Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
88Activity
×
P. 1
Resume Manajemen Keuangan

Resume Manajemen Keuangan

Ratings: (0)|Views: 29,562|Likes:
Published by spmbstan

More info:

Published by: spmbstan on May 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/01/2013

pdf

text

original

 
Resume UKT Managemen Keuangan
PSAK-Tim Sukses UKT Akuntansi 2006
1
 
Tim Sukses UKT 2006Ketua Tim:
Pujo Hariyanto,
Editor:
Arif Ismail, Herudi Kandau, Ihwan Sururi;
Kontributor:
 3A: Bayu, Kusuma; 3B: Faizal, Arum; 3C: Aini, Marissa; 3D: Fadhol, Kahlil; 3E: Agung, Nisa;3F: Anis, Dedy; 3G: Andy, Galuh; 3H: Asil, Heru; 3I: Afid, Wulan; 3J: Arifin, Sapto.
Disponsori oleh:
ManajemenKeuangan
 
Resume UKT Managemen Keuangan
MANAJEMEN KEUANGAN SEBUAH PENGANTAR
Manajemen keuangan berkepentingan dengan bagaimana cara menciptakan dan menjaga nilaiekonomis atau kesejahteraan. Konsekuensinya, semua pengambilan keputusan harus difokuskan padapenciptaan kesejahteraan. Untuk dapat menciptakan kesejahteraan, perusahaan dituntut mampumemanfaatkan sumber daya yang terbatas, dan beroperasi pada tingkat produktivitas yang optimal.Dengan tujuan ini, tugas manajer keuangan adlah menciptakan kesejahteraan bagi para pemegangsaham. Oleh karena itu, perusahaan haruslah bertujuan untuk memaksimalkan kesejahteraanpemegang saham bukan maksimalisasi keuntungan.Dalam ekonomi mikro, maksimalisasi keuntungan sering disebut sebagai tujuan perusahaan.Namun hal ini meliki kelemahan karena ekonomi mikro mengabaikan masalah waktu danketidakpastian agar dapat menjelaskan teoridengan mudah. Yang dimaksud dengan memaksimalkankesejahteraan adalah memaksimalkan nilai pasar saham perusahaan karena seluruh keputusankeuangan akan terefleksi di dalamnya. Bagi para pemegang saham, harga pasar saham akanmenggambarlan nilai perusahaan termasuk seluruh kompleksitas dan komplikasi risiko dunia nyata.Secara umum bentuk hukum perusahaan dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu:
a.
Perusahaan Perseorangan (
Sole Proprietorship
), merupakan perusahaan yang dimiliki olehperseorangan dimana pemilik perusahaan berhak atas seluruh harta perusahaan dan bertanggung jawab tanpa batas termasuk segala kewajiban yang timbul. Perusahaan perseorangan ini tidakmempunyai bentuk hukum perusahaan yang bersifat formal.
 b.
Persekutuan Umum (
General Partnership
), merupakan perusahaan yang dimiliki oleh dua orangatau lebih dimana setiap sekutu bertanggung jawabpenuh atas semua kewajiban yang timbul daripara sekutunya (tindakan dari salah satu sekutu juga menjadi tanggung jawab para sekutulainnya). Tanggung jawab pemilik partnership tidak terbatas bahkan sampai kekayaan pribadi.
c.
Persekutuan Komanditer (
Limited Partnership
), merupakan perusahaan yang dimiliki dua orangatau lebih dimana sebagian menjadi dimana sebagian sekutu bertanggung jawab menjalankankegiatan usaha (sekutu aktif) dan ssatu atau lebih hanya sebagai pemberin modal (sekutu pasif).
d.
Perseroan Terbatas (
Corporation
), merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkanperjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham.Secara hukum perseroan memiliki kekayaan tersendiri yang terpisah dari harta kekayaan parapemilik perusahaan. Dengan demikian tanggung jawab para pemegang saham hanya sebesar  jumlah modal yang disetor.Terdapat sepuluh
aksioma
yang mendasari praktik manajemen keuangan yang meliputi:
 Aksioma 1: Keseimbangan Risiko dan Pengembalian (The Risk Return Off) ---- Jangan menambahrisiko kecuali mendapatkan kompensasi tambahan pendapatan
Tingkat pengembalian minimum atas suatui investasi harus lebih besar dari tingkat unflasi yangdiperkirakan.
 Aksioma 2: Nilai Waktu Uang (Time Value of Money)
Uang yang diterima sekarang lebih berharga dari uang yang diterima kemudian. Konsep nilai waktuuang ini sangat berguna untuk meniai kelayakan suatu investasi yaitu untuk menghitung nilai sekarang(
 present value
) dari pendapatan dan pengeluaran yang akan datang (
future benefit and cost 
). Apabilapenerimaan melebihi pendapatan maka investasi diterima dan ditolak jika sebaliknya.
 Aksioma 3: Uang Kas ----- Bukan Besarnya Laba ----- adalah yang Utama
Untuk mengukur kesejahteraan digunakan arus kas (
cash flow 
) dan bukan keuntungan akuntansi(
accounting profit 
). Uang kas adalah sesuatu yang secara nyata diterima dan dapat diinvestasikankembali oleh perusahaan. Sedangkan keuntungan akuntansi, lebih banyak menggambarkan besarnyakeuntungan perusahaan, daripada besarnya uang kas yang benar-benar ada.
 Aksioma 4: Tambahan Arus Kas (incremental Cash Flow) ----- Satu-satunya Pertambahan Nilai yang Dihitung 
Proses evaluasi untuk mengukur manfaat suatu proyek baru menggunakan arus kas yangdititikberatkan pada arus kas masuk yang sifatnya inkrimental (
incremental cash in flow 
). Pedomandalam menentukan apakah arus kas itu inkrimental adalah dengan membandingkan arus kasperusahaan apabila mengambil dan tidak mengambil suatu proyek.
 Aksioma 5: Kondisi Persaingan Pasar ---- Alasan Mengapa Sangat Sulit Mendapatkan Proyek dengan Laba yang Luar Biasa
PSAK-Tim Sukses UKT Akuntansi 2006
2
 
