Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
materi-geopolitik_kwn

materi-geopolitik_kwn

Ratings: (0)|Views: 208 |Likes:

More info:

Published by: Nury Jujitsu Wonogiri on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/29/2011

pdf

text

original

 
GEOPOLITIK INDONESIAPengantar.
Konsep geopolitik atau yang lebih dikenali dengan wawasan nusantara akan disajikan dalam bentuk aktual, dengan memberikannya nuansa berbagai kasus terkini yang dihadapi bangsaIndonesia. Kasus ini akan ditampilkan setelah mahasiswa memahami terlebih dahulu konsep-konsep yang digunakan pada pokok bahasan geopolitik. Dengan cara ini, diharapkanmahasiswa mempunyai kerangka dasar filosofis dalam menganalisis suatu fenomena socialyang berlaku ditengah-tengah masyarakat dan bangsa Indonesia. Tanpa terjebak denganemosi kebangsaan yang dangkal. Bahasan geopolitik dalam matakuliah ini dibatasi padauraian konsep geopolitik, wawasan nusantara, otonomi daerah dan peluang pembangunandaerah perbatasan serta hakekat pengelolaan lingkungan dalam upaya melestarikan fungsilingkungan hidup, khususnya di daerah perbatasan.
A.Sasaran Pembelajaran
Setelah mempelajari materi dan mengikuti keseluruhan proses pembelajaran bahan kajiangeopolitik, mahasiswa menguasai kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
Menjelaskan konsep geopolitik/wawasan nusantara sebagai wawasan kebangsaan.
Menjelaskan konsep wilayah sebagai ruang hidup bangsa
Menjelaskan pengaruh aspek wilayah dan aspek sosial pada keberadaan bangsaIndonesia
Menjelaskan nilai-nilai wawasan nusantara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Menjelaskan problematik wawasan nusantara dalam menghadapi perkembanganZaman
Menjelaskan hakekat bentuk, problematik, arah kebijaksanaan dan tata ruang dalamrangka otonomi daerah
Menjelaskan peluang pembangunan dan menggali potensi daerah perbatasan
B.Daftar Istilah Kunci
Ada sejumlah kata kunci yang perlu dipahami lebih awal antara lain:
Wawasan nusantara
Wilayah kedaulatan
Otonomi daerah
Hubungan bilateral
Sosial budaya
Sistem koordinasi kewilayahan
Disintegrasi
 Negara kepulauan
Aspek kewilayahan
Deklarasi
Lingkungan Hidup1
 
C.Uraian Tentang Konsep dan Teori
 1.Konsep GeopolitiKonsep geopolitik timbul dan tumbuh karena kesadaran akan kebutuhan ruanghidup dari manusia, masyarakat dan bangsa. Kesadaran tersebut terkait secaratidak langsung dengan kebutuhan keamanan bagi diri manusia, lebih-lebih bagi manusia yang telah membangsa. Setelah bangsa menegara, kesadaranruang menjadi kesadaran akan kedaulatan, sehingga membuat batas-batas Negara, dengan melalui seperangkat hokum dan aparat penjamin tegaknyatertib hukum dan kedaulatan. Tujuan penentuan garis batas selain untuk integrasi bangsa juga untuk memperjelas batas pembinaan sumberdaya alamuntuk keamanan maupun kesejahteraan. Namun pada bangsa-bangsa yangheterogen malah dapat menjadi disintegrasi apabila pemerintah tidak cukup perhatian pada daerah terpencil di perbatasan dan sarana sirkulasi (trasnfortasidan komunikasi) yang cukup. Sehingga akibatnya dapat timbul daerahfrontiers di wilayah kita.2.Teori GeopolitiGeopolitik berasal dari kata Geo atau bumi dan politik. Geo politik berartikekuatan yang didasarkan pada pertimbangan dasar atau geografi dalammenentukan alternative kebijaksanaan nasional untuk mewujuudkan tujuannasional. Ilmu geopolitik adalah pengetahuan yang mempelajari tentang potensi, yang dimiliki oleh suatu bangsa atas dasar jati dirinya dan merupakankekuatan serta kemampuan untuk ketahanan nasional.Teori geop;olitik ada beberapa pandangan, antara lain :a.Pokok-poko
 Ajaran Frederriech Ratzel,
 berisikan :
Pertumbuhan Negara dapat dianalogikan dengan pertumbuhanorganisme yang memerlukan ruang hidup, melalui proses lahir, tumbuh, berkembang, mempertahankan hidup, menyusut dan mati.
 Negara identik dengan suatu ruang yang ditempati oleh kelompok politik dalam arti kekuatan. Makin luas potensi ruang tersebut makin besar kemungkinan politik itu tumbuh.
Suatu Negara dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak terlepas dari hukum alam. Hanya bangsa yang unggul saja yang dapat bertahan hidup.
Semakin tinggi budaya suatu bangsa, semakin besar kebutuhan akansumberdaya alam. Apabila ruang tidak mendukungnya, bangsa tersebutdapat mencari kekayaan alam diluar wilayahnya (expansi). Hal inimelegitimasi hukum ekspansi, batas suatu Negara pada hakekatnya bersifat sementara, apabila kurang dapat mengubah batas Negara baik secara damai maupun dengan kekerasan atau perang.2
 
