Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MKN Vol_ 41 No_ 2 Juni 2008

MKN Vol_ 41 No_ 2 Juni 2008

Ratings: (0)|Views: 209 |Likes:
Published by Arman Costa

More info:

Published by: Arman Costa on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
 
2
dari redaksi
 
100 TAHUN KEBANGKITAN NASIONAL
Berbagai pemeringkatan perguruan tinggi di lingkungan internasional sudah sering dilakukan secara periodik.Metode pemeringkatan saat ini yang masih sering dijadikan acuan adalah Academic Ranking of WorldUniversities (ARWU) dari Shanghai Jia Tong University, Webometrics Ranking of World Universities (WRWU),Performance Ranking of Scientific Papers for World Universiteis (SPWU) dari National Taiwan University, danTimes Higher Education Supplement (THES) QS World Universities Rankings (THES-QS).Kriteria the Times Higher Education Supplement-Quacquarelli Symonds (THES-QS) World University Rankingsdidasarkan kepada: 1.
Research Quality
(indikatornya adalah
Peer Reviev
 
bobotnya sebesar 40% dan
Citations
 
per Faculty
bobotnya 20%). 2.
Graduate Employability
(indikatornya adalah
Recruiter Review 
bobotnya sebesar 10%). 3.
International Outlook
(indikatornya adalah
International Faculty
bobotnya sebesar 5% dan
InternationalStudents
bobotnya sebesar 5%). 4.
Teaching Quality
(indikatornya adalah
Student Faculty
bobotnya sebesar 20%). Total skor 100%.Peringkat dunia versi THES-QS menyebutkan hanya tiga PT di Indonesia yang masuk Top 400 tahun 2007,yaitu Universitas Gadjah Mada yang menempati posisi 360 bersama-sama dengan University of Toulouse IIIPaul Sabiter dari Perancis, Institut Teknologi Bandung yang menempati posisi ke-369 bersama Universite Paris IPantheon Sorbonne juga dari Perancis, serta Universitas Indonesia yang menempati posisi ke-395. Negara ASEAN lainnya yang masuk Top 400 versi THES-QS adalah Singapura dan Thailand yang menempati masing-masing dua wakilnya, Malaysia dengan empat wakilnya, serta Filipina dengan satu wakilnya.Jika dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi yang sudah mencapai 2800-an, maka pencapaianperguruan tinggi di Indonesia masih dikatakan tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain termasuknegara-negara ASEAN.Momen peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional 20 Mei yang baru saja diperingati merupakan tonggakbangkitnya kembali semangat nasionalisme. Seluruh elemen bangsa diharapkan punya motivasi yang tinggiuntuk mengangkat harkat martabat bangsa di mata internasional sesuai bidangnya masing-masing. Dalam halini, mutu riset suatu universitas menjadi yang utama. Tidak hanya itu, karya-karya ilmiah yang dipublikasikanpun harus diakui secara internasional dan bisa menjadi rujukan bagi kalangan akademis di seluruh dunia.
 
Majalah Kedokteran Nusantara Volume 41
No. 2
Juni 2008ii
 
 
Majalah Kedokteran Nusantara Volume 41
No. 2
Juni 2008
 
3
 
 
4
petunjuk untuk penulis
 
Majalah Kedokteran Nusantara (MKN) adalah publikasi bulanan yang menggunakan sistem
peer-review 
untukseleksi makalah. MKN menerima artikel penelitian yang original dan relevan dengan bidang kesehatan,kedokteran dan ilmu kedokteran dasar di Indonesia. MKN juga menerima tinjauan pustaka, laporan kasus,penyegar ilmu kedokteran, universitas, ceramah, dan surat kepada redaksi.1.
 
