Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Resume Buku Al-Islam II

Tugas Resume Buku Al-Islam II

Ratings: (0)|Views: 682|Likes:
Published by Zeffa Aprilasani

More info:

Published by: Zeffa Aprilasani on May 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
Tugas Resume BukuMata Kuliah Al-Islam 2
Judul Buku : Menjadi Kekasih Allah (Rahasia Amalan Sufi)Pengarang: Habibur Rahman an-NuhiDisusun Oleh: Zeffa AprilasaniJurusan: Teknik KimiaSemester: 2NIM: 2008430039Universitas Muhammadiyah JakartaCempaka Putih, Jakarta Pusat2009
 
I. PembukaanI.1. Kata Pengantar
Dengan semakin menjamurnya modernisasi, semakin mudah pula kehidupanumat manusia. Sehingga terkadang manusia terbuai dengan kenikmatan dunia yang bersifat fana dan sementara. Untuk itulah, ketika saya mendapat kesempatan untuk meresume buku religi, saya memilih buku yang berjudul ‘Menjadi Kekasih Allah’ ini,mudah-mudahan resume ini bermanfaat bagi yang membaca maupun bagi saya sendiriagar senantiasa kita mengingat Allah SWT.Dalam buku ini dijelaskan secara ringkas dan lugas tentang langkah yang harusdilakukan seorang muslim yang mendambakan cinta Allah. Dan bahwa sebenarnyasangatlah mudah untuk meraih rahmat, ampunan dan kemurahan dari Allah jika kitamau berusaha. Semua itu tidak membutuhkan biaya yang mahal, modalnya hanyatawakal, iman, dan taqwa.
II. Isi
Setiap muslim pastilah bercita-cita untuk mendapatkan cinta Allah SWT. Sebab bila kita menjadi kekasih-Nys, seluruh kebaikan duniawi dan ukhrawi bisa kita gapaidengan mudah. Persoalannya adalah bagaimana agar cita-cita itu bisa kita gapai danmenjadi kenyataan?Ada dua hal yang menyebabkab Allah mencintai kita. Pertama adalah konsistensikita dalam melaksanakan ibadah-ibadah fardlu seperti salat lima waktu, shaumramadhan, zakat dan haji kalau sudah mampu. Kedua, melaksanakan amalan-amalansunah, seperti salat tahajud, rawatib, dluha, puasa senin-kamis,dll. Ibadah ini akanmenjadi pupuk bagi hati kita agar sentiasa hidup dalam ketenraman dan kebaikan.Lantas langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk menjadi kekasih-Nya?
II.1. Membangkitkan Diri dengan Qiyamul Lail
Qiyamul Lail atau yang biasa disebut dengan salat tahajud atau salat malamadalah salah satu ibadah yang paling agung dan mulia yang disyari’atkan oleh AllahSWT sebagai ibadah sunah. Bila seorang hamba mengamalkannya dengan penuhkesungguhan, maka ia akan memiliki banyak keutamaan. Berat memang bangun di
 
malam hari untuk melakukan ibadah ini, namun andai saja kita mengetahui keindahandan keutamaannya kita pasti akan berlomba untuk melaksanakannya.Rasulullah SAW bersabda :“Salat yang paling utama sesudah salat fardlu adalah Qiyamul Lail”“Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiapmalam”Dan diriwayatkan pula oleh Tirmidzi sabda rasulullah :“Hendaklah kalian melakukan salat malam, karena salat malam itu adalah kebiasaanorang-orang salih sebelum kalian dan ibadah yang mendekatkan diri pada tuhankalian serta penutup kesalahan dan penghapus dosa”“Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan dan salat malamlahketika orang-orang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat”
II.2. Meraih Kemuliaan dengan Sabar
Sabar adalah pilar kebahagiaan seorang hamba. Dengan kesabaran itu, seoranghamba akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten dalam menjalankan ketaatan, dantabah dalam menjalankan berbagai macam takdir dan cobaan.Hal ini sebagaimana disebutakn dalam firman Allah ta’ala”“Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat…” (QS. Albaqarah 45)“Keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian…” (QS. Ar Ra’d 24)“Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tertinggi (disyurga) dengan sebab kesabaran mereka (QS. Al-Furqaan 75)
II.3. Meraih Cinta dengan Shalat Subuh Berjamaah
Dibalik pelaksanaan salat wajib dua rakaat yang dilakukan pada ambang fajar,ternyata tersimpan sebuah ujian Allah SWT kepada hambanya yang nyata untuk membedakan seseorang yang benar-benar beriman atau munafik.Di riwayatkan oleh Muslim :“Barang siapa yang salat isya berjamaah, maka seakan ia telah shalat setengah malam,dan barang siapa shalat subuh berjamaah, maka sekan ia telah menyelesaikan shalatsatu malam penuh”“Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya”

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->