Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METODE PENGEMBANGAN

METODE PENGEMBANGAN

Ratings: (0)|Views: 799 |Likes:
Published by Devilart
METODE PENGEMBANGAN
SOSIOLOGI EMOSI ANAK USIA DINI
METODE PENGEMBANGAN
SOSIOLOGI EMOSI ANAK USIA DINI

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Devilart on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
METODE PENGEMBANGANSOSIOLOGI EMOSI ANAK USIA DINIBAB : I Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak 
y
 
PendahuluanDalam pembahasan bab ini kita di suruh untuk memahami dasar teoritis perkembangan emosi dan social, serta menggambarkan mekanisme terjadinya berbagai emosi dalam diri manusia.Pembahasan bab ini terbagi dalam 2 kegiatan belajar yaitu :1.
 
Mencakup tentang pengertian perkembangan emosi, mekanisme terjadinyaemosi dalam tubuh manusia, jenis emosi dasar serta jenis emosi positif dannegatif.2.
 
Memahami pengertian perkembangan sosial, proses perkembangan sosial, pola bermain, ketrampilan sosial anak, serta faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak.KEGIATAN BELAJAR IPERKEMBANGABN EMOSIA.
 
PENGERTIAN EMOSIEmosi adalah perasaan yang ada dalam diri kita dapat berupa perasaan senangAtau tidak senang, perasaan baik dan buruk. Dalam Word Book Dictionary (1994 :690) Emosi didefinisikan sebagai ³perasaan yang kuat´ perasaan benci, takut, marah,cinta, senang dan kesedihan.Macam-macam perasaan tersebut adalah gambaran dari emsoi.Menurut :
 
Goleman (1995 : 411) menyatakan bahwa emosi menunjuk pada suatu perasaan / pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan bilogis dan psikologisserta serangkaian kecenderungan untuk bertindak.
 
Syamsudin (1990 ± 69) menyatakan bahwa emosi merupakan suatusuasana yang kompleks / (a complex feeling state) dan getaran jiwa(stidup state) dan getaran sebelum / sesudah terjadinya suatu perilaku.Berdasarkan definisi di atas dapat diambil kesimpulan emosi adalah suatu
 
keadaan yang kompleks baik berupa perasaan atau getaran jiwa yang di tandai dengan perubahan biologis yang muncul menyertai terjadinya suatu perilaku.B.
 
MEKANISME EMOSIMenurut lewis and Rosenblum (Stewartm at al. 1985) mengutarakan prosesterjadinya emosi melalui lima tahapan sbb :1.
 
Elicitor Yaitu adanya dorongan berupa situasi / peristiwa.Misalnya kebakaran. Karena kebakarn sebagai stimulus munculny Emosi.2.
 
Receptor Yaitu aktifitas dipusatkan system saraf awalnya mata melihat peristiwakebakaran untuk mata berfungsi sebagai indra penerima stimulus / reseptor awal setelah itu mata melanjtkan rangsangan tersebut ke otak sebagai pusatsystem syaraf 3.
 
StacYaitu perubahan spesifik yang terjadi dalam aspek fisiologi. Setelahrangsangan sampai ke otak, lalu otak menerjemahkan dan mengolah stimulustersebut dan menyebarkan kembali stimulus itu ke berbagai tubuh yang lainyang terkait sehingga terjadi pembahasan fisiologis. Seperti : jantung berdetak keras, tekanan darah naik, badan tegang atau terjadi peruabah hormonlainnya.4.
 
ExpressionYaitu terjadinya perubahan pada daerah yang di amanati seperti wajah, tubuhsuara / tindakan yang terdorong oleh perubahan fisiologis.Contohnya : otot wajah mengencang, tubuh tegang, mulut terbuka, suara keras berteriak / bahkan.5.
 
ExperienceYaitu persepsi dan interprestasi individual pada kondisi emosionalnya.-
 
Menurut syamsudin kelima komponen tadi di gambarkan dalam tigavarialble sbb :a.
 
Variable stimulus
 
Yaitu rangsangan yang menimbulkan emosi b.
 
Variable organismik Yaitu perubahan-perubahan fisiologis yang terjadi saat mengalami emosic.
 
Variable responsYaitu pola sambutan expnesif atas terjadinya pengalaman emosi.C.
 
FUNGSI EMOSIFungsi dan peranan emosi pada perkembangan anak yang dimaksud adalahsebagai berikut :1.
 
Merupakan bentuk komunikasi sehingga anak dapat menyatakan segalakebutuhan dan perasaanya pada orang lain.Contohnya : anak mengekspresikan dirinya dengan menangis, dalam bentuk  bahasa verbal, kalau ekspresi tertawa terbahak-bahak/memeluk ibunya denganerat adalah contoh komunikasi yang bermuatan emosional.2.
 
Emosi berperan dalam mempengaruhi kepribadian dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan sosial terhadap dirinya.a.
 
Tingkah laku emosi anak yang di tampilkan merupakan sumber penilaianlingkungan sosial terhadap dirinya b.
 
Emosi menyenangkan/tidak menyenangkan dapat mempengaruhi interaksisosial anak melalui reaksi-reaksi yang ditampilkan lingkungannya.c.
 
Emosi dapat mempengaruhi iklim psikologis lingkungan.d.
 
Tingkah laku yang sama dan tampilkan secara berulang dapat menjadisatu kebiasaane.
 
Ketegangan emosi yang dimiliki anak dapat menghambat / menggangguaktifitas motorik dan mental anak.D.
 
JENIS EMOSISetewart at all (1985) mengutarakan perasaan senang, marah, takut, dan sedihsebagai basie emotions.1.
 
Gembira2.
 
Marah3.
 
Takut4.
 
SedihDari ke empat emosi dasar ini dapat berkembang menjadi berbagai macam emosiyang di klafikasikan ke dalam kelompok emosi positif dan negatif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->