 b.Pokok-pokok Ajaran
Rudolf Kjellen
 Negara merupakan satuan biologi, suatu organisme hidup yang memilikiintelektual. Negara dimungkinkan untuk memperoleh ruang yang cukupluas agar kemampuan dan kekuatan rakyatnya dapat berkembang secara bebas.
 Negara merupakan system politik yang meliputi bidang-bidanggeopolitik, ekonomi politik, demo politik, social politik, dan politik memerintah.
 Negara tidak harus bergantung pada sumber pembekalan luar. Ia harusmampu berswasembada dan memanfaatkan kemajuan kebudayaan danteknologi untuk meningkatkan kekuatan nasionalnya.c.Pokok-pokok Ajaran
Haushofer 
Suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak lepas dari hukum alam. Hanya bangsa yang unggul (berkualitas) sajayang dapat bertahan hidup dan terus berkembang, sehingga hal inimenjurus kea rah rasialisme.
Kekuasaan imperium daratan yang kompak akan dapat mengejar kekuasaan imperium maritime untuk menguasai pengawasan di lautan.
Beberapa Negara besar di dunia akan timbul dan akan menguasaieropa, Afrika dan Asia Barat (Jerman dan Italia). Sementara Jepangakan menguasai wilayah Asia Timur Raya.
Geopolitik dirumuskan sebagai perbatasan. Ruang hidup bangsadengan kekuasaan ekonomi dan social yang rasial mengharuskan pembagian baru kekayaan alam dunia. Geopolitik adalah landasanilmiah bagi tindakan politik untuk memperjuangkan kelangsunganhidup dan mendapatkan ruang hidupnya. Berdasarkan teori yang bersifat ekspansionisme, wilayah dunia dibagi-bagi menjadi region-region yang akan dikuasasi oleh bangsa-bangsa yang unggul sepertiAmerika Serikat, Jerman, Rusia, Inggris dan Jepang.d.Pokok-pokok Ajaran
Sir Halford Machinder 
Ia menganut konsep kekuatan dan mencetuskan wawasan benua, yaitukonsep kekuatan darat. Ia mengatakan barang siapa dapat menguasaidaerah jantung, yaitu Eurasia (Eropa dan Asia), ia akan dapatmenguasasi Pulau Dunia, yaitu Eropa, Asia dan Afrika. Selanjutnya barangsiapa dapat menguasai pulau dunia akan dapat menguasai dunia.e.Pandangan Ajaran Sir Walter Releigh dan Alfret Thyer Mahan.3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->