Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengolahan Limbah Cair

Pengolahan Limbah Cair

Ratings: (0)|Views: 665 |Likes:
Published by Niki Syerlia

More info:

Published by: Niki Syerlia on May 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

 
Pengolahan Limbah Cair
Diterbitkan pada 11 Januari 2009 oleh aimyayaPersoalan limbah cair adalah limbah yang paling sering kita temui dibandingkan limbah padatataupun limbah gas. Bahkan tidak jarang limbah padat justru berubah atau disatukan menjadilimbah cair. Persoalan terbanyak dari limbah cair adalah limbah yang terkandung di dalam air,atau dengan kata lain air limbah. Air limbah dapat berasal dari berbagai macam sumber, mulaidari air hujan, air buangan rumah tangga, perkantoran sampai industri.Air limbah ini umumnya dibuang melalui saluran / got menuju sungai ataupun laut. Terkadangdalam perjalannya menuju laut, air limbah ini dapat mencemari sumber air bersih yangdipergunakan oleh manusia. Dengan demikian penanganan air limbah perlu mendapat perhatianserius. Selain dapat berbahaya bagi kesehatan manusia, air limbah juga dapat mengganggulingkungan, hewan, ataupun bagi keindahan.Secara umum penanganan air limbah dapat dikelompokkan menjadi :
1. Pengolahan Awal/Pendahuluan (
 Preliminary Treatment 
)
 Tujuan utama dari tahap ini adalah usaha untuk melindungi alat-alat yang ada pada instalasi pengolahan air limbah. Pada tahap ini dilakukan penyaringan, penghancuran atau pemisahan air dari partikel-partikel yang dapat merusak alat-alat pengolahan air limba, seperti pasir, kayu,sampah, plastik dan lain-lain.
2
. Pengolahan Primer (
 Primary Treatment 
)
 Tujuan pengolahan yang dilakukan pada tahap ini adalah menghilangkan partikel-artikel padatorganik dan organik melalui proses fisika, yakni sedimentasi dan flotasi. Sehingga partikel padatakan mengendap (disebut sludge) sedangkan partikel lemak dan minyak akan berada di atas / permukaan (disebut grease).
3
. Pengolahan Sekunder (
 S 
econdary Treatment 
)
 Pada tahap ini air limbah diberi mikroorganisme dengan tujuan untuk menghancurkan ataumenghilangkan material organik yang masih ada pada air limbah. Tiga buah pendekatan yangumum digunakan pada tahap ini adalah fixed film, suspended film dan lagoon system.
4
. Pengolahan Akhir (
inal Treatment 
)
 Fokus dari pengolahan akhir (Final Treatment) adalah menghilangkan organisme penyebab penyakit yang ada pada air. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan khlorin ataupundengan menggunakan sinar ultraviolet.
 
 
5
. Pengolahan Lanjutan (
 A
dvanced Treatment 
)
 Pengolahan lanjutan diperlukan untuk membuat komposisi air limbah sesuai dengan yangdikehendaki. Misalnya untuk menghilangkan kandungan fosfor ataupun amonia dari air limbah.
Penanggulangan Pencemaran oleh Limbah Cair Industri Pengolahan HasilPertanian Tingkat Menengah dan Rendah dengan Teknik Kolam Ganggang
Posted: Desember 12, 2008 by
admin
inilmu 
3 
Suwedo Hadiwiyoto, Supriyadi, dan Endang Sutriswati RahayuFakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah MadaPenanggulangan limbah oleh industri besar tidak menjadi masalah, berbeda halnya denganindustri menengah dan kecil, mengingat sarana dan biaya pengoperasiannya yang tinggi.Penelitian ini bertujuan mencari cara atau metode alternatif penanganan limbah cair denganmemodifikasi teknik kolam ganggang sehingga teknologi dan biaya pengadaan serta pengoperasiannya terjangkau oleh industri menengah ke bawah.Teknik kolam ganggang atau lagoon merupakan cara pengolahan limbah cair denganmenafaatkan pertumbuhan ganggan fotosintesis dengan proses fakultatif anaerob sertamerupakan cara yang paling sederhana dibandingkan cara-cara lainnya. Cara ini sangat cocok untuk negara berkembang. Kebutuhan oksigen hayati (BOD) dan kebutuhan oksigen kimia(KOK) dapat dikurangi sampai 60-80%. Pada dasarnya teknik kolam ganggang terdiri atas banyak kolam yang terbuat dari semen atau logam dengan kapasitas yang besar dan dilengkapidengan berbagai peralatan pengendali, pengatur kondisi untuk menumbuhkan ganggang, penyaring, sedimentasi, denitrifikasi, dan klorinasi. Teknik ini dapat dimodifikasi sehinggamenjadi peralatan yang sederhana dengan biaya relatif murah bagi industri menengah ke bawah.Modifikasi tersebut pernah dikerjakan di India pada tahun 1970-an dengan menggunakan duakolam pengolah untuk mengolah limbah cair di pedesaan. Kolam pertama untuk menumbuhkanganggang dan yang kedua untuk penjernihan. Meskipun demikian masih diperlukan beberapaalat seperti pompa dan bak penyaring.
Proses dan Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga (Sanitasi)
Posted: Februari 25, 2011 by
he
ndrabudianto
inIptek Tag:pengolahan limbah,septictank,stp 
4 3 Votes
 
