Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Berfikir Ilmiah

Berfikir Ilmiah

Ratings: (0)|Views: 1,921|Likes:
Published by Zulfikar Baharuddin

More info:

Published by: Zulfikar Baharuddin on Jun 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
Berpikir, Penjelasan dan Sikap IlmiahOleh: Kelompok V Page 1
BAB IBERPIKIR ILMIAH
Dalam keseharian kita, ketika beraktivitas dalam lingkungan masing-masing, bisa dipastikan bahwa aktivitas tersebut tidak bisa lepas dari yangnamanya berpikir. Hanya saja memang, tingkat daya pikir tersebut masing-masing berbeda pada setiap orang.Berpikir bisa dikatakan merupakan suatu aktivitas yang sangat penting.Karena tanpanya, manusia akan berada dalam suasana yang gelap danhampa. Manusia tidak akan mampu mengenal lingkungan tempat diatinggal, siapa pencipta alam jagad raya ini, bahkan ia pun tidak akan mampumengenal dirinya dan hakikat keberadaannya di dunia tanpa melalui sebuahaktivitas berpikir.Berpikir juga bisa dikatakan suatu hal yang alamiah (fitrah atau natural)bagi setiap manusia yang sehat atau tidak gila dikarenakan adanya unsur-unsur ciptaan yang telah diciptakan oleh Allah Swt.Dalam proses berpikir, sejatinya melibatkan unsur-unsur tertentu,yakni:1.
 
Otak yang sehat2.
 
Panca indra3.
 
Informasi sebelumnya4.
 
Adanya faktaDari empat unsur di atas dapat kita rangkai sebuah definisi sebagaiberikut: Pemindahan penginderaan terhadap fakta melalui panca indera kedalam otak yang disertai adanya informasi-informasi terdahulu yang akandigunakan untuk menafsirkan fakta tersebut. Definisi ini sekaligus jugamerupakan definisi bagi akal, pemikiran, proses berpikir.
 
Berpikir, Penjelasan dan Sikap IlmiahOleh: Kelompok V Page 2
Berpikir adalah menggunakan akal budi untuk mempertimbangkandan memutuskan sesuatu. Ilmiah adalah bersifat ilmu atau secara ilmupengetahuan. Jadi Berpikir ilmiah adalah menggunakan akal budi untukmempertimbangkan, memutuskan, mengembangkan sesuatu secara ilmupengetahuan (berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan. Ataumenggunakan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan danpenjelasan kebenaran.
 
Berpikir, Penjelasan dan Sikap IlmiahOleh: Kelompok V Page 3
BAB IIPENJELASAN ILMIAH
Sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi (terutama di perguruantinggi) pelajar itu diajar agar berpikir ilmiah, yaitu berpikir logis-empiris. Diperguruan tinggi, sebelum mahasiswa mengadakan penelitian untukmenulis skripsi atau tugas akhir, mereka belajar Metodologi Riset, di situmereka pasti diajari metode ilmiah (scientific method). Rumus metode ilmiahialah logico-hypotetico-verificatif. Artinya, sesuatu yang benar itu haruslahlogis dan didukung data empiris. Metode ilmiah inilah yang merupakangrand theory yang darinya diturunkan metode-meatode penelitian. Rumuslogico-hypotetico-verifikatif adalah tulang punggung teori penelitian ilmiah,sedangkan penelitian ilmiah itu adalah cara yang sah dalam memperolehkebenaran ilmiah.
 Metode ilmiah
 
Kerja memecahkan masalah akan sangat berbeda antara seorangsarjana dengan seorang awam. Seorang sarjana selalu menempatkan logikaserta menghindarkan diri dari pertimbangan subyektif. Sebaliknya bagiorang awam, kerja memecahkan masalah dilandasi oleh campuranpandangan perorangan ataupun dengan apa yang dianggap masuk akal olehbanyak orang.Dalam menelaah, seorang sarjana dapat saja mempunyai teknik,pendekatan ataupun cara yang berbeda dengan seorang ilmuwah lainnya.Tetapi kedua sarjana tersebut tetap mempunyai satu falsafah yang samadalam memecahkan masalah, yaitu menggunakan metode ilmiah.Dapat didefinisikan bahwa metode ilmiah adalah cara menerapkanprinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasankebenaran. Metode ilmiah dalam menelaah atau meneliti mempunyai criteria

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Za Ki liked this
Adilla Ulfa liked this
Rif'an Aan liked this
Yayaz Laras Tyaz liked this
Syafar Bete liked this
Yudhistira Sup liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->