Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah jagung

makalah jagung

Ratings: (0)|Views: 2,126 |Likes:
Published by Aak Kawulz

More info:

Published by: Aak Kawulz on Jun 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2013

pdf

text

original

 
 KATA PENGANTAR 
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yangtelah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapatmenyelesaikan makalah ini dengan baik.Makalah ini saya buat untuk mendapat nilai ketrampilan PHP kd. 4di SMK N 1 Salam.Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada :1.
 
B
apak Ibu guru2.
 
Orang tua saya3.
 
Teman-temanKarena berkat mereka saya dapat menyelesaikan makalah ini. Sayamenyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu sayamengharapkan saran, kritik dan masukan yang bersifat membangun demikesempurnaannya.Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.Salam, 27 Mei 2011PenyusunUly Rohmah
 
 
 M 
AKALAH TEKNIK PE 
 M 
ANENAN TANA
 M 
AN PANGAN DAN PALAWIJA(JAGUNG)
DISUSUN OLEH NA
 M 
A : ULY ROH
 M 
AHKELAS : X TPHP 3 NIS : 05311
 SEKOLAH
 M 
ENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SALA
 M 
 KABUPATEN
 M 
AGELANG2011
 
 
PANEN JAGUNG
 Hasil panen jagung tidak semua berupa jagung tua/matang fisiologis,tergantung daritujuan panen. Seperti pada tanaman padi, tingkat kemasakan buah jagung jugadapat dibedakan dalam 4 tingkat: masak susu, masak lunak, masak tuadan masakkering/masak mati.
1
.Ciri dan Umur Panen
 Ciri jagung yang siap dipanen adalah:a)Umur panen adalah 86-96 hari setelah tanam. b)Jagung siap dipanen dengan tongkol atau kelobot mulai mengering yangditandai dengan adanya lapisan hitam pada biji bagian lembaga.c)Biji kering, keras, dan mengkilat, apabila ditekan tidak membekas.Jagung untuk sayur (jagung muda, baby corn) dipanen sebelum bijinya terisi penuh.Saat itu diameter tongkol baru mencapai 1-2 cm. Jagunguntuk direbus dan dibakar,dipanen ketika matang susu. Tanda-tandanyakelobot masih berwarna hijau, dan bilabiji dipijit tidak terlalu keras sertaakan mengeluarkan cairan putih. Jagung untuk makanan pokok (beras jagung), pakan ternak, benih, tepung dan berbagai keperluan lainnyadipanen jika sudah matang fisiologis. Tanda-tandanya: sebagian besar daundan kelobot telah menguning. Apabila bijinya dilepaskan akan ada warnacoklat kehitaman pada tangkainya (tempat menempelnya biji pada tongkol).Bila biji dipijitdengan kuku, tidak meninggalkan bekas.
2.Cara Panen
 Cara panen jagung yang matang fisiologis adalah dengan cara memutar tongkolberikut kelobotnya, atau dapat dilakukan dengan mematahkan tangkai buah jagung.Pada lahan yang luas dan rata sangat cocok bila menggunakan alat mesin pemetikan.
3.Periode Panen
 Pemetikan jagung pada waktu yang kurang tepat, kurang masak dapatmenyebabkan penurunan kualitas, butir jagung menjadi keriput bahkan setelah pengeringan akan pecah, terutama bila dipipil dengan alat. Jagung untuk keperluansayur, dapat dipetik 15 sampai dengan 21 hari setelah tanaman berbunga.Pemetikan jagung untuk dikonsumsi sebagai jagung rebus, tidak harus menunggusampai biji masak, tetapi dapat dilakukan ±4 minggu setelah tanaman berbungaatau dapat mengambil waktu panen antara umur panen jagung sayur dan umur  panen jagung masak mati.
4.Prakiraan Produksi
Produksi jagung di suatu negara sering mengalami pasang surut. Hal inidapat terjadisebagai akibat perubahan areal penanaman jagung. Namun demikian

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->