Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kesetimbangan Kimia

Kesetimbangan Kimia

Ratings: (0)|Views: 909|Likes:

More info:

Published by: Fahmi Yudhit Prasetyo on Jun 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
Kesetimbangan Kimia
Ditulis oleh Jim Clark pada 23-09-2004 Bab ini membahas prinsip dasar kesetimbangan kimia. Kita akan mempelajari reaksitimbal balik dan apa yang terjadi di sebuah sistem tertutup. Ini akan membawa kitakepada konsep kesetimbangan dinamis dan akan mengajak kita berpikir mengenai artiistilah ‘pergeseran kesetimbangan’.
Reaksi timbal balik 
 Reaksi timbal balik adalah reaksi yang, tergantung keadaan, dapat mengalir ke dua arah.Apabila Anda meniupkan uap panas ke sebuah besi yang panas, uap panas ini akan bereaksi dengan besi dan membentuk sebuah besi oksida magnetik berwarna hitam yangdisebut ferri ferro oksida atau magnetit, Fe
3
O
4
.Hidrogen yang terbentuk oleh reaksi ini tersapu oleh aliran uap.Dalam keadaan lain, hasil-hasil reaksi ini akan saling bereaksi. Hidrogen yang melewatiferri ferro oksida panas akan mengubahnya menjadi besi, dan uap panas juga akanterbentuk.Uap panas yang kali ini terbentuk tersapu oleh aliran hidrogen.Reaksi ini dapat berbalik, tapi dalam keadaan biasa, reaksi ini menjadi reaksi satu arah.Produk dari reaksi satu arah ini berada dalam keadaan terpisah dan tidak dapat bereaksisatu sama lain sehingga reaksi sebaliknya tidak dapat terjadi.
 
Reaksi timbal balik yang terjadi pada sistem tertutup
 
Sistem tertutup
adalah situasi di mana tidak ada zat yang ditambahkan atau diambil darisistem tersebut. Tetapi energi dapat ditransfer ke luar maupun ke dalam.Pada contoh yang baru kita bahas tadi, Anda harus membayangkan sebuah besi yangdipanaskan oleh uap dalam sebuah kotak tertutup. Panas ditambahkan ke dalam sistemini, namun tidak satu zat pun yang terlibat dalam reaksi ini dapat keluar dari kotak.Keadaan demikian disebut sistem tertutup.Pada saat ferri ferro oksida dan hidrogen mulai terbentuk, kedua zat ini akan saling bereaksi kembali untuk membentuk besi dan uap panas yang ada pada mulanya. Coba pikirkan, kira-kira apa yang Anda temukan ketika menganalisis campuran ini setelah beberapa saat?Anda akan sadar, bahwa Anda telah membentuk situasi yang disebut
kesetimbangandinamis
.
Kesetimbangan Dinamis
 
Mempelajari kesetimbangan dinamis secara visual
 Bayangkan sebuah zat yang dapat berada dalam dua bentuk/warna, biru dan merah,masing-masing dapat bereaksi untuk menjadi yang lain (biru menjadi merah, merahmenjadi biru). Kita akan membiarkan mereka bereaksi dalam sistem tertutup, di manatidak ada satu pun yang dapat keluar dari sistem ini.Biru dapat berubah menjadi merah jauh lebih cepat daripada merah menjadi biru. Dan berikut adalah peluang (probabilitas) dari perubahan yang dapat terjadi. 3/6 biru berubahmenjadi merah, dan 1/6 merah berubah menjadi biru.Anda dapat mencobanya dengan kertas berwarna yang digunting kecil-kecil (dua warna)dan sebuah dadu.Berikut adalah hasil dari ‘reaksi’ (simulasi) yang saya lakukan. Saya mulai dengan 16 potongan kertas biru. Saya melihat potongan-potongan itu satu per satu secara bergantiandan memutuskan apakah kertas yang saya lihat dapat berubah warna dengan melempar dadu.Kertas biru dapat saya ganti dengan kertas merah apabila angka 4, 5 dan 6 keluar.Kertas merah dapat saya ganti dengan kertas biru apabila angka 6 keluar pada saat sayamelihat sebuah kertas merah.
 
Ketika saya selesai melihat ke-16 kertas itu, saya mulai lagi dari awal. Tapi tentu saja kaliini saya mulai dengan pola yang berbeda. Diagram di bawah ini menunjukkan hasil yangsaya dapat setelah saya mengulang proses ini sebanyak 11 kali (dan saya tambahkan 16 potongan kertas biru yang saya punya pada awal simulasi).Anda dapat melihat bahwa ‘reaksi’ berlangsung terus menerus. Pola yang terbentuk darikertas merah dan biru terus berubah. Tapi, yang mengejutkan ialah, jumlah keseluruhandari masing-masing kertas warna biru dan merah tetap sama, di mana dalam berbagaisituasi, kita dapatkan 12 kertas warna merah dan 4 kertas warna biru.Catatan : Sejujurnya, hasil akhir ini diperoleh secara kebetulan karena simulasi inidilakukan dengan jumlah kertas yang sangat sedikit. Apabila Anda melakukan simulasiini dengan jumlah kertas yang lebih banyak (misalnya beberapa ribu kertas), Anda akanmendapati proporsi yang terbentuk akan mendekati 75% merah dan 25% biru (suatusimulasi yang sangat membosankan, tentunya).Apabila Anda mempunyai sejumlah besar partikel yang turut ambil bagian dalam sebuahreaksi kimia, proporsinya akan mendekati 75%:25%.
 Penjelasan tentang "kesetimbangan dinamis"
 Reaksi (simulasi) di atas telah mencapai kesetimbangan dalam arti tidak akan perubahanlebih lanjut dalam jumlah kertas biru dan merah. Namun demikian, reaksi ini masih terus berlangsung. Untuk setiap kertas merah yang berubah warna jadi biru, ada kertas biruyang berubah jadi merah di suatu tempat dalam campuran tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->