Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
wakaf

wakaf

Ratings: (0)|Views: 454 |Likes:
Published by Gilang S Jatnika

More info:

Published by: Gilang S Jatnika on May 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2012

pdf

text

original

 
One Stop Wakaf ServiceFriday, 22 October 2010 09:52
Oleh : Veldy V. Armita
 "Kami serahkan tanah ini untuk dikelola Tabung Wakaf Indonesia dengan pengelolaan untuk kemaslahatan ummat dan jika untuk kepentingan tersebut tanah ini perlu dijual dan akan lebihmanfaat, kami persilakan," sepenggal ikrar dan pesan dari wakif (orang yang berwakaf),menggetarkan hati kami sebagai nadzhir (pengelola wakaf).Instrumen ekonomi ummat berupa wakaf sedikit demi sedikit mulai digemari oleh masyarakatluas. Masyarakat semakin sadar bahwa perlunya donasi reusable, donasi yang secara otomatismanfaatnya akan berulang, untuk ketahanan dan kebangkitan ekonomi ummat di dunia sekaligusmendapatkan pahala abadi di akhirat kelak.Saat ini Tabung Wakaf Indonesia menerima dan mengelola berbagai jenis wakaf, antara lain :1.
 
Wakaf tunai, berupa uang yang akan diasetkan dalam usaha produktif 2.
 
Wakaf natura, berupa barang bergerak (laptop, mobil, motor, dll) maupun tidak bergerak (tanah, bangunan). Wakaf natura ini akan dikelola untuk diproduktifkan.3.
 
Wakaf surat berharga, berupa wakaf uang (uang sebagai aset yang akan diinvestasikan),wakaf saham, dan wakaf obligasi.Kategorisasi ini kami buat untuk memudahkan para wakif menunaikan wakafnya. Harta apapundapat diwakafkan, dan wakif tinggal memberikan arahan kemana manfaat wakafnyadiperuntukkan, apakah untuk pendidikan, kesehatan, atau pemberdayaan sosial dan ekonomi.Saat ini dari pengelolaan 3 jenis wakaf di atas Tabung Wakaf Indonesia menginisiasi beberapa program :A.
 
WAKAF NATURA KOMBINASI DENGAN WAKAF TUNAI1.
 
Depok Waqf Junction (DWJ)Merupakan bangunan wakaf dengan 2 lantai. Lantai 1 terdiri dari 3 toko yangdisewakan dan lantai 2 dipergunakan untuk program perpustakaan dan rumah baca (Rumah Cahaya). Hasil penyewaan toko dari lantai 1 menjadi masukkanuntuk pembiayaan kegiatan Rumah Cahaya.2.
 
Countrywood Waqf Junction (CWJ)Terletak di kawasan Ciputat, area ini masih dalam proses studi kelayakan untuk dikembangkan secara produktif. Salah satu alternatif yang sedang dikaji adalahmendirikan lapangan futsal dan pusat jajanan. Manfaat sewa dari aset produktif ini akan disalurkan untuk pembiayaan operasional SMART Ekselensia Indonesia,sekolah gratis yang dikelola Lembaga Pengembangan Insani-Dompet DhuafaRepublika.3.
 
Zamrud Waqf Foodcourt (ZAWAF), terletak di Bekasi, kawasan ini telahdibangun area foodcourt yang disewakan kepada para pedagang kecil. Manfaatsewa dari aset produktif ini disalurkan melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma(LKC), layanan kesehatan gratis yang dikelola oleh Dompet Dhufa Republika.
 
4
.
 
Waqf Town House (WTH), masih dalam proses analisis, direncanakan dibangundi area Sawangan, Depok. Program ini masih membutuhkan dukungan dalammerealisasikannya5.
 
Kebayoran Waqf Area (KWA), masih dalam proses analisis, sebidang tanah disekitar Jl. Kelapa Gading, Kelurahan Gandaria Selatan, dekat dengan jalan RadioDalam. Program ini masih membutuhkan dukungan dalam merealisasikannya.6.
 
Wakaf Wardah dan Jannah (WWJ), gedung wakaf di Islamic Village, Karawaci,disewakan untuk Institut Kemandirian, sebuah program pelatihan ketrampilan danwirausaha. Sebagian area gedung juga disewakan untuk kegiatan rapat , pelatihan,dan seminar.7.
 
Wakaf perkebunan karet di Lahat, Sumatera Selatan dan Wakaf perkebunancoklat di Banggai, Sulawesi Tengah. Surplus dari wakaf ini diserahkan kepadanadzhir lokal untuk disalurkan manfaatnya kepada masyarakat setempat.8.
 
