Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gambar Mesin Serta Bagian2 Ny

Gambar Mesin Serta Bagian2 Ny

Ratings: (0)|Views: 1,988 |Likes:
Published by akmal_dharma

More info:

Published by: akmal_dharma on Jun 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
Jenis-jenis Mesin dan Bagian-bagian nya :1.Mesin BubutMesin Bubut
adalah suatuMesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar.Bubutsendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukandengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi  sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potongrelatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akandiperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.Roda gigipenukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karenadigunakan untuk konversi dariulir metrik ke ulir inci.
Prinsip kerja mesin bubut
Mesin bubut yang menggunakan sabuk diHagley MuseumPoros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigipada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Olehklem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir 
Bagian – Bagian Mesin Bubut1. Kepala Tetap
Pada kepala tetap terdapat Chuck yang berfungsi untuk mencekam benda kerja yang akandi bubut. Kepala tetap ada dua jenis yaitu tiga rahang dan empat rahang. Kepala tetap tiga rahanghanya dapat mencekam benda-benda berbentuk silindris. Sedangkan kepala tetap empat rahangdapat mencekam benda-benda berbentuk segi empat ataupun silindris, sehingga kepala tetap empatrahang dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kepala tetap tiga rahangkarena kepala tetap empat rahang dapat mencekam benda kerja dengan sempurna. Namun padatiap-tiap kepala tetap sama-sama terdapat lima gigi. Benda kerja yang diproses pun harus terjepitoleh kelima gigi tersebut. Tetapi jika benda kerja tersebut hanya terjepit oleh satu gigi atau bendakerja terlalu panjang maka benda kerja tersebut harus disangga dengan senter putar.
 
2. Handle
Handle berfungsi untuk mengatur kecepatan mesin bubut yang disesuaikan dengan putaranatas benda kerja yang akan digunakan. Setiap handle memiliki fungsi masing-masing tetapi yangsatu dengan yang lainnya saling berhubungan. Handle dapat diatur sesuai dengan putaran bendakerja yang telah dihitung sebelumnya dan disesuikan dengan yang ada pada table.
3. Kepala Lepas ( Tail Stock )
Kepala lepas berfungsi sebagai tempat chuck drill, center drill, center putar, untuk menyeting pahat dan untuk menahan benda kerja. Kepala lepas dapat digerakan kearah kiri dankanan sepanjang dudukan kepala lepas atau bed.
 
4. Dudukan Kepala Lepas ( Bed )
Dudukan kepala lepas berfungsi sebagai dudukan kepala lepas dan sebagai penahan ataurel ketika kepala lepas sedang digeser. Sehingga kepala lepas dapat berjalan dengan lancar.
5. Eretan melintang atas
Eretan melintang atas berfungsi melakukan pergerakan memahat skala kecil untuk arah secarahorizontal. Pada eretan melintng atas ini terdapat skala ukuran, sehingga kita bisa menentukanseberapa panjang benda kerja yang akan dilakukan pembubutan.
Eretan MelintangAtas

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Saing Saidi added this note
terimah kasih
Fa'an Cah NdeSo liked this
Adrys Silaban liked this
Fajar Sidik liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->