Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif

Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif

Ratings: (0)|Views: 287 |Likes:
Published by Uya Pande

More info:

Published by: Uya Pande on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

 
1
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN
Pengertian Perusahaan:Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa.Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor  faktor produksiuntuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapaitujuan yaitu mencari keuntungan.Orang atau lembaga yangmelakukan usaha pada perusahaandisebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.Tempat Kedudukan dan Letak PerusahaanPengertian / Arti Definisi Lokasi PerusahaanLokasi Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu malakukan kegiatan fisik.Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaanadalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Contoh bentuk lokasi perusahaan adalah pabriktempat memproduksi barang.Faktor-Faktor Pokok Penentu Pemilihan Lokasi Industri:
 
Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi.
 
Letak dari pasar konsumen.
 
Ketersediaan tenaga kerja.
 
Ketersediaan pengangkutan atau transportasi.
 
Ketersediaan energi.Jenis-Jenis Lokasi Perusahaan
 
Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintahLokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisaseenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalahseperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.
 
Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarahLokasi perusahaan yang dipilih biasanya memilikinilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnyaseperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang ataumembangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
 
Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alamLokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal dibuton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
 
Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomiLokasi perusahaan jenis inipemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenagakerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.Perusahaan dan Lembaga SosialPerusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyai tujuan membuka kesempatankerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat. 
 
2
 Tujuan pendirian perusahaan, dibedakan menjadi dua yaitu:1.
 
Tujuan ekonomisBerkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga,kuantitas, pelanggan (inovatif).
2
.
 
Tujuan sosialPerusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi,maupun masyarakat luas.Perusahaan sebagai suatu sistemSistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupuntidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karenamerupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsungmempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lainkeuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab sosial.Fungsi-fungsi perusahaanAda dua fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankandengan lancer, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. :1.
 
Fungsi OperasiPembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utamaperusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi,pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
2
.
 
Fungsi ManajemenPerencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya denganlancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.Ciri-ciri perusahaanMencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudahdikendali.1.
 
Operatif: adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia /distribusi barang dan jasa.
2
.
 
Koordinatif: diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untukmencapai tujuan.3.
 
Regular: untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapatmendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.4.
 
Dinamis: lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikandiri terhadap perubahan.5.
 
Formal: tunduk kepada peraturan yang berlaku setelahmemenuhi persyaratan pendirian.6.
 
Lokasi: perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secarageografis jelas.7.
 
Pelayanan Bersyarat: keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatukawasan yang secara geografis jelas.
 
3Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan.Lingkungan Eksternal adalah lingkungan perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadapkegiatan perusaan.Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapatberupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yangberoperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagimenjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakanmenjadi :1.
 
Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsungterhadap kegiatan usaha.Contoh :
 
Keadaan alam: SDA, lingkungan.
 
Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politikdan hankam negara dimana perusahaan beradamenciptakan.
 
H
ukum
 
Perekonomian
 
Pendidikan dan kebudayaan
 
Sosial dan budaya
 
Kependudukan
 
H
ubungan internasional.
2
.
 
Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadapkegiatan usaha.Contoh :
 
Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
 
Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
 
Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
 
Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.Lingkungan Internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsungmempengaruhi hasil produksi.Contoh :
 
Tenaga kerja
 
Peralatan dan mesin
 
Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
 
Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
 
Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.Elemen lingkunganperusahaan adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan yangmemiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perusahaan. Lingkungan suatuperusahaan tidak sama persis dengan lingkungan perusahaan yang lain. Bank memiliki lingkunganyang berbeda dari took alat tulis. Namun terdapat sejumlah kesamaan dengan mengidentifikasikandelapan elemen utama yang ada dalam lingkungan semua perusahaan. 

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->