Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Media Pembelajaran Visual

Media Pembelajaran Visual

Ratings: (0)|Views: 194 |Likes:
Published by Thiya Saiank Diia

More info:

Published by: Thiya Saiank Diia on Jun 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2014

pdf

text

original

 
Apa Itu Media Pembelajaran Visual?
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yangsecara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber  pesan dengan penerima pesan.Pengertian media menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut;AECT : media sebagai bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasiGagne : media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapatmerangsang untuk belajar Briggs : media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsangsiswa untuk belajar NEA : media adalah bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannyaKesimpulannya, MEDIA PEMBELAJARAN adalah segala sesuatu yang dapatdigunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapatmerangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikianrupa sehingga proses belajar mengajar terjadi.
Mengapa media pembelajaran visual merupakan salah satu pilihan yang tepatuntuk digunakan dalam proses pembelajaran?
Media pembelajaran visual telah terbukti lebih efisien dalam melakukankomunikasi antara pendidik dengan peserta didik.Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti gambar diam, gambar  bergerak, televise, objek tiga dimensi, dll) mempunyai hubungan positif yang cukuptinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran visual merupakanmedia pembelajaran yang cukup baik dan efisien.
 
Siapakah yang dapat mengoprasikan media pembelajaran visual dengan baik dan benar?
Sebenarnya, siapapun bisa mepergunakan media pembelajaran visual dengan baik dan benar. Namun, dengan catatan orang tersebut telah mengusai cara penggunaannyadengan benar. Beberapa orang yang bisa mengoprasikan penggunaan media visual harusmemiliki kemauan untuk belajar.Ada beberapa faktor yang menghambat perkembangan kemampuan seseorang untuk menggunakan media pembelajan, yaitu:1. Asumsi bahwa menggunakan media itu repot.2. Menganggap media itu canggih dan mahal.3. Tidak bisa menggunakan media yang ada.4. Asumsi bahwa media itu hiburan, memperkecil kemungkinan anak tetap konsentrasiterhadap pelajarannya.5. Tidak tersedianya media pembelajaran visual.6. Kebiasaan menikmati ceramah/bicara tanpa media visual.Jadi, seseorang yang paling tepat untuk menggunakan media pembelajaran visual adalahseseorang yang tidak memiliki sifat menghambat seperti yang disebutkan diatas.
Dimanakah media pembelajaran visual dapat digunakan?
Sebelumnya, mari kita lihat beberapa jenis media pembelajaran visual.1. Media yang tidak diproyeksikan, diantaranya:a) Media realia (benda nyata). b) Model (benda tiruan dalam wujud tiga dimensi)c) Media grafis. Jenis-jenis media grafis adalah:gambar / foto• sketsa:diagram / skema.bagan / chart• grafik 2. Media proyeksi, diantaranya;a) Transparansi OHP (Overhead projector / OHP).
 
 b) Film bingkai / slide dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide.Media pembelajaran visual baiknya digunakan di tempat yang tepat, sesuaidengan jenis medianya. Misalnya, media yang tidak diproyeksikan dapat dilakukan diluar kelas. Hal itu memungkinakan untuk media pembelajaran visual yang berupa benda nyatadan media grafis. Dalam penggunaan media pembelajaran visual berbentuk benda nyatamisalnya, dalam pelajaran biologi kita dapat menggunakan tumbuhan diluar kelas sebagaimedia pembelajaran visual. Media grafis dan model pun bisa digunakan diluar kelas,apabila media tersebut memungkinkan untuk digunakan diluar kelas.Sedangkan untuk media pembelajaran yang diproyeksikan, tempat yang tepat adalah didalam kelas. Mengingat kebutuhannya akan alat-alat yang cukup berat, dandibutuhkannya aliran listrik, tentu penggunaan media pembelajaran visual yangdiproyeksikan ini lebih baik digunakan di dalam kelas.
Kapankan media pembelajaran visual dapat digunakan?
Melihat berbagai macam jenis media visual, dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Para pendidik dapatmenyesuaikan jenis media visual apa yang dibutuhkan, dan disesuaikan dengan tempatkegiatan belajar mengajar; apakah di dalam atau di luar ruangan.
KEUNTUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL
1. Menarik Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran yang diserap melalui media penglihatan (media visual), terutama media visual yang menarik, dapat mempercepatdaya serap peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan.Salah satu keuntungan penggunaan media pembelajaran visual adalah, bentuknya dapatdibuat semenarik mungkin, agar anak tertarik untuk mempelajarinya. Misalnya dalammedia jenis gambar atau proyeksi, media tersebut dapat dibuat dengan menambahkan

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
zebtasary liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->