Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
66Activity
×
P. 1
Analisis Kualitas Air Bersih Pelanggan di IPA 1 PDAM Bandarmasih.. (laporan KP)

Analisis Kualitas Air Bersih Pelanggan di IPA 1 PDAM Bandarmasih.. (laporan KP)

Ratings: (0)|Views: 16,964|Likes:
Published by Nina A Sari

More info:

Published by: Nina A Sari on Jun 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/23/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Kegiatan belajar yang dilakukan di perkuliahan hanya memberikan sedikitsekali pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa dalam satu wadah perguruantinggi. Meskipun kegiatan kuliah ditunjang dengan praktikum, kegiatan perkuliahan tersebut belum menjamin seorang mahasiswa mampu memasukidunia kerja dengan baik setelah lulus dari perguruan tinggi.Program studi S-1 Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam, berusaha menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dengan dunia kerja.Agar dapat menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja makamahasiswa perlu dibekali dengan ilmu-ilmu yang nantinya akan diterapkan didalam dunia kerja. Namun, keterampilan individu dan keahlian dalam suatu bidang tertentu hanya dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai pengalamandalam bidang tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman mengenai dunia kerja melalui program Kerja Praktik (KP) yangditawarkan oleh program studi Biologi
.
Kerja praktik memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjunlangsung di dalam dunia kerja, sehingga dapat merasakan bagaimana atmosfer dunia kerja guna mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalamantambahan. Selain itu, kerja praktik ini memungkinkan mahasiswa berinteraksidengan rekan kerja, bekerja sama dan berinteraksi dengan masyarakat luas yangmerupakan objek penerima layanan dari suatu instansi yang berkaitan.Air merupakan suatu sarana utama untuk meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat, karena air merupakan salah satu media dari berbagai penularan
1
 
 penyakit. Penyediaan air bersih sangatlah perlu dilakukan baik dari segi kualitasmaupun kuantitas dari suatu daerah. Peningkatan kualitas air bersih dapatdilakukan dengan jalan mengadakan pengelolaan air yang akan diperlukan sebagaiair minum (Sutrisno, 2004).Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih merupakan perusahaan pengelola air minum di Kota Banjarmasin yang dituntut untuk dapatmemenuhi kebutuhan akan air minum. Yang dimaksud disini adalah air bersihyang didistribusikan kepada masyarakat dengan kualitas, kuantitas sertakontinuitas yang memenuhi persyaratan dan handal.Untuk menjaga kualitas air yang didistribusikan oleh perusahaan penyediaair minum agar air minum yang dikonsumsi masyarakat tidak menimbulkangangguan kesehatan maka perlu ditetapkannya persyaratan kualitas air minumoleh pemerintah. Dengan didasari hal tersebut maka diterbitkanlah PeraturanMenteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Peraturan pemerintah ini mengharuskanair yang didistribusikan perusahaan air minum kepada pelanggan agar memenuhidan mengikuti standar kualitas air minum yang telah ditetapkan pemerintah.Berdasarkan hal tersebut diatas penulis mengambil masalah untuk laporan kerja praktik yang akan dijelaskan pada bab berikutnya.
1.2 Tujuan
Tujuan umum dari kegiatan kerja praktik ini adalah :
2
 
1.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung didalam dunia kerja, guna mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman tambahan.2.Memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan rekan kerja, bekerja samadan berinteraksi dengan masyarakat luas yang merupakan objek penerimalayanan dari suatu instansi yang berkaitan.3.Memberikan informasi kepada mahasiswa secara langsung mengenaigambaran tentang Laboratorium Instalasi Pengolahan Air Minum,khususnya dalam hal pemeriksaan kualitas air bersih pelanggan zona 1(Banjarmasin Barat) & zona 4 (Banjarmasin Utara).
Tujuan khusus dari kegiatan kerja praktik ini adalah mengetahui, memahami,dan mempraktikkan secara langsung teknik dan cara analisis kualitas air  bersih pelanggan dengan acuan berdasarkan Peraturan Menteri KesehatanRepublik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang PersyaratanKualitas Air Minum.
1.3 Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari Kerja Praktik ini antara lain :1.Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja mahasiswadi luar kegiatan kuliah.
2.
Mengenal dan mengetahui tugas dan fungsi dari instansi tempat kerja praktik yang terkait, yaitu PDAM Bandarmasih.
3.
Menjalin hubungan dan kerja sama yang baik antara Program Studi BiologiFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas LambungMangkurat dengan PDAM Bandarmasih.
 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->