Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ruang Lingkup Perkembangan Hewan (adnan, UNM)

Ruang Lingkup Perkembangan Hewan (adnan, UNM)

Ratings: (0)|Views: 794 |Likes:
Published by Adnan Gassing

More info:

Published by: Adnan Gassing on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
1
RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN HEWAN
AdnanJurusan Biologi FMIPA UNM, 2007
Reproduksi adalah pembentukan organisme baru dari individu yangtelah ada. Reproduksi bertujuan untuk mempertahankan suatu speciessecara keseluruhan. Jadi proses reproduksi tidak diperlukan untukkelansungan hidup tiap organisme seperti bernapas, makan, eksresi danpencernaan, namun tanpa reproduksi species akan punah. Reproduksi dapatdipandang dari berbagai tingkatan. Pada tingkatan molekuler reproduksimenyangkut kemampuan khas asam nukleat untuk menggan-dakan diri.Pada tingkat seluler, reproduksi menyangkut kemampuan sel untukmenggandakan diri, dan pada tingkat organisme reproduksi menyangkutkemampuan individu untuk menghasilkan keturunan. Reproduksi padahewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu reproduksi secara aseksual danreproduksi secara seksual.
A. Pengertian dan Ruang Lingkup Embriologi
Repdroduksi pada hewan multiseluler dan manusia dapat dipandangpada dua aspek, yaitu aspek pertama berkenaan dengan asal usul danpembentukan gamet hingga terbentuknya zygote, dan aspek keduaberkenaan dengan perkembangan zygote hingga membentuk satu organismeyang definitif. Aspek yang kedua ini biasa dinamakan embriologi.
 
2
Gambar 1. Tahap-tahap reproduksi pada manusia (Lara, 2007)http://protist.biology.washington.edu/Biol200/handouts/PowerPoints/Stevesppt/lecture1.ppt. developmental overview. Lecture 1. 5/3/07Embriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembanganorganisme mulai dari zygote hingga lahir atau menetas. Sedangkanembriologi perkembangan mempelajari perkembangan organisme mulai darizygote hingga lahir, dan perkembangan organisme pasca lahir atau pascatetas seperti metamorfosis pada serangga atau regenerasi pada bintang laut.Jadi ruang lingkup embriologi perkembangan lebih luas dibandingkan denganembriologi. Menurut Majumdar, (1985) ada empat alasan mengapaembriologi dianggap penting untuk dipelajari. Keempat alasan tersebutadalah:1. Dapat membantu memahami fungsi berbagai organ yang berbedapada suatu organisme.2. Dapat membantu mempelajari proses terjadinya organisme danmencari jawaban secara filosofis bagaimana terbentuknyaorganisme secara berta-hap.3. Banyak jenis penyakit hanya dapat dimengerti sepenuhnya jika kitamemi-liki pengetahuan mengenai perkembangan organ danoraganisme.4. Dapat membantu memahami keterkaitan secara evolusi berbagaikelompok-kelompok hewan yang berbeda.Embriologi merupakan sebuah proses perkembangan pralahir atau pratetas. Perkembangan merupakan suatu proses yang berkenaan denganterjadinya perubahan-perubahan progresif yang berlangsung di dalam sel, jaringan, organ, atau organisme selama rentang hidupnya. Dengan kata lainperkembangan merupakan proses transformasi dari suatu keadaan, susunan,atau fungsi ke keadaan, susunan atau fungsi yang lain yang berlangsungsecara progresif dan relatif permanen., misalnya perkembangan manusia darizygot, perkembangan telur katak menjadi katak dewasa, regenerasi anggotatubuh yang diamputasi pada salamander atau perkembangan larva menjadikupu-kupu (Spratt, 1976).Pada hewan yang berkembangbiak secara seksual, sebelum fertilisasiberlangsung, terlebih dahulu harus dibentuk gamet (sperma dan telur) melaluigametogenesis (spermatogenesis pada jantan dan oogenesis pada betina).Spermatogenesis adalah proses pembentukan sperma yang berlangsung didalam gonad jantan atau testis, tepatnya pada dinding tubulus seminiferus.Spermatogenesis dimulai dengan aktifnya sel-sel spermatogonia bermitosisyang dilanjutkan dengan terjadinya pembelahan reduksi (miosis) hinggamenghasilkan sper-matid. Spermatid kemudian mengalami differensiasihingga dihasilkan spermatozoa melalui proses spermiogenesis.
 
3
Spermatogenesis berlangsung dibawah pengendalian hormon. Diantaratubulus seminiferus terdapat jaringan interstisial yang mengandung sel-selleydig. Sel-sel leydig menghasilkan hormon testosteron dibawah kendalihormon gonadotrophin yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa, yaitu luteinizinghormone (LH). Hormon gonadotrophin yang lain yang berperan di dalamspermatogenesis adalah follicle stimulating hormone (FSH) yangmerangsang sel-sel sertoli untuk menghasilkan androgen binding protein(ABP). ABP dapat mengikat testosteron yang sangat penting dalamspermatogenesis dan pematangan sperma.Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur, berlangsung didalam gonad betina (ovarium). Oogenesis juga dikendalikan oleh berbagai jenis hormon antara lain FSH. FSH merangsang perkem-bangan folikel-folikel telur. Sel-sel folikel menghasilkan hormon esterogen yang pentinguntuk pendewasaan telur. Sel telur yang telah matang pada suatu saat akanbertemu dengan sel sperma. Inti kedua gamet akan berfusi membentuksatu inti diploid dan menghasilkan zigot.Pada perkembang biakan secara seksual, semua organismemultiselluler berkembang dari suatu sel sederhana yang disebut zygot. Zygotselanjutnya mengalami serangkaian pembelahan secara mitosismenghasilkan sejumlah sel yang disebut blastomer. Blastomer-blastomerselanjutnya berkembang menjadi morula dan blastula (lihat gambar 2).Blastula berkembang menjadi gastrula dan pada akhirnya mengalamisejumlah proses untuk membentuk struktur-struktur organ dengan fungsiyang spesifik. Peristiwa ini disebut organogenesis. Beberapa organ salingberinteraksi membentuk sistem organ, dan sistem organ secara bersama-sama membentuk satu individu baru. Individu baru yang terbentuk kemudiandilahirkan atau ditetaskan

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Azizah Az ZAhra liked this
Himmel Fee liked this
berharapb liked this
berharapb liked this
Himmel Fee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->