tambahan misalnya kelenjar prostat,vesikula seminalis, kelenjar koagulasi, dan kelenjar bulbourethra, (v) urethra, dan (vi)penis.Gambar 1. Alat-alat reproduksi pada laki-laki
a.a.a.a.
 
Testis Testis Testis Testis 
Pada manusia dan kebanyakan mamalia lain, testis dewasa terletak pada suatukantung yang disebut scrotum. Skrotum berperan penting dalam mempertahankan testispada suhu di bawah suhu intraabdominal. Tidak semua mamalia memiliki skrotummisalnya pada ikan paus, gajah dan anjing laut. Hewan-hewan yang tidak memilikiskrotum, testisnya tetap berada di dalam rongga perut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->