Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lampiran_Permen_35_2010

Lampiran_Permen_35_2010

Ratings: (0)|Views: 1,486|Likes:
Published by Nuni Nurhayati

More info:

Published by: Nuni Nurhayati on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/30/2012

pdf

text

original

 
1
SALINANLAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONALNOMOR 35 TAHUN 2010 TANGGAL 1 DESEMBER 2010
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL GURUDAN ANGKA KREDITNYAI. PENDAHULUANA. UMUM
1. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 1994 tentangJabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil dan Keputusan Presiden Nomor 87 Tahun 1999 tentang Rumpun Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipilantara lain dinyatakan bahwa untuk meningkatkan profesionalisme danpembinaan karir Pegawai Negeri Sipil perlu ditetapkan aturan tentangJabatan Fungsional Pegawai Negeri.2. Sebagai petunjuk pelaksanaan aturan tersebut telah ditetapkan PeraturanMenteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiNomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan AngkaKreditnya dan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan KepalaBadan Kepegawaian Negara, Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru danAngka Kreditnya.3. Petunjuk teknis ini mengatur hal-hal yang berkenaan denganpengangkatan, penugasan dan pengaturan tugas guru, penilaian danpenetapan angka kredit, kenaikan pangkat dan jabatan, pembebasansementara, serta pengangkatan kembali dan pemberhentian dari jabatanfungsional guru.
B. TUJUAN
Petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya inidimaksudkan untuk menjadi pedoman bagi guru, pengelola pendidikan, timpenilai, dan pihak lain yang berkepentingan dalam melaksanakan jabatanfungsional guru dan angka kreditnya.
 
2
C. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angkakreditnya meliputi tugas utama guru, pembagian tugas guru, pengangkatan,penilaian dan penetapan angka kredit, kenaikan pangkat/jabatan, pembebasansementara, pengangkatan kembali, dan pemberhentian dari jabatan gurusesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan FungsionalGuru dan Angka Kreditnya dan Peraturan Bersama Menteri PendidikanNasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara, Nomor 14 Tahun 2010 danNomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Gurudan Angka Kreditnya.Petunjuk Teknis ini diberlakukan secara khusus untuk guru pegawai negeri sipilyang berkedudukan sebagai tenaga fungsional pada jenjang pendidikan dasar,pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikanformal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
D. PENGERTIAN
Dalam Keputusan ini yang dimaksud dengan:1. Jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruanglingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatanmendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, danmengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikanformal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai denganperaturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.2. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi pesertadidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikandasar, dan pendidikan menengah.3. Guru dengan tugas tambahan adalah guru yang ditugaskan sebagai kepalasekolah/madrasah, wakil kepala sekolah/madrasah, kepala perpustakaansekolah/madrasah, kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah, atauketua program keahlian/program studi.4. Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan guru dalam menyusun rencanapembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai danmengevaluasi hasil pembelajaran, menyusun dan melaksanakan programperbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik.
 
3
5. Kegiatan bimbingan adalah kegiatan guru dalam menyusun rencanabimbingan, melaksanakan bimbingan, mengevaluasi proses dan hasilbimbingan, serta melakukan perbaikan tindak lanjut bimbingan denganmemanfaatkan hasil evaluasi.6. Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangankompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap,berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalismenya.7. Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru adalah tim yang dibentuk danditetapkan oleh pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit danbertugas menilai prestasi kerja guru.8. Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasinilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang guru dalamrangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya.9. Penilaian kinerja guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utamaguru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya.10. Daerah khusus adalah daerah yang terpencil atau terbelakang, daerahdengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, daerah perbatasan dengannegara lain, daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial, ataudaerah yang berada dalam keadaan darurat lain.11. Program induksi adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja,pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalamproses pembelajaran/pembimbingan bagi guru pemula pada sekolah/madrasah di tempat tugasnya.12. Penjaminan mutu pendidikan adalah kegiatan sistemik dan terpadu olehsatuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau programpendidikan, pemerintah daerah, pemerintah, dan masyarakat untukmenaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan.13. Sistem paket adalah penilaian secara utuh terhadap perencanaan danpelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, analisis hasil penilaiandan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian, tugas tambahan, atau tugaslain tertentu yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.14. Diklat fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan ataupelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yangbersangkutan dalam kurun waktu tertentu.15. Kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatanpertemuan ilmiah atau mengikuti kegiatan bersama yang dilakukan gurubaik di sekolah maupun di luar sekolah (seperti KKG/MGMP) dan bertujuanuntuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan.16. Orientasi dan mobilitas adalah mata pelajaran pada SLB/SDLB bagiantunanetra yaitu suatu proses pemanfaatan/penggunaan indera yang masihberfungsi untuk menentukan posisi dari suatu hubungan dengan sekitarnya

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Agustin Subroto liked this
Amris Siahaan liked this
Rahmatsaleh64 liked this
Retno Hpl Ajjah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->