Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Unsur-Unsur Manajemen

Unsur-Unsur Manajemen

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 2,052 |Likes:
Published by idulcuett

More info:

Published by: idulcuett on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2013

pdf

text

original

 
BAB IIUNSUR-UNSUR MANAJEMEN
Manajemen sebagai suatu ilmu dan konsepsi kerja, pada dasarnya timbul dan lahir dari akal budi manusia sendiri. Sebelum manajemen lahir sebagai suatu ilmu yang sistematis, padahakikatnya prinsip-prinsipnya, metode-metodenya, unsur-unsurnya sudah terdapat dalam setiaptindakan dan perilaku manusia itu sendiri, hanya saja belum disusun dalam suatu kerangka ilmuyang sistematis.Dalam membicarakan unsur-unsur manajemen berikut ini akan dijumpai peristilahan yangkhas manajemen, yang masih menggunakan bahasa asing, karena belum ada istilahnya yang bakudalam bahasa Indonesia sampai saat ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam pemakaiankarena sesuai dengan yang lazim digunakan oleh para sarjana manejamen. Umumnya diIndonesia manajemen itu dikenal melalui buku-buku yang bebahasa inggris.
A. Planning
 Planning 
adalah perencanaan, yang merupakan tindakan yang akan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang ditentukan dalam jangka ruang dan waktu tertentu. Dengan demikian, perencanaan itu merupakan suatu proses pemikiran, baik secara garis besar mai\upun secaramendetail dari suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan untuk mencapai kepastian yang paling baik dadn ekonomis. Juga dapat dikatakan bahwa perencanaan itu adalah suatu antisipasidari suatu yang akan terjadi, karena itu harus menggunakan proses yang sebaik-baiknya.Semua tindakan atau perbuatan seseorang muslim haruslah difikirkan terlebih dahulu,kemudian diiktiarkan agar dengan korban (kerugian) yang sekecil-kecilnya dan mendapat hasilyang sebesar-besarnya. Oleh karena itu, tidak boleh semberono dan tidak boleh gegabah, agar tidak mengalami kerugian yang fatal.
Unsur-unsur ManajemenPage 1
 
Allah berfirman,

 
 

 
 
 
 

dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalamkebinasaan, dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.(Al-Baqarah : 195)
Perencaan hendaklah dilakukan melaului proses kegiatan seperti yang telah dikemukakanmelalui proses kegiatan seperti yang telah dikemukakan yaitu sebagai berikut:
1.
Forecasting (perkiraan)
2.
Objectives (mempunyai tujuan)
3.
Policies (rencana kegiatan)
4.
Programmes (menggambarkan deretan kegiatan)
5.
Schedules (pembagian program)
6.
Procedures (metode untuk melaksanakan kegiatan)
7.
Budget (hasil yang diharapkan)
A. Organizing
Organizing 
adalah suatu wadah, yang jelas memperlihatkan fungsi setiap orang sertamenerangkan hubungan kerja, baik secara vertical maupun secara horizontal.Adapun unsur-unsur organisasi yaitu:
1.
Pengenalan dan pengelompokan kerja
2.
Penentuan dan pelimpahan tanggung jawab dan wewenang
3.
Pengaturan hubungan kerja
A. Staffing
Unsur-unsur ManajemenPage 2
 
Staffing 
adalah suatu posisi atau unsur yang perlu di dalam suatu organisasi yangmemberikan nasihat atau jasa (service) kepada orang lain atau badan lain.Di dalam ajaran islam yaitu berdasarkan filosofis, bahwa setiap manusia adalah pimpinandan setiap orang adalah khalifah, selalu cenderung untuk memberikan desentralisasi. Menurutsejarah islam, Rasulullah pertama kali memberikan hak dan wewenang desentralisasi kepadaseorang sahabat, Mu’adz Ibnu Jabbal yang diangkat sebagai gubernur (merangkap hakim) diYaman, dengan sebuah Hadist yang sangat popular dan autoritatif, yang artinya :“Dari seorang sahabat, berkata bahwa Rasulullah telah mengangkat Mu’adz Ibn Jabbal kenegri Yaman. Bersabda Rasulullah kepada Mua’adz, bagaimana cara engkau menghukum(mengadili)? Mu’adz menjawab, Aku menghukum dengan apa yang terdapat dalam kitabAllah? Bersabda Rasulullah, jika tidak terdapat dalam kitabullah? Mu’adz menjawab, Akumenghukum dengan sunnah Rasul Allah. Bersabda Rasulullah lagi, jika tidak terdapatdalam sunnah Rasul Allah? Mu’adz menjawab aku berijtihad dengan pendapatku sendiri!Maka bersabda Rasulullah, semua puji bagi Allah yang telah member taufik kepada utusanRasulullah!” (diriwatkan oleh At. Tarmizi).
B. Coordinating
Coordinating 
adalah tindakan yang diambiil oleh manajer dalam kegiatan untuk mendapatkan kepastian dari perbedaan-perbedaan macam-macam pekerjaan orang yang bekerjaagar dapat menciptakan keadaan yang harmonis dan seimbang dalam usaha mencapai hasil yangdiharapkan.
Unsur-unsur ManajemenPage 3

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sopan Sopian liked this
Subo Tajio liked this
Misyani Putri liked this
Subo Tajio liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->