Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kuliah Lapangan Kaot'z

Kuliah Lapangan Kaot'z

Ratings: (0)|Views: 1,179 |Likes:
Published by Kaotz

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Kaotz on May 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
Umum
Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang adaserta untuk menghadapi era globalisasi, maka dibutuhkan sumber daya manusiayang berkualitas dan bersikap professional. Untuk itu, dewasa ini banyak sekali program atau kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber dayamanusia yang mampu bersaing dalam dunia kerja.Bagi mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas TeknologiMineral, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, EkskursiIndustri Tambang (Kuliah Lapangan II) ini merupakan salah satu wujud kesiapandari lembaga pendidikan agar lulusannya mampu eksis di dunia kerja.1.2.
Latar Belakang
Sesuai dengan kurikulum Pendidikan Jurusan Teknik PertambanganFakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN “Veteran” Yogyakarta, mahasiswaJurusan Teknik Pertambangan yang menempuh semester IV diwajibkan untuk mengikuti matakuliah Ekskursi Industri Tambang (Kuliah Lapangan II) dengankegiatan utama adalah kunjungan ke beberapa industri pertambangan yang ada diIndonesia. Kegiatan Ekskursi Industri Tambang ini berbobot 1 SKS.Dengan adanya Ekskursi Industri Tambang ini, mahasiswa diharapkanmendapatkan suatu hal yang dapat dipelajari agar kelak dapat menjadi insinyur yang profesional serta sebagai penunjang apa yang telah didapatkan pada matakuliah Pengantar Teknologi Mineral.Di dalam kegiatan Ekskursi Industri Tambang, mahasiswa diperkenalkandengan kondisi lokasi penambangan secara langsung agar mahasiswa dapatmengetahui bagaimana kegiatan penambangan dilaksanakan.
 
Muh. Fathin Firaz, Ekskursi Industri Tambang-2009
< 1 >
 
1.3.
Maksud Dan Tujuan
Ekskursi Industri Tambang ini dimaksudkan untuk mengenalkan secaralangsung kepada mahasiswa tentang macam pekerjaan di perusahaan-perusahaantambang, sehingga mahasiswa mengetahui cara penggalian, pemuatan, pengangkutan, pengolahan serta pemasaran beberapa jenis bahan galian.Kegiatan ini juga memberikan gambaran secara langsung kepadamahasiswa tentang pekerjaan sarjana tambang di lapangan, sehingga mereka dapatmenentukan sikap dalam menekuni pendidikan dibidang pertambangan. Denganadanya Ekskursi, diharapkan mahasiswa dapat membandingkan teori-teori yangdiperoleh di bangku kuliah dengan keadaan sebenarnya di lapangan, juga melatihdan menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan serta kerja sama di antaramahasiswa dalam menghadapi persoalan.
1.4.Waktu
Ekskursi Industri Tambang 2008 dilaksanakan pada bulan Februari danMaret 2009 dan dibagi menjadi Tiga gelombang. Gelombang I dilaksanakan padatanggal 16 – 18 Februari 2009 , gelombang II dilaksanakan pada tanggal 23 – 25Februari 2009 dan gelombang III dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Maret 2009.Kegiatan Ekskursi Industri Tambang gelombang II dilaksanakan padatanggal 23 – 25 Februari 2009 dengan obyek yang dikunjungi meliputi daerahDaerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.1.5.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Ekskursi Industri Tambang 2009 yaitu mengunjungi perusahaan- perusahaan tambang yang ada di daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, JawaTengah, dan Jawa Timur, antara lain:1.Unit penambangan dan pengolahan batugamping keprus di PT. SugihAlamanugroho, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.2.Batu mulia di unit bina industri batu mulia (UBIBAM) Sri Giri Sejati Giriwoyo, Wonogiri.3.Penambangan dan pengolahan marmer di PT. Industri Marmer IndonesiaTulungagung (IMIT), Tulungagung, Jawa Timur.
 
Muh. Fathin Firaz, Ekskursi Industri Tambang-2009
< 2 >
 
4.Pengolahan pasir silika di PT. Jara Silika, Tuban, Jawa Timur.5.Penambangan batugamping dan pembuatan semen di pabrik semen PT. SemenGresik, Tuban, Jawa Timur.
1.6.Manfaat
Beberapa manfaat yang dapat kami peroleh dari kegiatan ini antara lain :
Mengenal lebih jauh sejarah atau profil mengenai perusahaan yang bersangkutan.
Menambah pemahaman kami mengenai kegiatan–kegiatan yang dilakukan perusahaan–perusahaan tambang tersebut.
Menambah pengetahuan tantang peralatan–peralatan pertambangan yangdigunakan, teknik–teknik pemasaran yang dipakai perusahaan tersebut.
Mengetahui gambaran pekerjaan apa saja yang akan kami hadapi nantinyasebagai sarjana tambang.
Kami dapat membandingkan antara teori yang diberikan di kampus dengankenyataan lapangan yang ada.
Memupuk tali persaudaraan dan kerjasama antar mahasiswa.
Muh. Fathin Firaz, Ekskursi Industri Tambang-2009
< 3 >

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->