Beberapa ruko yang sudah disewakan dan tanah yang masih dalam prosesanalisis.B.
 
WAKAF SURAT BERHARGA1.
 
Wakaf Saham, saat ini TWI mengelola beberapa portofolio saham perusahaan besar/Multi National Company.2.
 
Tabung Wakaf Fund (TWF) dan Tabung Wakaf Ritel (TWR). TWI bekerja samamengelola wakaf uang dengan dengan BMT Ventura, sebuah usaha ventura yangmemiliki akses kepada ratusan Baitul Maal Wa Tamwil seluruh Indonesia. Wakif dapat berwakaf uang dengan nominal berapa pun melalui seluruh BMT yangmenjadi anggota BMT Center, untuk kemudian dikelola sebagai investasi melaluiBMT-BMT dengan pengelolaan oleh BMT Ventura.C.
 
LAIN-LAIN (WAKAF NATURA DAN WAKAF TUNAI UNTUK PROGRAMSOSIAL)1.
 
SMART Ekselensia Indonesia di Parung, Jawa Barat. Bekerja sama denganDompet Dhuafa Republika mendirikan sekolah gratis bagi siswa dari keluargadhuafa dari seluruh Indonesia.2.
 
Layanan Kesehatan Cuma-Cuma di Ciputat. Bekerja sama dengan DompetDhuafa Republika mendirikan klinik layanan kesehatan gratis bagi masyarakat tak mampu.3.
 
Wisma Mualaf di Bintaro. Sebuah tempat persinggahan bagi para mualaf untuk mendapatkan penguatan nilai agama dan mental sebelum akhirnya bersosialisasidi masyarakat luas.
4
.
 
Rumah Sehat Terpadu (RST) di Zona Madina, Parung. Bekerja sama denganDompet Dhuafa Republika mendirikan sebuah layanan kesehatan komprehensif  bagi masyarakat tak mampu, saat ini masih dalam proses pembangunan dan masihsangat membutuhkan dukungan dari masyarakat luas/para wakif.5.
 
Beberapa masjid yang dibangun dan direnovasi.Semoga dengan keragaman pilihan pengelolaan wakaf ini aset-aset wakaf yang terhimpunmenjadi semakin produktif hingga mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk ummat.Last Updated on Tuesday, 16 November 2010 02:
4
5
 
W
akaf Uang, Saham dan Manfaat
Diposting oleh :
Administrator
 Kategori:
W
akaf Tunai Spektakuler
- Dibaca:
228
kaliWakaf secara bahasa, adalah al-habs (menahan). Kata al-waqf adalah bentuk masdar dariungkapan waqfu al-syai¶i, yang berarti menahan sesuatu. Terdapat perbedaan pendapat tentang pengertian wakaf. Wakaf menurut para Fuqaha, yaitu : Menurut Hanafiyyah; Menahan bendayang statusnya tetap milik si wakif dan yang disedekahkan adalah manfaatnya saja. Malikiyyah ;Menjadikan manfaat benda yang dimiliki, baik yang berupa sewa atau hasilnya untuk diserahkankepada orang yang berhak dengan bentuk penyerahan berjangka waktu sesuai dengan apa yangdikehendaki oleh yang mewakafkan. Syafi¶iyyah: Menahan harta yang dapat diambil manfaatnyadengan menjaga utuhnya barang. Hanabilah : Menahan kebebasan pemilik harta dalammembelanjakan hartanya yang bermanfaat dengan tetap utuhnya harta itu sedangkan manfaatnyadimanfaatkan pada suatu kebaikan untuk mendekatkan diri kepada Allah.Disamping definisi diatas terdapat pula perbedaan terhadap mauquf bih, antara benda bergerak dan benda tidak bergerak sebagai mauquf bih, yang mana dalam hal ini Hanafiyyah tidak memperbolehkan mewakafkan benda bergerak karena mauquf bih yang tidak bergerak dipastikanµain-nya memiliki sifat kekal dan memungkinkan dapat dimanfaatkan terus menerus, namunMadzhab Hanafi memberikan pengecualian pada benda yang bergerak dengan syarat bahwa benda bergerak itu mengikuti benda tidak bergerak dan ini ada dua macam; barang tersebutmempunyai hubungan dengan sifat diam di tempat dan tetap, dan yang kedua benda bergerak yang digunakan untuk membantu benda tidak bergerak. Sedangkan menurut Ulama Syafiiyyah bahwa benda yang diwakafkan haruslah barang yang kekal manfaatnya, baik berupa barang tak  bergerak, barang bergerak maupun barang kongsi.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nurcah liked this
Nizham Shop liked this
Ali Mudhofir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->