Artikel Penelitian
: Berisi artikel mengenai hasil penelitian original dalam ilmu kedokteran dasar maupunterapan, serta ilmu kesehatan pada umumnya. Format terdiri dari:
Pendahuluan
; berisi latar belakang,masalah dan tujuan penelitian.
Bahan dan Cara
; berisi desain penelitian, tempat dan waktu, populasi dansampel, cara pengukuran data, dan analisa data.
Hasil
; dapat disajikan dalam bentuk tekstular, tabular,atau grafika. Berikan kalimat pengantar untuk menerangkan tabel dan atau gambar tetapi janganmengulang apa yang telah disajikan dalam tabel/gambar.
Diskusi
; Berisi pembahasan mengenai hasilpenelitian yang ditemukan. Bandingkan hasil tersebut dengan hasil penelitian lain. Jangan mengulang apayang telah ditulis pada bab.
Hasil Kesimpulan
: Berisi pendapat penulis berdasarkan hasil penelitiannya.Ditulis ringkas, padat dan relevan dengan hasil.2.
 
Tinjauan Pustaka
: Merupakan artikel review dari jurnal dan atau buku mengenai ilmu kedokteran dankesehatan yang mutakhir.3.
 
Laporan Kasus
: Berisi artikel tentang kasus di klinik yang cukup menarik dan baik untuk disebarluaskan dikalangan sejawat lainnya.
Format terdiri atas: Pendahuluan, Laporan Kasus, Pembahasan.
 4.
 
Penyegar Ilmu Kedokteran
: Berisi artikel yang mengulas berbagai hal lama tetapi masih
up to date
danperlu disebarluaskan.5.
 
Ceramah
: Tulisan atau laporan yang menyangkut dunia kedokteran dan kesehatan yang perludisebarluaskan.6.
 
Editoria
l: Berisi artikel yang membahas berbagai masalah ilmu kedokteran dan kesehatan yang dewasa inisedang menjadi topik di kalangan kedokteran dan kesehatan.
Petunjuk Umum
Makalah yang dikirim adalah makalah yang belum pernah dipublikasikan. Untuk menghindari duplikasi, MKN tidakmenerima makalah yang juga dikirim pada jurnal lain pada waktu yang bersamaan untuk publikasi. Penulis harusmemastikan bahwa seluruh penulis pembantu telah membaca dan menyetujui makalah.Semua makalah yang dikirimkan pada MKN akan dibahas para pakar dalam bidang keilmuan tersebut (peer-review) dan redaksi. Makalah yang perlu perbaikan formata atau isinya akan dikembalikan pada penulis untukdiperbaiki. Makalah yang diterbitkan harus memiliki persetujuan komisi etik. Laporan tentang penelitian padamanusia harus memperoleh persetujuan tertulis (signed informed consent).
Penulisan Makalah
Makalah, termasuk tabel, daftar pustaka, dan gambar harus diketik 2 spasi pada kertas ukuran 21,5 x 28 cm (kertas A4) dengan jarak tepi minimal 2,5 cm jumlah halaman maksimum 20. Setiap halaman diberi nomor secara berurutandimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir. Kirimkan sebuah makalah asli dan 2 buah fotokopi seluruhmakalah termasuk foto serta disket. Tulis nama file dan program yang digunakan pada label disket. Makalah dangambar yang dikirim pada MKN tidak akan dikembalikan pada penulis. Makalah yang dikirim untuk MKN harusdisertai surat pengantar yang ditandatangani penulis.
Halaman Judul
Halaman judul berisi judul makalah, nama setiap penulis dengan gelar akademik tertinggi dan lembaga afiliasipenulis, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili dan alamat e-mail. Judul singkat denganjumlah maksimal 40 karakter termasuk huruf spasi. Untuk laporan kasus, dianjurkan agar jumlah penulis dibawatisampai 4 orang.
Abstrak dan Kata Kunci
 Abstrak untuk Artikel Penelitian, Tinjauan Pustaka, dan Laporan Kasus dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasaInggris dalam bentuk tidak terstruktur dengan jumlah maksimal 200 kata. Artikel penelitian harus berisi tujuanpenelitian, metode, hasil utama dan kesimpulan utama. Abstrak dibuat ringkas dan jelas sehingga memungkinkanpembaca memahami tentang aspek baru atau penting tanpa harus membaca seluruh makalah.
Teks Makalah
Teks makalah disusun menurut subjudul yang sesuai yaitu Pendahuluan (Introduction), Metode (Methods), hasil(Results) dan diskusi (Discussion) atau format IMRAD.
 
Majalah Kedokteran Nusantara Volume 41
No. 2
Juni 2008iv

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Hamzah liked this
Marena Thalita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->