Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Wewenang Pemda Kabupaten Kota Dalam Pembangunan

Wewenang Pemda Kabupaten Kota Dalam Pembangunan

Ratings: (0)|Views: 257 |Likes:
Published by Chandra Darusman S

More info:

Published by: Chandra Darusman S on May 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2014

pdf

text

original

 
1
KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTADALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBANGUNANMENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2006TENTANG PEMERINTAHAN ACEH
Chandra Darusman S, S.H.
*)
 
A.
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang berbentuk republik. Sebagai wujud negara kepulauan, Indonesia terbagi dalam beberapadaerah provinsi dengan status otonomi yang seluas-luasnya. Hal tersebutditandai dengan ketentuan Pasal 18 UUD 1945 disebutkan bahwa:(1)
 
Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerahprovinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yangtiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahandaerah, yang diatur dengan undang-undang.(2)
 
Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota mengaturdan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dantugas pembantuan.(3)
 
Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota memilikiDewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota-anggotanya dipilihmelalui pemilihan umum.(4)
 
Gubernur, Bupati, and Walikota masing-masing sebagai kepalapemrintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota dipilih secarademokratis.(5)
 
Pemerintahan daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya, kecualiurusan pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagaiurusan Pemerintah Pusat.(6)
 
Pemerintahan daerah berhak menetapkan peraturan daerah danperaturan-peraturan lain untuk melaksanakan otonomi dan tugaspembantuan.(7)
 
Susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah diaturdalam undang-undang.
*)
 Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Hukum Program PascasarjanaUniversitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Sekretaris Umum Lembaga Analisis Qanun, Hukum dan Perundang-undangan (La-QUHP) Aceh
 
1
 
2Pasca amandemen UUD 1945 telah terjadi pergeseran systempemerintahan daerah, dimana pada masa orde baru masih menekankan systemsentralistik berubah menjadi system desentralisasi. Pemberian status otonomikepada pemerintahan daerah ditujukan guna mempermudah daerah dalammelakukan pembangunan disegala bidang.Salah satu daerah propinsi yang mendapatkan status otonomikhusus dalam lingkup negara Indonesia adalah Aceh. Pemberian OtonomiKhusus bagi Provinsi Daerah Istimewa Aceh sebagai Provinsi NanggroeAceh Darussalam melahirkan harapan dan membuka peluang untuk tumbuhnya kreatifitas, diskresi dan kebebasan bagi Pemerintah Provinsi danKabupaten/Kota serta masyarakat Aceh pada umumnya untuk menemukankembali identitas diri dan membangun wilayahnya. Peluang ini telahditanggapi secara positif oleh komponen masyarakat, baik legislatif maupuneksekutif bahkan oleh organisasi sosial kemasyarakatan dan lembagaswadaya masyarakat.Hal tersebut ditandai dengan diberlakukannya UU No. 18 Tahun2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.Dimana sebelumnya telah diberlakukan UU No. 44 Tahun 1999 tentangPenyelenggaraan Keistimewaan Daerah Istimewa Aceh. Sementara itu,payung hukum penyelenggaraan pemerintahan daerah diatur dalam UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.Susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintah daerah diaturdalam undang-undang Perubahan isi pasal 18 UUD 1945 menghendaki
 
3pengaturan yang lebih ketat dari UU No. 22 Tahun 1999, yang dituangkandalam UU No. 32 Tahun 2004 sebagai berikut :a.
 
Prinsip Otonomi Daerah, Pembagian Urusan, dan Hubungan HirarkisSesuai dengan ketentuan pasal 18 ayat (5) perubahan kedua UUD 1945UU No.32 Tahun 2004 menganut asas otonomi luasb.
 
Pemilihan Kepala Daerah, dengan menganut sistem pemilihan lansungmemberi kesempatan luas kepada rakyat untuk memilih sendiri kepaladaerah dan wakilnyac.
 
Pertanggungjawaban Kepala Daerah, UU No, 32 Tahun 2004menggariskan bahwa pemerintah daerah tidak bertanggungjawabkepada DPRD adalah (hubungan kemitraan)d.
 
.Sistem Pengawasan, berdasarkan UU No. 32 Tahun 2004 ketentuantentang pengawasan diseimbangkan dengan pembinaan melaluipengawasan represif yakni pengawasan berupa produk-produk daerahdengan cara dan sampai waktu tertentu. Seperti Perda, kepkeda,khususnya retribusi, pemungutan pajak e.
 
Keuangan Daerah, berdasarkan pasal 79 UU Tahun 1999 digariskanbahwa sumber pendapatan daerah, dana perimbangan, pinjaman daerahdan pendapatan lain yang sah. Sedangkan dana perimbangan terdiridari DAU dan DAKf.
 
Kepegawaian Daerah, UU No. 22 Tahun 1999 menentukan bahwakebijakan kepegawaian dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.Sedangkan manajemen kepegawaian di daerah menyangkut mutasi danpengangkatan dalam jabatan dilaksanakan oleh kepala daerah tanpaada keharusan untuk berkonsultasi dengan gubernur atau pemerintahpusat. Pada pasal 129 UU No. 32 Tahun 2004 menyebutkan bahwapemerintah pusat melaksanakan pembinaan manajemen PNS di daerandalam satu kesetaraan penyelenggaraan manajemen PNS secaranasional. Dan di dalam pasal 130 disebutkan bahwa pengangkatan,pemindahan dan pemberhentian pada jabatan eselon II padapemerintah provinsi ditetapkan oleh gubernur dan eselon II padapemerintah kabupaten dan kota ditetapkan oleh bupati dan walikotasetelah berkonsultasi dengan gubernur.g.
 
Pemberhentian Kepala Daerah.h.
 
KKN di Daerahi.
 
Penyebab KKNPenyempurnaan otonomi khusus dilakukan dengan ditetapkan UUNo. 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, sebagai pengganti UU No.18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Nanggroe Aceh

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yanti Situngkir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->