Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelompok Atap

Kelompok Atap

Ratings: (0)|Views: 1,408 |Likes:
Published by spmbstan

More info:

Published by: spmbstan on May 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
 
PENDAHULUAN
 Atap adalah unsur bangunan yang terletak di bagian paling atas suatubangunan. Fungsi utama atap antara lain:1. Sebagai penahan/pelindung dari panas matahari2. Sebagai penahan/pelindung dari air hujan3. Sebagai penahan/pelindung dari hembusan anginSelain itu, fungsi atap pada saat ini juga sudah berkembang tidak hanyauntuk kebutuhan pokok, namun sudah mengarah pada keindahan dan kebutuhanlain. Dalam pembuatan atap sendiri diperlukan bahan-bahan yang syaratnya harusdapat bertahan lama untuk menghindari panas, hujan, dan angin. Kalaupun rusak,mudah digantinya. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat atap antaralain:1. Bahan alam/organikSeperti daun yang dianyam, ranting, kayu, dan batu alam2. Bahan buatanSeperti genteng tanah liat, genteng keramik, dan beton3. Bahan buatan dari pabrikSeperti seng, asbes, plastik, tegola, baja/steel, aluminium dan lain-lainDengan berbagai macam bahan tersebut, atap dapat dibuat dalam berbagaimacam bentuk. Bentuk-bentuk atap ini dapat dipengaruhi/mempengaruhikemiringannya. Kemiringan dapat memberikan kemudahan untukmengalirkan air hujan yang jatuh di atap. Secara garis besar, kemiringan atap dapat dibagi dalam:1. Datar dengan kemiringan <10
o
 2. Landai dengan kemiringan antara 10 sampai 30
0
 3. Miring dengan kemiringan lebih dari 30
0
 Dengan kemajuan teknologi dan adanya tuntutan kebutuhan, terdapatberbagai macam bentuk/jenis atap yang dapat ditemui pada saat ini. Selain itu,karena atap berfungsi sebagai pelindung rumah maka tidak dapat dipungkiri bahwaterdapat beberapa masalah mengenai konstruksi atap ini. Maka dari itu, makalahsingkat ini akan menjelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan atapbangunan, jenis/bentuk atap, dan permasalahan pada atap beserta solusinya.
 
 
PENGERTIAN ATAP
  Atap adalah bagian dari suatu bangunan yang terletak di bagian paling atassuatu bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada dibawahnya terhadap pengaruh panas, debu, hujan, angin atau untuk keperluanperlindungan.Bentuk atap berpengaruh terhadap keindahan suatu bangunan dan pemilihantipe atap hendaknya disesuaikan dengan iklim setempat, tampak yang dikehendakioleh arsitek, biaya yang tersedia, dan material yang mudah didapat.Syarat-syarat konstruksi atap:
y
Konstruksi atap harus kuat menahan berat sendiri dan tahan terhadapbeban-beban yang bekerja padanya
y
Pemilihan bentuk atap yang sesuai sehingga menambah keindahan ssertakenyamanan bagi penghuninya
y
Bahan penutup atap haru sesuai dengan fungsi bangunan tersebut, dantahan terhadap pengaruh cuaca
y
Sesuai dengan ciri khas arsitektur tradisional bangunan sekitar 
y
Kemiringan atau sudut atap harus sesuai dengan jenis bahan penutupnya.Makin rapat jenis bahan penutupnya, maka kemiringannya dapat dibuat lebihlandai, seperti bahan dari seng, kaca, asbes dan lain-lainnya. Atap rumah mungkin menjadi elemen yang paling membedakan rumah yangsatu dengan rumah di sekelilingnya. Dengan kata lain atap memberi pengaruh besar pada tampilan atau gaya rumah. Karena atap rumah dibuat untuk memenuhi fungsitertentu, sebaiknya terlebih dahulu mengenal model atap yang umum dikenal,bagaimana bentuknya, detailnya dan designnya.Tiga komponen penyusun atap:1. Struktur atap (rangka atap dan penopang rangka atap),2. Penutup atap (genteng,polikarbonat);3. Pelengkap atap (talang horizontal/vertikal dan lisplang)
A. Struktur atap.
Pengertian struktur atap adalah bagian bangunan yang menahan /mengalirkanbeban-beban dari atap. Struktur atap terbagi menjadi rangka atap dan penopangrangka atap. Rangka atap berfungsi menahan beban dari bahan penutup atapsehingga umumnya berupa susunan balok ±balok (dari kayu/bambu/baja) secaravertikal dan horizontal ±kecuali pada struktur atap dak beton. Berdasarkan posisiinilah maka muncul istilah gording,kasau dan reng. Susunan rangka atap dapatmenghasilkan lekukan pada atap (jurai dalam/luar) dan menciptakan bentuk ataptertentu.
 
 
Penopang rangka atap adalah balok kayu yang disusun membentuk segitiga,disebutdengan istilah kuda-kuda. Kuda-kuda berada dibawah rangka atap,fungsinya untukmenyangga rangka atap. Sebagai pengaku,bagian atas kuda-kuda disangkutkanpada balok bubungan,sementara kedua kakinya dihubungkan dengan kolom struktur untuk mengalirakan beban ke tanah.Rangka atap baja ringan yang terbuat dari baja ringan (truss) menjadi solusi bagirangka atap rumah biasa yang masih menggunakan kayu sebagai bahan dasar,karena adanya pengaruh dari cuaca dan rayap. Rangka atap baja ringan menjadisolusi untuk itu.Gambar rangka-rangka atap diatas memperlihatkan konstruksi rangka atap denganmenggunakan baja ringan yang disusun sedemikian kokoh untuk dapat menopangbeban di atasnya. Saat ini sudah banyak rangka atap untuk rumah-rumah, gudang,perkantoran, ruko dan bangunan lain yang mulai menggunakan rangka atap bajaringan.Rangka atap baja ringan ini telah banyak digunakan karena lebih effisien, sehinggabiaya perawatan lebih murah, serta memiliki keunggulan lain dengan menggunakanbaja ringan untuk atap rumah anda yaitu tahan lama dengan bahan baja ringantersebut.Rangka atap baja ringan dipasang dengan sistem konstruksi baja ringan yang stabildan kokoh dengan keunggulan baja ringan yang tahan terhadap segala cuaca, tidakberkarat, anti rayap, kuat untuk puluhan tahun, atap rumah akan semakin kokohdengan menggunakan rangka atap baja ringan dan memiliki kelebihan-kelebihanlainnya. Atap Baja Ringan (Truss) menawarkan alternatif konstruksi atap rumah denganmenggunakan bahan baku baja lapis Zincalume (55% Alumunium, 43.5% Zinc dan1.5% Silikon) atau baja Galvanis yang telah dibentuk menjadi profil-profil batangandengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan.Keunggulan menggunakan Rangka Atap Baja Ringan:
y
 
Lebih mengutamakan struktur dengan sistem plat Buhul di setiap tumpuansendi (seperti jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Lian D Nugroho liked this
Indri Aprilia liked this
David Lumy liked this
Umi Umirah liked this
Indra Harfani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->