Indonesia merupakan negara dengan sistem sanitasi ( pengelolaan air limbah domestic ) terburuk ketigadi Asia Tenggara setelah Laos dan Myanmar ( ANTARA News, 2006 ). Menurut data Status LingkunganHidup Indonesia tahun 2002, tidak kurang dari 400.000 m3 / hari limbah rumah tangga dibuang langsungke sungai dan tanah, tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu. 61,5 % dari jumlah tersebut terdapat diPulau Jawa. Pembuangan akhir limbah tinja umumnya dibuang menggunakan beberapa cara antara laindengan menggunakan septic tank, dibuang langsung ke sungai atau danau, dibuang ke tanah , dan ada juga yang dibuang ke kolam atau pantai.Di beberapa daerah pedesaan di Indonesia, masih banyak dijumpai masyarakat yang berada di bawahgaris kemiskinan dengan sanitasi yang sangat minim. Masih sering dijumpai sebagian masyarakat yangmembuang hajatnya di sungai karena tidak mempunyai saluran pembuangan khusus untuk pembuanganair limbah rumah tangga maupun air buangan dari kamar mandi. Bahkan terkadang masih dijumpaimasyarakat yang membuang hajatnya di pekarangan rumahnya masing-masing. Hal ini terjadi selaindisebabkan karena factor ekonomi, faktor kebiasaan yang sulit dirubah dan kualitas pendidikan yangrelative rendah dari masyarakat pun memang sangat berpengaruh besar terhadap pola hidupmasyarakat.Berdasarkan perkiraan WHO/ UNICEF, sekitar 60 persen penduduk di kawasan pedesaan di Indonesiakekurangan akses terhadap sarana sanitasi yang pantas. Kegiatan mandi dan mencuci pakaian di sungaiserta buang air besar di tempat terbuka membuat orang mudah terpapar penyakit, mengontaminasi airtanah dan permukaan, dan menurunkan kualitas tanah dan tempat tinggal. Perempuan dan anak-anakberada dalam risiko.
1. PENGERTIAN SANITASI
 Sanitasi adalah bagian dari system pembuangan air limbah, yang khususnya menyangkut pembuanganair kotor dari rumah tangga, dapat juga dari sisa-sisa proses industry, pertanian, peternakan dan rumahsakit (sector kesehatan).
Sanitasi juga merupakan suatu usaha untuk memberikan fasilitas di dalam rumah yang dapatmenjamin agar rumah selalu bersih dan sehat. Tentunya tang ditunjang penyediaan air bersihyang cukup, dan pembuangan air kotoran yang lancar.
2
. AIR LIMBAH
 Air Limbah adalah air buangan yang dihasilkan dari suatu proses pruduksi industri maupundomestik (rumah tangga), yang terkadang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Dalam konsentrasi dan kuantitastertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negative terhadap lingkungan tertutama kesehatanmanusia sehingga dilakukan penanganan terhadap limbah.Air kotor adalah air bekas pakai yang sudah tidak memenuhi syarat kesehatan lagi dan harusdibuang agar tidak menimbulkan wabah penyakitBeberapa hal yang berkaitan dengan pengertian dan kegiatan yang berhubungan dengan limbahcair menurut PP 82 tahun 2001 yaitu :1. Air adalah semua air yang terdapat diatas dan dibawah permukaan tanah, kecuali air laut dan

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
nazirsiddiq liked this
Okmaninta Dinda liked this
Rahma Rhara liked this
Helmi Zulmar liked this
Fira Rsm liked this
Vivi Ambarwati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->