Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Dan Manajemen Dalam Memproduksi Film

Struktur Dan Manajemen Dalam Memproduksi Film

Ratings: (0)|Views: 274 |Likes:
Published by Fraivio Oiviarf
Struktur dan Manajemen Dalam Memproduksi FILM
Struktur dan Manajemen Dalam Memproduksi FILM

More info:

Published by: Fraivio Oiviarf on Jun 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2014

pdf

text

original

 
STRUKTUR DAN MANAJEMEN DALAMMEMPRODUKSI FILM
Mengacu pada profesi yang pada keseluruhan proses produksi, berikutbeberapa penjelasan tentang proses produksi dalam manajemen produksifilm.
1. Pra produksi dan Development
 Pra produksi adalah sebuah tahap persiapan sebelum kegiatan syutingdimulai. Proses ini sangat menentukan kelancaran kegiatan syutingnantinya. Oleh karena itu proses ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa pekerjaan pada pra produksi ini, diantaranyayaitu:a. Pemilihan StylePemilihan style film yang akan dibuat harus sesuai dengan kemampuanskill yang kita miliki. Juga harus disesuaikan dengan budget yangtersedia. Apabila tidak, maka hasil dari film yang kita buat tidak akanmaksimal, bahkan mungkin gagal total. Adapun beberapa style yangsering kita lihat yaitu :1) Full animasi ( mengandalkan skill dibidang animasi )2) Full Cinematografi ( mengandalkan skill dibidang sinematografi )3) Gabungan antara keduanya.b. Pemilihan Tema dan Ide CeritaTema merupakan garis besar visual yang akan kita buat. Pemilihan temadilakukan secara brain storming. Misalnya temanya adalah alam, ghotic,humor, dan lain-lain. Setelah mendapatkan tema, kemudian kita buatdetail dalam bentuk synopsis. Banyak melihat pada referensi adalah halyang sangat baik.Bagi sebagian kita, referensi kadang membuat kita inginmembuat sesuatu diluar jangkauan ketrampilan kita. Hal ini kadangmembuat kualitasnya tanggung atau jelek sama sekali. Pemilihan ide danreferensi ini sesuai dengan keterampilan kita agar tantangannya tetap
 
ada.Jangan terlalu terjebak dengan aturan-aturan dalam pembuatancerita film. Menurut pengalaman, hal ini dapat membuat sebuah filmcerita tidak sama dengan aturan sebuah video lainnya.Dalam pencarian sebuah ide untuk synopsis, harus memperhitungkan halpenting ini :1. Penyesuaian budget2. Feel3. Skill4. Lihat referensi5. dan peralatan yang adaSetelah synopsis jadi, selanjutnya dibuatlah script, story board, directorscript. Menurut pengalaman story board, meskipun cukup sulit dibuatnamun cukup berguna, hanya saja jangan sampai terjebak dalam prosesini, karena kadang pembuatannya terlalu memakan waktu dan kurangakurat dengan kondisi saat syuting.
Director script
cukup penting dibuat untuk kemudahan bagi sutradarapada pelaksanaan syuting.Director script juga sangat membantu dalamefesiensi waktu dan juga akurasi dalam memvisualisasikan script. Adapunformat lain dalam penyususnan desain pra produksi ini yaitu :a. Ide dan tema ceritab. Sinopsisc. Outlined. Skenarioe. Analisa scenario :1. Analisa pesan2. Analisa karakter3. Analisa setting4. Analisa property5. Analisa wardrobef. Breakdown & Sub breakdowng. Hunting Planh. Huntingi. Hunting report ( pemain, property, wardrobe, lokasi, transportasi,logistic, akomodasi )
 
 j. Direcror shotk. Floor planl. Storyboardm. Desain proses & jadwaln. Desain budgeto. Konsep penyutradaraan, art, kamera, sound, editingp. Estimasi budget art dan kamera termasuk kedalam desain budgetq. List property dan wardrobe yang termasuk kedalam hunting reportr. Crew listc. Persiapan ProduksiSetelah proses diatas berjalan dan selesai, proses selanjutnya adalahsebagai berikut : Pembentukan tim kerja Pemilihan talent dan ekstras (dengan audisi) Penyediaan art properties, costum dll Pencarian lokasi dan perijinan Penyediaan peralatan syutingProses-proses tersebut diatas sangat penting demi kelancaran syuting.Apabila salah satu proses terabaikan, maka kegiatan syuting akanterganggu. Meskipun kita bekerja dengan budget yang rendah namunproses diatas harus tetap dijalankan. Penghematan biaya biasa dilakukandengan berbagai cara, antara lain dengan meminimalkan jumlah kru (tetap ada batasan maksimal ). Atau dengan menggunakan fasilitas gratis.
2
. Produksi
 Tahapan ini dimana hampir seluruh team work mulai bekerja. Seorangsutradara, produser atau line produser sangat dituntut kehandalannyauntuk mengatasi kru dalam tiap tahap ini. Beberapa faktor penting yangperlu diperhatikan adalah :a. Manajemen LapanganManajemen lapangan mencakup beberapa hal, yaitu:‡ Manajemen lokasi ( perijinan, keamanan, keselamatan )

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Roni Gustanto liked this
imuhamadnur liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->