Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
60Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asas-asas Hukum

Asas-asas Hukum

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 11,290|Likes:

More info:

Categories:Business/Law
Published by: Alfonsius JokoMartin P Siringoringo on Jun 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/03/2013

pdf

text

original

 
Asas Hukum
 KATA PENGANTARManusia sebagai makhluk sosial pasti saling berhubungan antara satu individu denganindividu lainnya. Dalam perjalanannya, manusia membutuhkan hukum supaya terjalinsuatu hubungan yang harmonis. Pada dasarnya manusia secara alami mempunyaikaidah seperti norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma adat sebagai aturandalam kehidupannya. Akan tetapi norma-norma itu tidak cukup untuk menjaminkeberlangsungan kehidupan manusia karena tidak tegasnya sanksi bagi yangmelanggarnya sehingga kesalahan itu bisa terulang lagi, maka disusunlah suatu hukumyang mempunyai sanksi yang tegas terhadap pelanggarnya.Pada hakikatnya tujuan pokok hukum adalah menciptakan tatanan masyarakat yangtertib, menciptakan ketertiban dan keseimbangan. Setiap hubungan kemasyarakatantidak boleh bertentangan dengan ketentuan-ketentuan dalam peraturan hukum yangada dan berlaku dalam masyarakat.Hukum berfungsi sebagai pengatur keseimbangan antara hak dan kewajiban manusiasebagai makhluk sosial, dan mewujudkan keadilan dalam hidup bersama. Karenapentingnya kedudukan hukum dalam tatanan masyarakat, maka dalam pembentukanperaturan hukum tidak bisa terlepas dari asas hukum, karena asas hukum adalahlandasan utama dalam pembentukan hukum.
 
B
A
B
IPENDAHULUAN
 
Latar
B
elakangDi dalam pembentukan kehidupan bersama yang baik, dituntut pertimbangan tentangasas atau dasar dalam membentuk hukum supaya sesuai dengan cita-cita dankebutuhan hidup bersama. Dengan demikian asas hukum adalah prinsip yang dianggapdasar atau fundamen hukum. Asas-asas itu dapat juga disebut titik tolak dalampembentukan dan interpretasi undang-undang tersebut. Oleh karena itu SatjiptoRahardjo menyebutkan bahwa asas hukum merupakan jantung dari peraturan hukum.Dikatakan demikian karena asas hukum merupakan landasan yang paling luas bagilahirnya suatu peraturan hukum.Asas hukum merupakan unsur yang sangat penting dalam pembentukan peraturanhukum. Oleh karena itu, penulis akan menguraikan sedikit pembahasan yang berkaitandengan masalah ini dengan harapan dapat mendekatkan pemahaman kita tentang asashukum dan memudahkan kita memahami materi ilmu hukum selanjutnya. Dan makalahini kami beri judul "Asas-asas Hukum".
 
 Rumusan MasalahAgar pembahasan dalam makalah ini tidak mengambang dan tersusun scsra sistematis,maka penulis akan memberi rumusan masalah pada pembahasan makalh ini. Dalammakalah ini akan dibahas beberapa hal tekait dengan asas hukum, diantaranya:a. Pengertian asas hukumb. Fungsi asas hukumc.
B
entuk dan kekuatan asas hukumd. Ruang lingkup asas hukumInilah beberapa hal yang akan dibahas dalam makalah ini, semoga dengan adanyarumusan masalah ini membuat pembaca lebih mudah untuk memahami makalah ini.
B
A
B
IIPEM
B
AHASAN
 
A. Pengertian Asas HukumAsas hukum adalah aturan dasar dan prinsip-prinsip hukum yang abstrak dan padaumumnya melatarbelakangi peraturan konkret dan pelaksanaan hukum. Dalam bahasaInggris, kata " asas " diformatkan sebagai " principle ", sedangkan dalam Kamus
B
esar
B
ahasa Indonesia, ada tiga pengertian kata " asas": 1) hukum dasar, 2) dasar (sesuatuyang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat) dan 3) dasar cita- cita. peraturankonkret ( seperti undang- undang) tidak boleh bertentangan dengan asas hukum,demikian pula dalam putusan hakim, pelaksanaan hukum, dan sistem hukum .Tentang batasan pengertian asas hukum ada beberapa pendapat yang dikemukakanoleh beberapa ahli , yaitu:
 
Pendapat
B
ellefroid, asas hukum adalah norma dasar yang dijabarkan dari hukumpositif dan yang oleh ilmu hukum tidak dianggap berasal dari aturan- aturan yang lebihumum.
 