Resume UKT Managemen Keuangan
Pada pasar yang sangat kompetitif, laba yang besar tidak dapat secara terus menerus didapat. Karena jika suatu industri menghasilkan, maka akan banyak pendatang baru yang akan berusaha masuk kedalam industri. Persaingan yang semakin ketat dan penigkatan kapasitas produksi dalam industri dapatmemperkecil keuntungan, dan akhirnya akan mendorong semakin kecilnya tingkat pengembalianinvestasi.
 Aksioma 6: Pasar Modal yang Efisien ---- Pasar yang Bergerak Cepat dan Harga yang Tepat 
Pasar Modal adalah pasar yang efisien dimana informasi baru tercermin pada surat berharga secaracepat dan tidak ada satu investor pun yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yangbesar. Para investor akan bereaksi terhadap informasi baru yang diterima dengan jalan menjualataupun membeli surat berharga yang ada sampai mereka merasa bahwa harga pasar yang terjadibenar-benar telah mencerminkan informasi baru tersebut.
 Aksioma 7: Masalah Keagenan ----- Manajer tidak akan Bekerja Bagi Pemilik Peruisahaan jikatidak Selaras dengan Kepentingan Mereka
Masalah keagenan terjadi karena adanya pemisahan tugas antara pemegang manajemen perusahaandengan pemegang saham. Para menajer akan mengambil keputusan yang memberikan keuntunganbagi mereka. Masalah keagenan ini akan tetap terjadi kecuali struktur insentif yang dibuat mencakupkeselarasan kepentingan antara p-ara manajer dan pemegang saham. Dengan kata lain, apa yangterbaik bagi penegang saham merupakan yang terbaik bagi para manajer.
 Aksioma 8: Perpajakan yang Berdampak pada Keputusan Bisnis
Masalah perpajakan dapat membiaskan keputusan bisnis. Untuk itu tambahan arus kas yangdigunakan untuk mengevaluasi suatu proyek adalah tambahan arus kas sesudah pajak bersih yangditerima perusahaan denagn kata lain pengembalian investasi dihitung berdasarkan nilai bersihsesudah pajak (
after tax basis
). Selain itu perpajakan juga mempunyai peranan untuk menentukanstruktur modal perusahaan yaitu peraturan pajak menjadikan utang sebagai pembiayaan yangmemberikan keunggulan beban dibandingkan saham karena beban bunga merupakan pengurangpajak seadang dividen tidak dapat sebagai pengurang pajak.
 Aksioma 9: Tidak Semua Risiko Sama ---- Ada Sebagian Risiko yang dapat Didiversifikasi 
Diversifikasi dapat mengurangi risiko, sehingga mengukur besarnya risiko dari satu proyek ataupuninvestasi menjadi sangat sulit. Perubahan risiko dari suatu proyek tergantung pada (1) risiko proyektersebut secara individu, (2) besarnya kontribusi risiko proyek bagi perusahaan, atau (3) besarnyakontribusi risiko proyek terhadap portofolio surat berharga milik para pemegang saham.
 Aksioma 10: Melakukan Sesuatu yang Benar adalah Perilaku Etis, dan banyak Dilema Etika dalamManajemen Keuangan
Perilaku yang sesuai dengan etika berarti “
melakukan sesuatu yang benar” 
. Tiap kelompok mempunyainilai yang berbeda yang digunakanakan sebagai dasar untuk merumuskan tentang apa yang dimaksud
“melakukan sesuatu yang benar” 
. Sesuatu yang sesuai dengan hukum yang berlaku belum tentu etis.Hal inilah yang menyebabkan timbulnya dilema etika dalam manajemen keuangan.
PSAK-Tim Sukses UKT Akuntansi 2006
3

Activity (88)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Noldy Takaliuang liked this
Ivana Regina liked this
Ivana Regina liked this
jannuarivan liked this
Hellena Siburian liked this
valentinorory liked this
Galuh Trisna liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->