Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
59Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Manajemen Ekonomi Manajerial - Struktur Pasar Monopoli

Makalah Manajemen Ekonomi Manajerial - Struktur Pasar Monopoli

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 7,297 |Likes:
Published by kikypunkrockstar
MAKALAH MANAJEMEN EKONOMI MANAJERIAL
MAKALAH MANAJEMEN EKONOMI MANAJERIAL

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: kikypunkrockstar on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANLATAR BELAKANG
1)Struktur Pasa
Pasar adalah tempat / proses untuk interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkanharga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yangmempertemukan antara pembeli dan penjual, akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang (barang konsumsi).Struktur Pasar adalah penggelompokan produsen kepada beberapa bentuk pasar  berdasarkan pada ciri-ciri seperti :
Jenis produk yang dihasilkan,
Banyaknya perusahaan dalam industri,
Mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri, dan
Peranan iklan dalam kegiatan industri.Berdasarkan jumlah penjual, struktur pasar dibedakan menjadi empat, yaitu :i.Pasar Persaingan Sempurna: pasar dengan jumlah penjual sangat banyak.ii.Pasar Monopoli : Pasar dengan hanya satu penjual.iii.Pasar Oligopoli : Pasar dengan jumlah penjual sedikit.iv.Pasar Persaingan Monopolistik : pasar dengan banyak penjual tetapi produk- produknya heterogen, sehingga masing-masing penjual dapat mempengaruhi harga.Ketiga pasar terakhir termasuk dalam pasar persaingan tidak sempurna.
2)Pasar Persaingan Sempurna
Struktur pasar i persaingan sempurna ini merupakan struktur yang paling ideal, karenastruktur pasar ini akan dapat menjamin berlangsungnya aktivitas produksi dengan tingkat
1
 
efisiensi yang tinggi. Sebab dalam analisis ekonomi sering digunakan asumsi bahwa perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna. Tetapi dalam praktek tidak mudahuntuk menentukan suatu industri dapat digolongkan ke dalam pasar persaingan sempurnayang sesungguhnya (sesuai teori). Umumnya, yang ada adalah yang mendekati ciri-ciristruktur pasar tersebut , yaitu:
Terdapat sangat banyak penjual dan pembeli.
Produk yang dihasilkan oleh para produsen adalah homogen.
Setiap produsen adalah pengambil harga ( price taker).
Perusahaan-perusahaan bebas masuk dan keluar pasar ( free entry and exit of firms).Maksimisasi profit/keuntungan.
Tidak ada regulasi dari pemerintah.
Mobilitas faktor-faktor produksi sempurna.
Pengetahuan sempurna ( perfect knowledge).
3)Pasar Persaingan tidak Sempurna
Bahasan yang berhubungan dengan pasar persaingan tidak sempurna, di mana pada pasar  persaingan tidak sempurna pembahasannya yaitu :
Pasar monopoli,
Pasar oligopoli,
Pasar duopoli,
Pasar monopolistik dan
Monopsoni.Akhirnya pada makalah ini akan membahas tentang Pasar Monopoli dan nantinyaakan dikaitkan dengan artikel atau Jurnal manajemen ekonomi manajerial tentang struktur  pasar monopoli.
2
 
BAB IITINJAUAN MATERI1.Pengertian Pasar Monopoli
Monopoli adalah struktur pasar di mana hanya terdapat satu penjual, tidak adasubstitusi produk yang mirip
(close substitute)
, dan terdapat hambatan masuk 
 
barriers toentry)
ke pasar 
.
Jadi Arti dari pasar monopoli merupakan bentuk interaksi antara permintaandan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak  pembeli atau konsumen.
2.Ciri-Ciri Pasar Monopoli
Hanya terdapat satu penjual atau produsen, harga dan jumlah kuantitas produk yangditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli, umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak, sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat, hanya adasatu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan, dan tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
3.
Penyebab Terjadinya Pasar Monopoli
Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, di antara penyebabnya adalahsebagai berikut:a)Ditetapkannya Undang-undang (Monopoli Undang-undang). b)Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain,sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk tersebut.c)Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untudiproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
3

Activity (59)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
cahyo_icb liked this
adhitya008 liked this
Zoel Elsie Do liked this
Heru Sobri liked this
dhesy chairani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->