Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS BIOLOGI EKOLOGI

TUGAS BIOLOGI EKOLOGI

Ratings: (0)|Views: 105 |Likes:
Published by wisnu555

More info:

Categories:Types, Research
Published by: wisnu555 on Jun 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2012

pdf

text

original

 
DISUSUN OLEH :NAMA : NOFITA LASARIKELAS : X-2
 
KOMPETENSI DASAR 
4.3. Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
INDIKATOR 
:4.3.1. Menganalisis jenis-jenis limbah4.3.2. Menjelaskan cara-cara daur ulang limbah
TUGAS
1.
Kumpulkan informasi tentang berbagai jenis limbah melalui studi literature kemudianmembuat analisa tentang limbah-limbah tersebut (asal limbah dan efek limbah tersebut terhadaplingkungan juga terhadap makhluk hidup)
2.
Kumpulkan informasi tentang cara-cara daur ulang limbah kemudian buat resumenyadengan rapi dan jelas
JAWABAN
ANALISA LIMBAH (asal limbah dan efek limbah)
Limbah
adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupunrumah tangga. Dimana masyarakat bermukim, disanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan.Ada sampah, adaair kakus, dan ada air buangan dari berbagai aktivitas rumah tangga lainnya.Limbah padat lebih dikenal sebagaisampah, yang seringkali tidak dikehendakikehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah initerdiri dari bahan kimia senyawa organik dan senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dankuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagikesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahayakeracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.
1.
sebagai penyebab utama pencemar air. Komponen pencemar air   pada umumnya terdiri dari bahan buangan padat, bahan buangan organik, dan bahan buangananorganik.
2.
3.
4.
Limbah B3(Bahan Berbahaya dan Beracun)
Secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan, dan sebagainya. Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu, cair atau padat. Di antara berbagai jenis limbah ini ada
 
yang bersifat beracun atau berbahaya dan dikenal sebagai Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun(Limbah B3).Suatu limbah digolongkan sebagai limbah B3 bila mengandung bahan berbahaya atau beracunyang sifat dan konsentrasinya, baik langsung maupun tidak langsung, dapat merusak ataumencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia.Yang termasuk limbahB3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karenarusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganandan pengolahan khusus. Bahan-bahan ini termasuk limbah B3 bila memiliki salah satu atau lebihkarakteristik berikut: mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkaninfeksi, bersifat korosif, dan lain-lain, yang bila diuji dengan toksikologi dapat diketahui termasuk limbah B3.
Macam-Macam Limbah B3
 
Limbah mudah meledak 
adalah limbah yang melalui reaksi kimia dapat menghasilkan gasdengan suhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan. 
Limbah mudah terbakar
adalah limbah yang bila berdekatan dengan api, percikan api,gesekan atau sumber nyala lain akan mudah menyala atau terbakar dan bila telah menyala akanterus terbakar hebat dalam waktu lama. 
Limbah reaktif 
adalah limbah yang menyebabkan kebakaran karena melepaskan ataumenerima oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi. 
Limbah beracun
adalah limbah yang mengandung racun yang berbahaya bagi manusia danlingkungan. Limbah B3 dapat menimbulkan kematian atau sakit bila masuk ke dalam tubuhmelalui pernapasan, kulit atau mulut. 
Limbah penyebab infeksi
adalah limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbahyang mengandung kuman penyakit, seperti bagian tubuh manusia yang diamputasi dan cairantubuh manusia yang terkena infeksi. 
Limbah yang bersifat korosif 
adalah limbah yang menyebabkan iritasi pada kulit ataumengkorosikan baja, yaitu memiliki pH sama atau kurang dari 2,0 untuk limbah yang bersifatasam dan lebih besar dari 12,5 untuk yang bersifat basa.
Pencemaran Lingkungan
Pencemaran (polusi) adalah sesuatu yang dilepas kea lam bebas yang berakibatmenggangu atau merugikan manusia dan makhluk hidup lain. Penyebab pousi disebut poutanantara lain:
1.
Bahan kimia : oksida karbon (CO dan CO
2
) oksida nitrogen (NO dan NO
2
), SO dan SO
2
,CFC (Cloro Flouro Carbon).2.Sesuatu yang dihasilkan oleh manusia: napas, suara dan radiasi3.Patikel di udara: debu dan asap4.Bahan organic (limbah): plastic, sampah dan kotoran hewan5.Sedimen: abu gunung berapi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->