Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
39Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyimpangan Primer

Penyimpangan Primer

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 23,727|Likes:

More info:

Published by: Fitri Ananacklibel'zselmanya on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/16/2014

pdf

text

original

 
Penyimpangan primerKamis, 20 Mei 2010
Konvoi para pelajar Sma..Kalian pasti sudah tidak asing lagi jika melihat gambar tersebut. Gambar tersebut adalah salahsatu kegiatan pelajar sma di Indonesia yang telah lulus dari bangku sma.Apakah menurut kalian ini patut di tiru?Tentu tidak. Karena, ini adalah perbuatan yang menyimpang.Kegiatan seperti gambar di bawah ini adalah penyimpangan sosial yang bersifat primer dansekunder.Mengapa primer dan skunder?Karena, jika mereka tidak mengganggu dan tidak bertindak anarki pada masyarakat ini dapat dikategorikan sebagai penyimpangan primer. Namun jika mereka bertindak anarki dan seenaknya pada masyarakat umum, Maka itu dapat di kategorikan sebagai penyimpangan skunder. Sebabmereka bukan hanya memacetkan aktivitas lalu lintas. Tapi mereka juga mengganggumasyarakat umum.Kegiatan di atas bagi saya sangat tidak menguntungkan. Karena kegiatan seperti itu tidak adagunanya dan hanya menggangu orang yang sedang berlalu lintas. Apalagi sampai berbuat yangtidak-tidak.Cobalah lakukan kegiatan yang berguna ketika saat lulus dari bangku sma....Masih banyak kan kegiatan yang lebih menguntungkan dari pada konvoi tidak jelas seperti ini.
 
JENIS-JENIS PENYIMPANGAN
1.Perilaku menyimpang aborsi. Aborsi merupakan perilaku menyimpang bersifat penyimpangan primer.Dimana seorang ibu yang mau melakukan aborsi karena keterbatasan pengetahuan dan pemahamanterhadap sesuatu hal yang akan dilakukannya itu, hingga melakukan aborsi.2.Perilaku menyimpang penganiayaan (kekerasan). Penganiayaan merupakan perilaku menyimpangbersifat penyimpangan sekunder. Penganiayaan sering terjadi di dalam rumah tangga, baik itu antarasuami-istri (KDRT), majikan dan pembantu, orang tua terhadap anak sendiri dan lain sebagainya.3.Perilaku menyimpang perkalahian pelajar (tawuran), merupakan penyimpangan bersifat sekunder.Penyimpangan ini sering dilakukan oleh sekelompok pelajar yang kurang paham atau mengerti akibatdari perilakunya tersebut yang dapat merugikan orang lain.
 
 4.Perilaku penyimpangan terhadap obat-obatan terlarang, termasuk penyimpangan bersifat individual.Pada awalnya obat-obat terlarang dan narkotika dipergunakan oleh kalangan kedokteran sebagai usahauntuk mengurangi rasa sakit secara berlebihan yang dialami pasien. Akan tetapi obat-obat terlarangtersebut di kemudian hari dikonsumsi juga oleh orang-orang sehat jasmani dengan tujuan untukmengurangi tingkat kesadaran bila seseorang mengalami stres. Penyalah gunaan narkotika merupakansalah satu bentuk penyelewengan terhadap nilai dan norma sosial maupun agama. Akibatpenggunaannya bukan hanya pada kesehatan fisik dan mental seseorang akan tetapi dapat lebih jauhyaitu akan merusak generasi bangsa.5.Perilaku penyimpangan mengisap rokok. Penyimpangan ini merupakan penyimpangan individual.Penyimpangan macam ini dapat juga merusak kesehatan tubuh, di mana akan merusak paru-paru, jantung, mengganggu pengedaran darah dan lain sebagainya, sehingga dapat merugikan atau dapat dirisendiri.

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Bean Kapox's liked this
budi2906 liked this
suhendriganteng liked this
AneAdher Zr liked this
Soim Aya Yakusa liked this
Mendy Aisha R liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->