Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Air Adalah Zat Atau Materi Atau Unsur Yang Penting Bagi Semua Bentuk Kehidupan Yang Diketahui Sampai Saat Ini Di Bumi

Air Adalah Zat Atau Materi Atau Unsur Yang Penting Bagi Semua Bentuk Kehidupan Yang Diketahui Sampai Saat Ini Di Bumi

Ratings: (0)|Views: 373|Likes:

More info:

Published by: Anggun Citra Berlian on May 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/25/2011

pdf

text

original

 
Air
adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yangdiketahui sampai saat ini di bumi,
 tetapi tidak di planet lain.
Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliunkilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi.
Air sebagian besar terdapat dilaut(air asin
 
) dan pada lapisan-lapisan es (di kutubdan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagaiawan, hujan,sungai, muka air tawar ,danau, uap air , danlautan es.Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak  mengikuti suatusiklus air , yaitu: melalui penguapan,hujan, dan aliran air di atas  permukaan tanah (
runoff 
, meliputimata air ,sungai,muara
 
) menujulaut. Air bersih penting bagi kehidupanmanusia. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat padakutubutara dan selatan planetMars, serta pada bulan-bulanEuropadanEnceladus. Air dapat  berwujud padatan(es),cairan(air) dangas(uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.
Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air,monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik.
Indonesia telah memilikiundang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004, yakni Undang Undangnomor 7 tahun 2004 tentPeradaban manusia berjaya mengikuti sumber air.Mesopotamiayang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungaiTigrisdanEuphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung padasungai Nil. Pusat-pusat manusia yang besar sepertiRotterdam,London,Montreal,Paris, New York City,Shanghai,Tokyo,Chicago, dan Hong Kongmendapatkan kejayaannya sebagian dikarenakan adanya kemudahan akses melalui perairan.
[sunting] Air minum
Air dalam kehidupan
 
Kehidupan di dalam laut.Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanyakehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organicuntuk  melakukanreplikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantunganterhadap air. Air merupakan zat pelarutyang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam prosesmetabolisme.Air juga dibutuhkan dalamfotosintesisdan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidrodendengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas keudara.
[sunting] Makhluk air
 Artikel utama: Hidrobiologi
Perairan bumi dipenuhi dengan berbagai macam kehidupan. Semua makhluk hidup pertama di Bumi ini berasal dari perairan. Hampir semua ikan hidup di dalam air, selain itu,mamaliaseperi lumba-lumbadanikan pausjuga hidup di dalam air. Hewan-hewan sepertiamfibimenghabiskan sebagian hidupnya di dalam air. Bahkan, beberapa reptil  sepertiular dan buayahidup di perairan dangkal dan lautan. Tumbuhan laut sepertialga dan rumput lautmenjadi sumber makanan ekosistem perairan. Di samudera,  plankton  menjadi sumber makanan utama para ikan.Air yang diminum dari botol.
 Artikel utama: Air minum
Tubuhmanusiaterdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.
Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuhliter air setiap hari untuk menghindaridehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkataktivitas,suhu, kelembaban,dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->