Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nukleus Rev

Nukleus Rev

Ratings: (0)|Views: 64 |Likes:
Published by Adnan Gassing
BAB XIII

Adnan (UNM, 2011) A. PENDAHULUAN

NUKLEUS

Nukleus mengandung sebagian besar gen yang mengontrol sel eukariot (Sebagian gen terletak di dalam mitokondria dan kloroplas). Nukleus merupakan organel yang paling mencolok dalam sel eukariotik. Rata-rata berdiameter 5 um. Selubung nukleus melingkupi nukleus yang memisahkan isinya dari sitoplasma. Di dalam nukleus atau inti, DNA diorganisasikan bersama dengan protein menjadi materi yang disebut kromatin. Pada siklus sel dikenal ada dua fase y
BAB XIII

Adnan (UNM, 2011) A. PENDAHULUAN

NUKLEUS

Nukleus mengandung sebagian besar gen yang mengontrol sel eukariot (Sebagian gen terletak di dalam mitokondria dan kloroplas). Nukleus merupakan organel yang paling mencolok dalam sel eukariotik. Rata-rata berdiameter 5 um. Selubung nukleus melingkupi nukleus yang memisahkan isinya dari sitoplasma. Di dalam nukleus atau inti, DNA diorganisasikan bersama dengan protein menjadi materi yang disebut kromatin. Pada siklus sel dikenal ada dua fase y

More info:

Published by: Adnan Gassing on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2013

pdf

text

original

 

209
BAB XIII
NUKLEUS
Adnan (UNM, 2011)A.
 
P
ENDAHULUAN
 
Nukleus mengandung sebagian besar gen yang mengontrolsel eukariot (Sebagian gen terletak di dalam mitokondria dankloroplas). Nukleus merupakan organel yang paling mencolokdalam sel eukariotik. Rata-rata berdiameter 5 um. Selubungnukleus melingkupi nukleus yang memisahkan isinya darisitoplasma.Di dalam nukleus atau inti, DNA diorganisasikan bersamadengan protein menjadi materi yang disebut kromatin.
 
Padasiklus sel dikenal ada dua fase yaitu fase interfase dan fasemitosis. Selama mitosis kromosom-koromosom pada inti seleukariota berkondensasi sehingga tampak dengan sangat jelasbila dilihat dengan mikroskop cahaya, sedangkan selamainterfase kromatin tidak tampak secara jelas. Selama interfasepada inti, dikenal ada dua tipe kromatin yaitu eukromatin danheterokromatin. Eukromatin adalah kromatin yang memanjangatau kromatin yang tersebar, sedangkan heterokromatin adalahkromatin terkondensasi yang biasanya terdapat di dekat salutinti, menyebar di dalam inti atau mengelilingi nukleus.
Gambar-13.1
Struktur Umum Inti (Sheeler dan Bianchii, 1983)
 


210
Kromatin terkondensasi dapat dibedakan atas beberapa jenis yaitu (i) Kromatin perinukleus, yaitu kromosom yangterdapat disekeliling nukleus (ii) kromatin intranukleus, yaitukromosom terkondensasi yang terdapat di dalam nukleus dan(iii) kromatin nukleus yaitu gabungan antara kromatinperinuleus dengan intra nukleus.Heterokromatin juga dapat dibedakan menjadi dua tipe yaituheterokromatin konstitutif dan heterokromatin fakultatif. Hetero-kromatin konstitutif yaitu heterokromatin dimana DNAnya tidakaktif, dan tetap dalam keadaan terkondensasi, sedangkanheterokromatin fakultatif adalah heterokromatin yang tidaklmengalami kondensasi secara terus menerus, melainkansecara periodik dan selama waktu-waktu tertentu aktifmelakukan transkripsi.Selubung nukleus merupakan membran ganda. Keduamembran ini masing-masing merupakan bilayer lipid denganprotein yang terkait, dipisahkan oleh ruangan sekitar 20-40 nm.Pada selubung inti terdapat beberapa pori.
B.
 
S
ELUBUNG
I
NTI
 
Selubung inti terdiri atas membran ganda yaitu membrandalam dan membran luar. Membran luar kadang-kadangbersinambungan dengan membran retikulum endoplasma. Diantara kedua membran terdapat ruang yang disebut ruangperinukleus. Pada daerah-daerah tertentu membran, membranluar dan membran dalam bersatu membentuk pori. Pori-pori inibersama-sama dengan protein tertentu membentuk komplekspori. Kompleks pori melapisi setiap pori dan mengatur keluarmasuknya makromolekul dan partikel besar tertentu. Kecualidi pori, sisi dalam selubung ini dilapisi oleh lamina nukleus.Susunannya mirip jaring yang terdiri atas filamen protein yangmempertahankan bentuk inti. Selain itu terdapat matriks inti,yaitu suatu kerangkan serat yang membentang di seluruhbagian dalam nukleus.
 

211
Gambar-13.2
Ultrastruktur inti (Sheeler dan Bianchii, 1983)
B.1. Penampang Melintang Selubung Inti
Membran luar selubung inti meruakan struktur yangdinamis, dimana pada tempat-tempat tertentu berfusi denganretikulum endoplasma. Pada membran luar selubung inti jugadapat dijumpai partikel-partikel ribosom. Membran luar danmembran dalam mempunyai perlekatan dengan bagian dalamsel. Pada sel-sel tertentu terdapat filamen-filamen dengan tebal10nm yang memanjang dari permukaan sebelah luar selubunginti ke dalam sitosol, kadang-kadang ujungnya berhubungandengan organel-organel lain atau membran plasma.Permukaan dalam selubung inti juga dilapisi dengan filamen-filamen dan struktur serabut. Beberapa filamen dan serabutdapat memanjang hingga ke bagian dalam inti, dan yang laindapat melekat ke bahan kromatin. Dengan demikian nukleusbukan merupakan elemen yang mengapung bebas di dalamsel, melainkan posisinya ditahan oleh filamen-filamen yangmemanjang dari permukaannya ke seluruh bagian dalam sel.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->