Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
60Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
organisasi pendidikan

organisasi pendidikan

Ratings: (0)|Views: 3,802 |Likes:
Published by Adji Kawilarang

More info:

Published by: Adji Kawilarang on May 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

 
1
RESUMEMANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN
BAB IFILSAFAT ADMINSTRASI PENDIDIKAN
Kajian filsafatdan teori administrasi penddikan merupakan bagian yangmemberikan arah dan pandangan bagaimana seseorang administrator pendidikanmenjalankan tugasnya dengan didasari oleh nilai-nilai kebenaran baik pada tataran praktismaupun teoritis.
a.
 
Filsafat Pendidikan
Filsafat pendidikan dalam arti luas dapat dibedakan dengan dua jenis , yaitu:1.
 
Filsafat praktis pendidikan2.
 
Filsafat ilmu pendidikan, filsafat praktik pendidikan adalah analisis kritik dankomperehensip tentang bagaimana seharusnya pendidikan diselenggarakandan dilaksanakaan dalam kehidupan manusia.
b.
 
Filsafat Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan merupakan ilmu yang membahas tentang pendidikandari sudut pandang kerjasama dalam proses mencapai tujuan pendidikandilakukan dengan melibatkan semua aspek yang dipandang perlu dan positif dalam usaha mencapai kenerhasilan, baik berupa benda ataupin material-materialseperti uangf dan faselitas.
c.
 
Kepala sekolah sebagai administrator pendidikan
Keberhasilan pelaksanaan MBS memerlukan sosok kepala sekolah yang memilikikemampuan manajerial dan integrasi professional yang tinggi serta demokratisdalam proses pengambilan keputusan disekolah. Untuk mengembangkanketerampilan kepala seklah ini perlu diawali terlebih dahilu diadakan studi untuk mengidentifikasi kemampuan-kemampuan yang sesungguhnya perlu dimiliki olehkepala sekolah dalam rangka impelementasi MBS ini.
 
2
BAB IIORGANISASI PENDIDIKANA. Pendahuluan
Keberadaan manusia tidak luput dari keanggotaan suatu organisasi. Organisasimerupakan sebuah wadah dimana orang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuanbersama. Pemahaman organisasi ini menunjukan bahwa dimana pun dan kapanpunmanusia berada muncul organisasi.
B. Konsep Dasar
Organisasi merupakan bagian yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia. Setiapmanusia hidup dalam sebuah organisasi.
1. Pengertian Organisasi
Organisasi didefinisikan secara beragam oleh beberapa ahli.variasi definisiddasarkan atas sudur pandang dan waktu ahli ketika mendefinisikan. Perkembanganorganisasi darui organisasi sederhana mengarah pada pola organisasin yang komplek yang dicirikan oleh koneksitas organisasi yang tidak terbatas antara unit-unit organisasidengan lingkungannya.Gibsonivancevic, donelly (1996) mendefinisikan organisasi sebagai “ wadah yangmemungkinkan masyarakat untuk meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai olehindividu secara sendiri-sendiri.” Definisi ini lebih menekankan pada upaya peningkatanpencapaian tujuan bersama secara efektif dan efisien melalui kordinasi antar unitorganisasi.Definisi lain mengenai organisasi dikemukakan oleh Oteng Sutisna(1993:205)“organisasi tyakni mekanisme yang mempersatukan kegioatan-kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan.” Definisi ini menekankan mekanuisme kerja dalamorganisasi untuk mencapai tujuan organisasi.
 
3
2. Aspek-Aspek Organisasi
Aspek- aspek organisasi adalah komponen-komponen yang harus ada dalamorganisasi. Keberadaan komponen ini menjadi pilar dari suatu organisasi. Artinya jikasalah satu komponen tidak berfungsi, maka organisasi akan berjalan pincangatau samasekali tidak berjalan. Dalam pandangan system organisasi mengalami
entrophy,
yaitudimana kondisi organisasi dalam keadaan hancur. Dalm organisasi setidaknya memiliki 4komponen utama yaitu misi, misi adalah alas an utama keberadaan organisasi.Tujuan adalah divisi – divisi fungsional organisasi yang menghubungkan denganstakeholder organisasi . objektif adalah hasil sasaran yang spesifik, terukur dan terkaitdengan tujuan. Keberadaan organisasi tidak terlepas dari 4 komponen tersebut. Jikaorganisasi tidak memilioki sasaran yang harus dicapai oleh setiap orang dalam organisasi.
3.Jenis- Jenis Organisasi
 
Perkembangan kajian organisasi diawali dari kajian organisasi sebagai organisasi formal,yaitu organisasi yang didesain untuk mencapai tujuan bersama. Perkembangan ini terusbberlangsung dan berbagi studi keorganisasian terus dilakukan.a.
 
Organisasi FormalOrganisasi formal adalah organisasi yang dicirikan oleh struktur organisasi. Keadaanstruktur organisasi adalah yang membedakan organisasi formal dan informal.b.
 
Organisasi Informalinteraksi antara organisasi formal pasti akan menghasilkan sebuah hubungan yangtidak saja hubungab structural, terlebih pada organisasi persekolahan, dimanakekeluargaan menjadi salah satu landasan prilakunya.keberadaan organisasi informaldapat dilihat dari 3 karakteristik, yaitu norma prilaku, tekanan untuk menyesuiakandiri, dan kepemimpinan informal.Norma prilaku adalah standar prilaku yang diharapkan menjadi prilaku bersama yangditetapkan oleh kelompokdalam kesepakatan social , sehingga sangsinya pun sangsisocial. Tekanan untuk menyesuaikan diri akan muncul apabila seseorang akan bergabungdengan suatu kelompok informal. Menggabungkan diri dengan suatu kelompok tidak sekedar menggabungkan diri secara fisik dalam kumpulan, tetapi melibatkan sosio-emosional individu-individu dalam organisasi informal tersebut.

Activity (60)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Abdul Lazim liked this
Deta Alita liked this
Nike Naluri liked this
Sundari Soeroso liked this
Maulana Hidayat liked this
Sunarno Arnot liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->