Pendapat van Scholten, asas hukum adalah kecenderungan yang disyaratkan olehpandangan kesusilaan kita pada hukum dan merupakan sifat- sifat umum dengansegala keterbatasannya sebagai pembawaan yang umum itu, tetapi yang tidak bolehtidak harus ada.
 
Pendapat van Eikema Hommes, asas hukum bukanlah norma-norma hukum konkrit,tetapi ia adalah sebagai dasar-dasar pikiran umum atau petunjuk-petunjuk bagi hukumyang berlaku.
 
Pendapat van der Velden, asas hukum adalah tipe putusan yang digunakan sebagaitolak ukur untuk menilai situasi atau digunakan sebagai pedoman berperilaku.
 
Dari pengertian-pengertian di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa asas hukumbukan merupakan hukum konkrit, melainkan merupakan pikiran dasar yang umum danabstrak, atau merupakan latar belakang peraturan konkrit yang terdapat di dalam dandi belakang setiap sistem hukum yang terjelma dalam peraturan perundang-undangandan putusan hakim yang merupakan hukum positif dan dapat diketemukan denganmencari sifat-sifat umum dalam peraturan konkrit tersebut.Atau lebih ringkasnya, asas hukum merupakan latar belakang dari terbentuknya suatuhukum konkrit.Ada beberapa perbedaan mendasar antara asas dan norma , yaitu :1. Asas merupakan dasar pemikiran yang umum dan abstrak, sedangkan normamerupakan peraturan yang riil.2. Asas adalah suatu ide atau konsep, sedangkan norma adalah penjabaran dari idetersebut.3. Asas hukum tidak mempunyai sanksi sedangkan norma mempunyai sanksi.Tentu saja keduanya berbeda, karena asas hukum adalah merupakan latar belakangdari adanya suatu hukum konkrit, sedangkan norma adalah hukum konkrit itu sendiri.Atau bisa juga dikatakan bahwa asas adalah asal mula dari adanya suatu norma.
B
. Fungsi Asas HukumDalam sistem hukum,asas hukum memiliki beberapa fungsi , yaitu :1. Menjaga ketaatan asas atau konsistensi. Contoh, dalam Hukum Acara Perdata dianut" asas pasif bagi hakim ", artinya hakim hanya memeriksa pokok-pokok sengketa yangditentukan oleh para pihak yang berperkara dan bukan oleh hakim. Hakim hanyamembantu para pencari keadilan dan berusaha mengatasi segala hambatan danrintangan untuk tercapainya keadilan. Dengan demikian hakim menjadi pasif danterjagalah ketaatan asas atau konsistensi dalam Hukum Acara Perdata, karena parapihak dapat secara bebas mengakhiri sendiri persengketaannya.2. Menyelesaikan konflik yang terjadi di dalam sistem hukum. Fungsi ini diwujudkandalam beberapa asas hukum di bawah ini:Lex dura sed ita scripta : Undang- Undang adalah keras tetapi ia telah ditulisdemikian.Lex niminem cogit ad impossibilia, undang- undang tidak memaksa seseorang untukmelakukan sesuatu yang tidak mungkin,Lex posterior derogat legi priori atau Lex posterior derogat legi anteriori, undang-undang yang lebih baru mengenyampingkan undang- undang yang lama.Lex specialist derogat legi generali, undang- undang yang khusus didahulukanberlakunya daripada undang- undang yang umum.Lex superior derogat legi inferiori, undang- undang yang lebih tinggimengenyampingkan undang- undang yang lebih rendah tingkatannya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->